14 Manfaat Jambu Biji Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil

  • Bagikan
Manfaat Jambu Biji Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil
Manfaat Jambu Biji Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil

CakrawalaSulsel – Mengonsumsi jambu biji selama kehamilan salah satu baik dilakukan ibu hamil. Manfaat Jambu Biji akan selalu membantu bagi ibu hamil untuk meningkatkan kekebalan dan menyeimbangkan tingkat tekanan darah.

Banyak manfaat yang terkandung dalam jambu biji yang baik untuk digunakan oleh ibu hamil, mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh dan menyeimbangkan tingkat tekanan darah serta masih banyak manfaat lainnya.

Jambu biji kaya akan vitamin C yang berperan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah tetap terkendali.

Itulah sebabnya alasan ibu hamil selalu disarankan untuk mengonsumsi buah dan salah satunya jambu biji selama kehamilan. Hal ini bermanfaat untuk membantu perkembangan serta pertumbuhan janin dalam kandungan.

Berikut adalah manfaat jambu biji baik untuk kesehatan ibu hamil:

Manfaat jambu biji baik untuk kesehatan ibu hamil
Jambu biji baik untuk kesehatan ibu hamil

1. Meningkatkan kekebalan

Jambu biji kaya akan vitamin C yang berperan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh, melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi

2. Menyeimbangkan tingkat tekanan darah

Anda rentan terhadap tingkat tekanan darah tinggi selama kehamilan. Jambu biji dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah tetap terkendali dan menghindari risiko seperti keguguran dan kelahiran prematur.

Jambu biji kaya akan potasium dan mengkonsumsi buah ini membantu dalam menjaga tekanan darah yang optimal dan mencegah lonjakan tekanan darah.

3. Mengatur kadar gula darah

Diabetes gestasional adalah salah satu kondisi medis yang umum dihadapi selama kehamilan, terutama pada minggu ke-24. Jambu biji memiliki potensi untuk mengontrol kadar gula darah karena kandungan seratnya yang tinggi dan adanya karbohidrat kompleks sehingga mencegah diabetes gestasional.

4. Mencegah sembelit dan wasir

Sembelit dan wasir adalah salah satu masalah yang dihadapi ibu hamil karena hormon yang lambat. Jambu biji yang kaya serat memainkan peran penting dalam mencegah kondisi ini.

Kandungan serat jambu biji yang tinggi memastikan transit isi usus yang tepat waktu dan mencegah sembelit.

5. Meningkatkan pencernaan

Mengkonsumsi jambu biji selama kehamilan membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Ini mencegah masalah pencernaan seperti mulas, mual, dan banyak lagi.

Makan makanan alkali dianjurkan selama kehamilan karena mereka menurunkan risiko mengembangkan keasaman dan refluks gastroesofageal. Jambu biji bersifat basa dan membantu menyeimbangkan kandungan asam lambung.

Makan jambu biji di antara waktu makan memastikan bahwa kandungan pH lambung Anda terjaga dengan baik dan seimbang.

6. Menurunkan risiko kanker

Kanker jarang terjadi pada wanita hamil dengan insiden 1 dari 1.000. Tapi mencegah lebih baik daripada mengobati. Ini mengandung antioksidan yang melawan kanker. Jambu biji juga kaya akan likopen dan vitamin C, yang dapat membantu detoksifikasi tubuh.

7. Meningkatkan penglihatan

Jambu biji kaya akan vitamin A dan mencegah kemungkinan kebutaan dan meningkatkan penglihatan ibu dan janin.

8. Sistem saraf pada bayi

Jambu biji mengandung asam folat dan vitamin B9, yang membantu perkembangan otak dan sistem saraf pada bayi. Asam folat merupakan vitamin penting bagi ibu hamil dan untuk mencegah cacat tabung saraf seperti spina bifida, disarankan untuk mengkonsumsi sepenuhnya matang jambu biji selama kehamilan.

9. Melawan kuman dan infeksi

Jambu biji kaya akan vitamin C, E, karotenoid, isoflavonoid, dan polifenol, yang dikenal karena sifat antioksidannya. Mereka membantu memerangi kuman dan infeksi dan menurunkan kemungkinan Anda jatuh sakit.

10. Menenangkan pikiran

Stres selama kehamilan melepaskan kortisol, yang dapat berdampak buruk pada kondisi Anda. Jambu biji adalah sumber yang kaya magnesium yang melemaskan saraf dan otot. Oleh karena itu, mengurangi stres dan membuat Anda merasa ringan.

Baca Juga: 5 Gangguan Tidur Selama Kehamilan dan Cara Mengatasinya

11. Mengontrol kolesterol darah

Serat dalam jambu biji baik untuk jantung Anda. Ini membantu mengontrol kadar kolesterol darah yang merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskular. Asupan serat yang tinggi dilaporkan mengarah pada peningkatan HDL yang signifikan dan akibatnya penurunan kadar LDL.

Jambu biji tinggi serat larut yang menurunkan LDL atau kolesterol jahat.

12. Mengobati anemia

Kebutuhan zat besi meningkat selama kehamilan, dan jambu biji memiliki kandungan zat besi yang cukup yang menjaga kadar hemoglobin tetap terkendali.

13. Sumber yang kaya Vitamin B3 dan B6

Jambu biji juga merupakan sumber alami vitamin B3 dan B6 yang sangat baik, yang sangat penting untuk dimasukkan dalam diet kehamilan Anda karena berkontribusi terhadap kesehatan kognitif yang sehat.

Vitamin ini meningkatkan kesehatan otak janin dan meningkatkan tingkat fokus dan konsentrasi pada ibu hamil.

14. Mengatasi mual di pagi hari

Kandungan vitamin C dalam jambu biji baik untuk mengendalikan morning sickness. Gigit jambu biji segera setelah Anda merasa mual. Dan, memakannya tanpa biji bersama dengan buttermilk menstabilkan perut dan mencegah muntah.

Segala sesuatu yang Anda konsumsi harus dalam jumlah sedang untuk memastikan kesehatan yang baik. Hal yang sama berlaku untuk jambu biji juga karena jika Anda makan berlebihan bisa menjadi masalah.

Baca Juga: Kaki Bengkak saat Hamil? Lakukan Cara Ini untuk Mengatasinya

Risiko Makan Jambu Biji Selama Kehamilan

Risiko Makan Jambu Biji Selama Kehamilan
Risiko Makan Jambu Biji Selama Kehamilan

Ada beberapa minus plus plusnya, dan di sini kami telah membuat daftar beberapa efek buruk dari makan jambu biji:

  • Karena jambu biji kaya akan serat, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan diare.
  • Konsumsi jambu biji mentah atau setengah matang selama kehamilan harus dihindari, karena dapat menyebabkan sakit gigi atau masalah gigi.
  • Jambu biji yang tidak dicuci atau tidak dikupas dapat mengandung infeksi yang menyebabkan listeriosis dan sejenisnya.
  • Jangan minum obat atau sumber tambahan jambu biji yang terbaik adalah mengkonsumsi buah dalam bentuk alami.

Anda dapat menghindari risiko jika Anda berhati-hati saat makan jambu biji.

Tips Makan Jambu Biji Saat Hamil:

Tips Makan Jambu Biji Saat Hamil
Tips Makan Jambu Biji Saat Hamil

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menghindari efek samping makan jambu biji seperti dikutip dari laman momjunction.

  • Daging buah jambu biji putih lebih bergizi daripada daging buah merah. Jadi, potong untuk memeriksa pulp sebelum memiliki buah.
  • Jambu biji dapat dinikmati bersama dengan sarapan atau sebagai camilan sore hari.
  • Jika Anda alergi terhadap jambu biji, pilih alternatif seperti jeruk dan stroberi.

Jambu biji, bila dikonsumsi dalam jumlah terbatas dan dikonsumsi dalam bentuk matang sepenuhnya, benar-benar aman selama kehamilan. Jadi, jangan menyerah pada keinginan ini.

  • Bagikan