Ini Penyebab HP Android Hilang Sinyal dan 7 Cara Mengatasinya

  • Bagikan
Penyebab HP Android Hilang Sinyal dan 7 Cara Mengatasinya
Penyebab HP Android Hilang Sinyal dan 7 Cara Mengatasinya

CakrawalaSulsel – Mungkin Anda pernah tengah asik bermain dengan smartphone Anda, namun tiba-tiba HP android hilang sinyal, jangan panik banyak cara untuk menyelesaikan masalah ini.

Smartphone atau android saat ini sangat penting dan paling banyak digunakan oleh banyak orang, baik anak-anak, dewasa, hingga orang tua itu tak terlepas dari genggaman tangannya sehari-hari.

Selain berfungsi sebagai alat komunikasi, juga berfungsi untuk dijadikan aktivitas bisnis online dan traksaksi harian. Namun sayangnya, terkadang HP Android Hilang Sinyal dengan secara tiba-tiba saat hendak melakukan aktivitas harian kita.

Baca Juga: 6 Langkah Gunakan Aplikasi Edit Video Pendek Jadi Pengantin yang Viral di Tiktok

Penyebab HP Android Hilang Sinyal

Penyebab HP Android Hilang Sinyal
Penyebab HP Android Hilang Sinyal

Terkadang kita bingung mencari solusi untuk mengetahui apa penyebabnya. Ketika HP Android hilang sinyal dan tidak berfungsi dengan baik itu tentunya sangat mengganggu aktivitas harian Anda, belum lagi ketika ingin melakukan transaksi atau semacamnya itu tentunya sangat mengecawakan.

Banyak penyebab terjadinya Hp android hilang sinyal, Kadang dari faktor cuaca atau sedang ada perbaikan jaringan pada operator. Hp android yang berada di luar area jaringan bisa menjadi faktor hilangnya sinyal, atau kesalahan pada aplikasi dan kerusakan pada hardware hp android Anda.

Cara mengatasi Hp android hilang sinyal

Cara mengatasi Hp android hilang sinyal
Cara mengatasi Hp android hilang sinyal

Beberapa langkah cara mengatasi hp android hilang sinyal yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah ini. Berikut adalah langkah-langkahnya yang bisa Anda praktikkan di rumah.

1. Restart HP Mengatasi Android Hilang Sinyal

Restart HP Mengatasi Android Hilang Sinyal
Restart HP Mengatasi Android Hilang Sinyal

Cara mengatasi saat Hp android hilang sinyal secara tiba-tiba, lakukan langkah ini dengan melakukan restart pada Hp Anda.

Cara ini merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk mengatasi Hp android hilang sinyal. Dengan melakukan restart, seluruh fungsi HP bakal berjalan dengan normal dan semua sistem akan kembali ke setelan awal.

2. Aktifkan dan Non-aktifkan Mode Pesawat Pada saat HP Android Hilang Sinyal

Aktifkan dan Non-aktifkan Mode Pesawat Pada saat HP Android Hilang Sinyal
Aktifkan dan Non-aktifkan Mode Pesawat Pada saat HP Android Hilang Sinyal

Langkah ini salah satu cara mengatasi hp android hilang sinyal dengan mengaktifkan dan nonaktifkan fitur mode pesawat pada hp android Anda.

Langkah ini tergolong simpel dan sangat mudah untuk mengatasi Hp android Anda kehilangan sinyal. Biasanya setelah mengaktifkan dan menonaktifkan kembali mode pesawat, jaringan akan kembali normal.

3. Pastikan Pemasangan SIM Card saat HP Android Hilang Sinyal

Pastikan Pemasangan SIM Card saat HP Android Hilang Sinyal
Pastikan Pemasangan SIM Card saat HP Android Hilang Sinyal

Jika cara mengaktifkan dan nonaktifkan tidak berhasil, lakukan langkah ini, pastikan pemasangan pada SIM Card di Hp android Anda. Kadang hp android hilang sinyal terjadi karena posisi pemasangan kartu SIM Card salah.

Pemasangan SIM Card salah satu solusi terbaik juga untuk mengetahui posisi kartu, olehnya itu perlu diperhatikan dan pastikan pemasangan kartu SIM Card di Hp android Anda.

4. Pindahkan Kartu SIM Card Ke Android Lain

Pindahkan Kartu SIM Card Ke Android Lain
Pindahkan Kartu SIM Card Ke Android Lain

Setelah memastikan pemasangan pada SIM Card namun belum kembali normal, lakukan cara lain dengan memindahkan katru SIM Card Anda ke Hp android lain. Sebab kartu SIM Card kadang jadi faktor terjadinya Hp Android hilang sinyal. Olehnya itu ada baiknya jika mencoba langkah ini dengan cara memindahkan kartu SIM ke android lain.

5. Mengatasi Hp Android hilang sinyal dengan Cara Mencari Jaringan Manual

Mengatasi Hp Android hilang sinyal dengan Cara Mencari Jaringan Manual
Mengatasi Hp Android hilang sinyal dengan Cara Mencari Jaringan Manual

Mencari jaringan manual merupakan cara yang terbilang mudah untuk mengatasi Hp android hilang sinyal. Cukup mengotak atik dibagian pengaturan pada Hp android yang kita digunakan, karena masing masing provider settingnya berbeda.
Cara melakukan pencarian jaringan manual ini sangat mudah. Tinggal memilih menu setting atau pengaturan kemudian pilihlah jaringan selular kemudian pilih otomatis maka smartphone akan langsung bekerja mencari cara mengatasi sinyal hilang indosat dengan mudah dan juga cepat.

6. Hubungi Operator Seluler saat HP Android Hilang Sinyal

Hubungi Operator Seluler saat HP Android Hilang Sinyal
Hubungi Operator Seluler saat HP Android Hilang Sinyal

Setelah melakukan berbagai cara mengatasi Hp android hilang sinyal namun tidak berhasil, ada kemungkinan terjadi kerusakan pada kartu SIM. Maka diperlukan untuk menghubungi customer service operator dari provider yang kamu gunakan untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Saat Anda yakin bahwa tak ada kerusakan pada HP, kemungkinan bisa disebabkan karena kartu SIM yang rusak ataupun beberapa masalah lainnya. Cara ini dapat dilakukan bila sudah melakukan beberapa cara namun tidak bisa memberikan solusi.

Itulah beberapa penyebab dan langkah cara mengatasi Hp android hilang sinyal yang dapat kami ulas. Semoga dapat bermanfaat khususnya bagi kamu yang sedang mencari solusi cara mengatasi tentang Hp android yang hilang sinyal saat menggunakannya.

  • Bagikan