Ketahui 6 Manfaat Buah Kiwi Jika Dikonsumsi Ibu Hamil

  • Bagikan
11 Manfaat Jeruk Bali dan Cara Membuat Jus untuk Ibu Hamil
11 Manfaat Jeruk Bali dan Cara Membuat Jus untuk Ibu Hamil

CakrawalaSulsel – Buah kiwi adalah buah yang padat nutrisi, dan kulit serta bijinya dapat dimakan. Selain menyegarkan, manfaat buah kiwi untuk ibu hamil sangat cocok untuk dikonsumsi.

Kiwi diketahui memiliki efek penyembuhan pada sistem pernapasan manusia. Dan dianggap sebagai pembangkit tenaga nutrisi, sebab di dalamnya mengandung vitamin C, E, serat makanan, antioksidan, asam folat, kalium, dan mineral.

Buah berbentuk oval dengan daging hijau dapat digunakan dalam salad, sebagai topping pada kue, dibuat jus atau dimakan mentah. Ini sebagian besar mengandung air dan kaya akan vitamin C.

Baca Juga: Wajib Tahu! Kandungan Nutrisi dan 10 Manfaat Buah Persik untuk Ibu Hamil

Kiwi juga kaya akan folat yang membantu perkembangan otak dan kemampuan kognitif, dan telah menunjukkan hasil positif dalam proses perkembangan janin.

Memasukkan buah sebelum dan selama kehamilan dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Tak hanya itu saja, nilai gizi dari buah kiwi ini memiliki rasa tropis, tidak memiliki kolesterol, dan rendah gula dan lemak. Ini mengandung vitamin C, K, dan E, folat, kalium, serat makanan, kolin, tembaga, magnesium, dan fosfor.

Berikut Penjelasan Lengkap Manfaat Buah Kiwi Jika Dikonsumsi Ibu Hamil:

Berikut Penjelasan Lengkap Manfaat Buah Kiwi Jika Dikonsumsi Ibu Hamil
Berikut Penjelasan Lengkap Manfaat Buah Kiwi Jika Dikonsumsi Ibu Hamil

1. Membantu pencernaan

Serat makanan dalam buah dapat membantu melunakkan feses dan menyebabkan kelancaran buang air besar. Ini juga mencegah sembelit, meredakan kembung, dan sakit perut.

2. Meningkatkan sistem kekebalan dan energi

Buah kiwi memiliki jumlah vitamin C yang tinggi yang membantu meningkatkan kekebalan dan menawarkan perlindungan dari radikal bebas dan alergi. Ini juga meningkatkan tingkat energi dan mengurangi kelelahan.

3. Merangsang neurotransmiter

Vitamin C dalam kiwi membantu dalam pembentukan neurotransmiter yang penting dalam meningkatkan fungsi otak.

4. Mengatur kadar gula darah

Kiwi adalah buah dengan indeks glikemik (GI) rendah dan merupakan pilihan yang baik jika Anda menderita diabetes gestasional. Karena 100g kiwi hanya mengandung sekitar 5g atau satu sendok teh glukosa, itu tidak menyebabkan peningkatan gula dan menjaga diabetes tetap terkendali.

5. Memperbaiki luka dan meningkatkan kesehatan tulang

Vitamin K membantu pembekuan darah secara normal. Ini mempercepat kekuatan penyembuhan tubuh dan juga penting untuk perkembangan tulang.

6. Mencegah anemia

Bayi yang sedang berkembang membutuhkan zat besi ekstra yang dapat meningkatkan risiko anemia pada ibu. Vitamin C memfasilitasi penyerapan zat besi yang lebih baik dari makanan kaya zat besi.

Buah kiwi mengandung beberapa nutrisi penting, yang berarti Anda dapat memasukkannya ke dalam menu sehari-hari tanpa khawatir. Namun bukan berarti Anda mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan.

Baca Juga: 13 Manfaat Buah Alpukat Baik Dikonsumsi Selama Kehamilan yang Perlu Diketahui

Berapa Banyak Kiwi Yang Aman Dikonsumsi untuk Ibu Hamil?

Berapa Banyak Kiwi Yang Aman Dikonsumsi untuk Ibu Hamil?
Berapa Banyak Kiwi Yang Aman Dikonsumsi untuk Ibu Hamil?

Anda dapat mengonsumsi dua buah kiwi (satu porsi buah) setiap hari untuk kehamilan yang sehat dan aman. Jika Anda mengalami gejala alergi atau masalah pencernaan, Anda harus berhenti memakannya karena dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda.

Efek Samping dari Buah Kiwi

Efek Samping dari Buah Kiwi
Efek Samping dari Buah Kiwi

Anda mungkin mengalami gejala alergi atau masalah kesehatan lainnya hanya jika Anda mengonsumsi buah secara berlebihan. Efek samping yang mungkin terjadi adalah:

  • Asma, ruam, gatal-gatal dan alergi lateks
  • Luka dan ruam di mulut atau lidah
  • Diare, mual, dan muntah
  • Infeksi kulit

Dalam salah satu kasus di atas, berhenti makan buah selama beberapa hari.

Cara Memasukkan Kiwi Dalam Menu Diet bagi Ibu Hamil

Cara Memasukkan Kiwi Dalam Menu Diet bagi Ibu Hamil
Cara Memasukkan Kiwi Dalam Menu Diet bagi Ibu Hamil

Anda bisa memakan buahnya apa adanya karena rasanya yang manis dan berair. Selain itu, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan saat memakan buah kiwi khususnya untuk ibu hamil.

Berikut adalah beberapa cara lain untuk makan kiwi seperti dilansir dari momjunction.

  • Tambahkan buah cincang ke salad, yogurt, atau custard
  • Miliki sebagai smoothie atau campur dengan smoothie buah lainnya
  • Buat es loli dengan membekukan pulp atau jus dalam cetakan es loli
  • Selai juga merupakan pilihan yang lezat
  • Haluskan kiwi cocok dengan ayam atau ikan bakar

Sebelum menggunakan buah, cuci bersih untuk menghilangkan patogen atau pestisida berbahaya. Kiwi bergizi dan baik untuk ditambahkan ke diet kehamilan Anda.

Buah kiwi sangat berserat dan mengandung vitamin dan mineral. Tetapi jika Anda alergi terhadap buah atau melihat beberapa efek samping setelah memakannya, maka berhentilah mengonsumsinya.

  • Bagikan