Lodewijk, Orang Kepercayaan Airlangga di Golkar Bakal Gantikan Posisi Azis di DPR

  • Bagikan

CakrawalaSulsel – Ketua Bidang Penghubung Antarlembaga Politik DPP Partai Golkar, Firman Soebagyo mengonfirmasi ihwal nama pengganti Azis Syamsuddin di posisi Wakil Ketua DPR. Ia membenarkan bahwa orang yang ditunjuk ialah Lodewijk Freidrich Paulus.

Lodewijk merupakan Sekretaris Jenderal Partai Golkar. Sementar di DPR, Lodewijk ditugaskan di Komisi I selalu anggota.

Firman mengatakan ada banyak pertimbangan kenapa kemudian Ketua Umum Airlangga Hartarto memilih Lodewijk sebagai Wakil Ketua DPR.

“Ya pertimbangannya yang terbaik lah, terbaik untuk semuanya. Karena partai kan harus bisa mereduksi kemungkinan internal jangan sampai ada faksi,” kata Firman di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (27/9/2021).

Baca Juga:
Airlangga Putuskan Nama Pengganti Azis Syamsuddin di Rapat Pleno Nanti Malam

Ketua Bidang Penghubung Antarlembaga Politik DPP Partai Golkar Firman Soebagyo. (CakrawalaSulsel/Novian)

Firman mengatakan sosok Lodewijk dianggap bisa mereduksi kemungkinan-kemungkinan uang bisa saja terjadi di internal. Selain karena itu, pemilihan Lodewijk juga menyoal pengalaman. Lodewijk dinilai paling senior dan tepat.

Mengingat saat ini, posisi Lodewijk sebagai Sekjen Golkar, yang mana memang sudah memiliki kedekatan dan kepercayaan oleh Airlangga. 

“Loh kalau sudah sekjen, sekjen sudah dua periode ini kan saya rasa cukup. Sekjen itu kan tanda tangan bersama beliau, kan sekjen itu kayak suami istri. Sangat dekat lah,” kata Firman.

Sementara itu, posisi Azis sebagai Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Firman menyebut akan digantikan oleh Adies Kadir. Ia sendiri juga mendapat posisi baru di jajaran waketum.

“Menggantikan posisi wakil ketua Umum di bidang Polhukam itu adalah pak Adies. Bidang sosial karena Pak Roem Kono sebagai dubes saya menggantikan wakil ketua umum bidang sosial, tiga itu yang diputuskan, sama keputusan untuk rapat HUT Golkar Oktober,” ujar Firman.

Baca Juga:
Lodewijk Freidrich Paulus Punya Kans Kuat Isi Kursi yang Ditinggal Azis Syamsuddin

Ia berujar Partai Golkar akan melakukan rapat pleno pada malam ini untuk menindaklanjuti terkait nama pengganti Azis di DPR.

“Insyaallah nanti malem ada pleno DPP,” ujar Firman.

Terpisah, Ketua DPP Partai Golkar Adies Kadir juga menilai Lodewijk sebagai sosok yang pas mengisi jabatan wakil ketua DPR.

“Memang yang paling senior tadi pagi saya sampaikan ada Pak Lodewijk, ada Pak Kahar. Menurut saya memang pas menurut saya tapi kita belum tahu menurut ketua umum,” kata Adies.

Sementara itu, Kepala Badan Advokasi Hukum dan HAM Partai Golkar Supriansa mengatakan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menaruh perhatian kepada Lodewijk.

“Ya pak sekjen adalah bagian daripada yang memang menjadi perhatian tentu di pak ketua umum. Karena memiliki kira-kira banyak kelebihan di antara banyak kelebihan yang dimiliki oleh beliau, dan kader-kader lain juga memiliki kira-kira kemampuan yang sama dengan pak sekjen,” kata Supriansa.





Source link

  • Bagikan