Wajib Tahu! Kandungan Nutrisi dan 10 Manfaat Buah Persik untuk Ibu Hamil

  • Bagikan
Kandungan Nutrisi dan 10 Manfaat Buah Persik untuk Ibu Hamil
Kandungan Nutrisi dan 10 Manfaat Buah Persik untuk Ibu Hamil

CakrawalaSulsel – Buah persik kaya akan vitamin C, yang membantu ibu hamil tetap sehat. Salah satu manfaat buah persik untuk ibu hamil adalah mengatasi sembelit, gangguan pencernaan agar tetap optimal.

Buah persik yang terlihat seperti apel kecil, bergizi dan manis memiliki kandungan serat yang banyak sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil dan calon bayi yang dikandungnya.

Namun, mengonsumsi buah persik Anda tetap harus membatasi porsi dengan jumlah sedang. Hal ini dilakukan untuk mencegah dampak negatif bagi kesehatan Anda dan janin.

Persik kaya akan zat besi, protein, gula, pektin, dan seng. Makan buah utuh itu sehat. Cuci buah persik dengan baik dan makan segar atau dimasak dalam resep.

Baca Juga: Wajib Tahu! 12 Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil, Cara Memilih dan Menyimpannya

Kandungan Nutrisi atau Gizi Buah Persik

Kandungan Nutrisi atau Gizi Buah Persik
Kandungan Nutrisi atau Gizi Buah Persik

Satu buah persik berukuran sedang (sekitar 150 gram) memberi Anda nutrisi berikut:

  • Kalori: 59
  • Karbohidrat: 14g
  • Protein: 1,4g
  • Lemak: 0.4g
  • Serat: 2.3g
  • Vitamin C: 10mg
  • Vitamin A: 489 IU
  • Kalium: 285mg
  • Magnesium: 14mg
  • Besi: 0.4mg

Sekarang Anda tahu bahwa buah persik memiliki nilai gizi yang baik. Tetapi dengan cara apa nilai-nilai ini akan bermanfaat bagi tubuh Anda?

Beberapa Manfaat Buah Persik untuk Ibu Hamil

Beberapa Manfaat Buah Persik untuk Ibu Hamil
Beberapa Manfaat Buah Persik untuk Ibu Hamil

Persik kaya akan vitamin dan mineral, yang penting bagi Anda dan janin yang sedang tumbuh.

1. Membantu mencegah anemia

Buah persik sangat kaya akan vitamin C, yang penting untuk pembentukan tulang, gigi, otot, tulang rawan, dan pembuluh darah bayi. 100 gram buah persik memberi Anda 6,6 miligram vitamin ini.

Vitamin C membantu dalam penyerapan zat besi yang mudah ke dalam tubuh Anda, membantu Anda mencegah anemia. Anda juga dapat mengurangi kemungkinan persalinan prematur dan mengurangi stretch mark tersebut.

2. Membantu perkembangan otak dan tulang belakang bayi

100 gram buah persik memberikan sekitar empat mikrogram asam folat. Asam folat adalah nutrisi penting selama trimester pertama Anda.

Ini membantu perkembangan otak dan tulang belakang bayi dan mencegah janin dari cacat tabung saraf seperti spina bifida.

3. Mengatasi pembengkakan pada kaki

Persik mengandung potasium, yang membantu Anda mengatasi masalah kehamilan sehari-hari. Ini meminimalkan kegelisahan seperti kelelahan, pusing, kecemasan, kram kaki, pergelangan kaki bengkak, dan kaki, yang umum selama kehamilan. Ini menjaga keseimbangan cairan pada ibu dan bayi.

4. Membantu BAB secara teratur

Persik adalah sumber serat makanan yang baik, menawarkan sekitar 1,5 gram per 100 gram buah. Oleh karena itu, membantu Anda menjaga kandungan serat tetap optimal selama kehamilan dengan mengatasi sembelit, gangguan pencernaan, dan masalah pencernaan lainnya.

Makan buah persik setiap hari akan membantu buang air besar secara teratur.

5. Membersihkan racun dalam tubuh

Buah persik adalah agen detoksifikasi alami. Saat membersihkan perut dan usus, buah persik juga membuang racun dan limbah yang tidak diinginkan dari organ lain seperti hati, ginjal, dan limpa. Terlebih lagi, mereka juga menjaga fungsi jantung Anda lebih baik.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu dan calon bayi

Buah persik adalah sumber alami vitamin ajaib ini. prekursor vitamin A. Makan buah persik membantu Anda mengisi tubuh Anda dengan kadar beta karoten yang sehat.

Beta Carotene membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda serta bayi Anda.

7. Menyingkirkan lemak

Persik juga membantu Anda pasca melahirkan dengan membantu Anda menurunkan semua berat badan bayi itu. Mengkonsumsi buah persik yang rendah kalori dan tinggi nutrisi membantu Anda menyingkirkan lemak yang tidak diinginkan dan mengatur fungsi tubuh Anda.

8. Menjaga tulang ibu dan bayi agar tetap kuat

Tunjangan fosfor harian yang direkomendasikan selama kehamilan adalah 700 miligram, dan 100 gram buah persik menyediakan 20 mg nutrisi ini. Ini membantu membangun tulang yang kuat pada ibu dan bayi yang sedang tumbuh.

9. Mencegah kram pada kaki dan sembelit

Persik mengandung sejumlah besar magnesium, yang membantu mencegah kontraksi dini rahim dan mencegah kram kaki dan sembelit selama kehamilan.

10. Mengatasi mual

Sifat antiemetik buah persik memberi Anda kelegaan dari mual di pagi hari. Anda dapat mengkonsumsi teh persik untuk menghindari muntah.

Selama kehamilan, Anda perlu makan semua makanan dalam jumlah sedang. Anda tidak boleh mengonsumsi lebih dari 500 gram buah persik sehari.

Menurut The American College of Obstetricians and Gynecologists, Anda boleh makan empat hingga lima cangkir buah dan sayuran setiap hari selama kehamilan. Anda dapat mencoba membatasi diri untuk dua buah persik sehari bersama dengan buah-buahan dan sayuran lainnya.

Tetapi Anda dapat memperoleh manfaat dari buahnya hanya jika Anda membeli buah persik yang tepat.

Baca Juga: 13 Manfaat Buah Alpukat Baik Dikonsumsi Selama Kehamilan yang Perlu Diketahui

Bagaimana Cara Memilih Buah Persik?

Bagaimana Cara Memilih Buah Persik?
Bagaimana Cara Memilih Buah Persik?
  • Buahnya harus cukup keras. Rona kulit di antara area merah harus kuning atau krem.
  • Seharusnya tidak keras atau sangat keras dengan rona hijau yang berbeda, yang berarti belum matang.
  • Itu juga tidak boleh terlalu matang.
  • Buah persik seharusnya tidak memiliki memar besar yang rata atau tanda-tanda pembusukan lainnya.

Jadi, Anda memahami kebaikan buah persik dan membeli buah persik yang tepat.

Cara Memasukkan Buah Persik dalam Diet untuk Ibu Hamil

Cara Memasukkan Buah Persik dalam Diet untuk Ibu Hamil
Cara Memasukkan Buah Persik dalam Diet untuk Ibu Hamil
  • Iris buah dan tambahkan ke sereal panas atau dingin sebagai makan pagi, atau masukkan sebagai makanan penutup.
  • Sertakan buah persik dalam kebab buah. Ambil tusuk sate kayu, masukkan sepotong buah persik, melon, semangka, anggur, dan buah apa pun pilihan Anda.
  • Siapkan smoothie dengan persik kupas, pisang, sepotong nanas dan es batu. Blender mereka sampai Anda mendapatkan konsistensi yang halus.
  • Panggang buah persik saat Anda berencana untuk mengadakan barbekyu. Potong buah menjadi dua, buang bijinya, olesi dengan minyak ringan seperti canola dan panggang di atas api sedang sampai empuk. Anda dapat memilikinya bersama dengan satu sendok yogurt.

Baca Juga: 14 Manfaat Jambu Biji Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil

Jadi, buah persik melakukan semua kebaikan yang Anda inginkan selama kehamilan. Buah persik baik untuk kesehatan Anda selama kehamilan, tetapi makanlah dalam jumlah terbatas.

  • Bagikan