Wajib Tahu! 12 Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil, Cara Memilih dan Menyimpannya

  • Bagikan
Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil dan Cara Memilih Dan Menyimpannya
Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil dan Cara Memilih Dan Menyimpannya

CakrawalaSulsel – Buah pir dikenal memiliki rasa manis dan tekstur yang khas. Selain menyegarkan, berbagai ragam macam manfaat buah pir untuk dikonsumsi selama kehamilan. Banyak dari kita menyukai buah pir, namun tak sedikit pula yang tahu manfaatnya bahwa ternyata mengonsumsi buah pir sangat cocok untuk kehamilan.

Manfaat yang terkandung dalam buah pir ini bagi ibu hamil, mulai dari mampu meminimalkan pembengkakan, memperkuat tulang, sambelit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, masih banyak manfaat lainnya.

Selain dari itu, buah pir ini tentunya juga aman jika dikonsumsi selama kehamilan karena mengandung beberapa nutrisi seperti antioksidan dan flavonoid. Buah pir mengandung vitamin utama A, C, K, B9, PP, dan juga memiliki berbagai elemen dan mineral seperti belerang, pektin, fosfor, kalium, besi, seng, tembaga, serat, kobalt, kalsium, yodium , dan tanin.

Baca Juga: 13 Manfaat Buah Alpukat Baik Dikonsumsi Selama Kehamilan yang Perlu Diketahui

Berikut adalah beberapa manfaat buah pir jika dikonsumsi dengan baik oleh ibu hamil:

beberapa manfaat buah pir jika dikonsumsi dengan baik oleh ibu hamil
beberapa manfaat buah pir jika dikonsumsi dengan baik oleh ibu hamil

1. Mencegah penyakit menular dan infeksi

Bua pir membantu dalam mencegah penyakit menular seperti pilek, batuk, dan flu musiman. Mereka juga memainkan peran penting dalam mengobati infeksi paru (bronkitis, pneumonia) dan hepatitis.

Buah pir memiliki kaya vitamin C dan cocok untuk ibu hamil. Sebuah pir tunggal mengandung 10mg vitamin, yang berjumlah 11% dari tunjangan harian yang direkomendasikan (RDA) untuk wanita.

Vitamin C melawan infeksi dalam tubuh. Konsumsi buah pir bersama dengan makanan tinggi zat besi seperti kacang-kacangan, daging atau nasi, karena vitamin C dalam buah membantu tubuh Anda menyerap zat besi.

2. Melawan sembelit

Buah pir adalah sumber serat yang baik untuk melawan sembelit, masalah umum pada kehamilan. Sembelit menjadi akut dengan asupan suplemen zat besi saat ini.

Satu buah pir mengandung 7 gram serat, termasuk 2 gram pektin, serat larut yang membantu pencernaan. Anda harus makan buah pir bersama dengan kulitnya untuk mengonsumsi lebih banyak serat.

3. Cukup kalori untuk memberi Anda energi

Satu buah pir utuh memiliki 100 kalori sedangkan segelas jus mengandung 46 kalori. Buah tidak menyebabkan penambahan berat badan karena rendah lemak. Selain itu, itu membuat Anda merasa kenyang dan memasok energi.

4. Atasi hasrat manis Anda

Buah pir mengandung dua karbohidrat sederhana yaitu glukosa dan fruktosa. Gula alami ini adalah pengganti gula putih dan dapat memuaskan keinginan Anda akan buah pir saat hamil. Rasanya lebih manis daripada apel tetapi mengandung lebih sedikit gula.

5. Baik untuk jantung

Sekitar 100 gram pir mengandung 116 miligram (mg) potasium. Hal ini penting untuk fungsi jantung ibu hamil dan bayi. Ini juga membantu dalam regenerasi sel.

6. Membantu menghilangkan racun

Tingginya jumlah tanin yang ada dalam buah membantu menghilangkan logam berat dan racun berbahaya secara efisien.

7. Memperkuat tulang dan gigi bayi

Satu buah pir berukuran sedang menawarkan sekitar 16 miligram kalsium. Mineral ini sangat penting dalam mempromosikan pembentukan tulang dan gigi bayi.

8. Menambah asupan asam folat

Satu potong buah pir memberikan sekitar 12 mikrogram asam folat menurut Pear Bureau Northwest. Meskipun ini bukan jumlah yang sangat tinggi, itu dapat menambah asupan asam folat harian Anda.

Asam folat sangat penting pada trimester pertama karena memainkan peran kunci dalam mencegah cacat tabung saraf. Inilah alasan mengapa dokter meresepkan suplemen asam folat untuk wanita usia subur.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kehamilan melemahkan sistem kekebalan Anda. Anda perlu memperkuatnya dengan makanan penambah kekebalan tubuh seperti buah pir.

10. Antidepresan

Buah pir adalah antidepresan ringan dan alami. Oleh karena itu, membantu dalam memerangi stres dan ketegangan sehari-hari.

11. Menangkal mual di pagi hari

Makan buah pir selama kehamilan menawarkan sedikit kelegaan jika Anda menderita mual atau mual di pagi hari. Selain itu, Anda juga bisa mengobati sakit perut dengan jus buah pir.

12. Meminimalkan pembengkakan

Makan satu hingga dua buah pir sehari akan membuat Anda memenuhi kebutuhan harian kobalt, yang membantu penyerapan zat besi. Hal ini juga memungkinkan ginjal untuk mengeluarkan kelebihan air, sehingga meminimalkan pembengkakan yang umum terjadi selama kehamilan.

Manfaat lain dari buah pir cocok dikonsumsi untuk kesehatan ibu hamil

Manfaat lain dari buah pir cocok dikonsumsi untuk kesehatan ibu hamil
Manfaat lain dari buah pir cocok dikonsumsi untuk kesehatan ibu hamil

Buah ini adalah obat alami untuk kelelahan, pusing, metabolisme rendah dan gangguan makanan seperti keengganan makanan dan obesitas.

Dosis aman harian buah pir yang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah satu hingga tiga buah berukuran kecil atau sedang.

Jangan mengonsumsi buah saat perut kosong, tetapi konsumsilah satu hingga dua jam setelah makan.

Bagaimana Cara Memilih Dan Menyimpan Pir?

Bagaimana Cara Memilih Dan Menyimpan Pir
Bagaimana Cara Memilih Dan Menyimpan Pir

Cara memilih buah pir untuk ibu hamil

Memilih buah pir yang tepat khususnya untuk ibu hamil adalah buah yang terlihat menggugah selera dan memiliki aroma buah segar yang menyenangkan. Dan hindari buah pir yang memiliki bintik-bintik, atau kerusakan pada kulitnya.

Cara menyimpan buah pir untuk ibu hamil

Anda dapat menyimpannya di lemari es tetapi memasukkannya ke dalam paket cokelat terpisah. Jangan menyimpannya di dekat makanan beraroma kuat karena pir dapat menyerap baunya dengan mudah. Anda tidak dapat menyimpannya lebih dari satu hingga dua minggu.

Jika buahnya belum matang dan berwarna hijau, simpan dalam kantong kertas pada suhu kamar, dan akan matang dalam dua hingga tiga hari.

Baca Juga: 14 Manfaat Jambu Biji Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil

Bagaimana Memasukkan Pir Dalam Diet Kehamilan Anda?

Bagaimana Memasukkan Pir Dalam Diet Kehamilan Anda
Bagaimana Memasukkan Pir Dalam Diet Kehamilan Anda

Melansir dari momjunction.com, buah pir datang dalam beberapa varietas seperti Anjou, Barlett, Bosc, pir putih Cina, Comice, dan Starkrimson. Acak antara ini untuk memecahkan monoton.

Selain itu, Anda dapat membuatnya polos atau dengan berbagai cara seperti jus atau salad.

  • Kombinasikan irisan buah mentah dengan daun bawang segar, daun sawi, selada taman, dan kenari untuk salad yang sehat.
  • Tambahkan pir ke keju kambing atau dorblu Jerman untuk membuat duet. Tambahkan ke dalam bubur, lalu beri parutan jahe dan madu. Itu membuat sarapan yang kaya.
  • Inti pir dan tambahkan ke jus apel, kismis, dan gula merah, dan rebus semuanya dengan api kecil.
  • Potong pir berdaging menjadi dua dan panggang bersama dengan madu atau gula merah, kayu manis dan kenari. Panaskan oven hingga 350 derajat F dan panggang setiap sisi selama 15 menit. Pir panggang ini adalah makanan penutup yang fantastis dan baik untuk wanita hamil yang menderita mual di pagi hari atau mulas.
  • Minum jus pir manis apa adanya atau kombinasikan dengan apel dan wortel dalam perbandingan yang sama. Anda juga bisa menambahkan sedikit jahe ke dalam jus.
  • Potong pir dan tambahkan ke oatmeal untuk sarapan yang lezat dan sehat. Tambahkan sedikit madu untuk rasa yang tajam.

Makan pir bersama dengan makanan bergizi lainnya dan buah-buahan setiap hari. Tapi berhati-hatilah untuk tidak makan makanan apa pun selama kehamilan karena bisa merepotkan.

  • Bagikan