5 Keutamaan Surat Al Lahab, Bunyi Ayat 1-5 dan Artinya

  • Bagikan

CakrawalaSulsel – Surat Al Lahab termasuk golongan surat Makkiyah atau diturunkan di Kota Makkah, Arab Saudi. Nah, tahukah kalian apa saja keutamaan Surat Al Lahab?

Al Lahab ini terdiri dari lima ayat dan ada di urutan ke-111 dalam kitab suci Alquran. Dalam uraian di bawah ini akan dijelaskan keutamaan surat AL Lahab.

1. Berisi kisah Nabi Muhammad

Dengan membacanya, kita akan segera mengenal keutamaan surat AL Lahab. Caranya ketika sudah membacanya, jangan berhenti dengan membaca bahasa Arabnya saja tapi baca juga artinya. Dengan itu, kita akan mengetahui secara lengkap kisah Nabi Muhammad Sahallahu’alaihi Wassalam yang dimusuhi oleh pamannya, Abu Lahab.

Baca Juga:
Keutamaan Surah At Tariq Bagi yang Mengamalkannya

Paman Nabi Muhammad ini paling sering menentang Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sehingga, Allah Subhanahu wa ta’ala membicarakan Abu Lahab dalam satu surat yang memiliki arti sebagai berikut:

“Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa. Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak. Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar. Yang di lehernya ada tali dari sabut.” (QS Al Lahab: 1–5)

2. Hubungan keluarga yang bermanfaat

Dari surat Al Lahab itu kita juga jadi tahu tentang keutamaan surat Al Lahab yang berhubungan dengan hubungan kekeluargaan yang bermanfaat adalah hubungan yang dibangun atas nama keimanan.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Abu Lahab punya kedekatan dalam kekerabatan, tetapi hal itu tidak membuat hubungan mereka dekat. Abu Lahab justru memusuhi Nabi Muhammad. 

Baca Juga:
Keutamaan Baca Surat Al-An’am, Surat ke-6 Dalam Al Quran

3. Hubungan orang tua dan anak

Setelah membacanya, kita juga dapat melihat makna tersirat keutamaan surat AL Lahab lainnya yang berhubungan dengan hubungan antara orang tua dan anak. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Sesungguhnya anak adalah hasil jerih payah orang tua.” (HR An Nasai Nomor 4452, Ibnu Majah Nomor 2137, Ahmad 6/31. Syaikh Al Albani katakan bahwa hadits ini shahih).

Jadi apapun amalan yang dilakukan oleh anak baik sholat, puasa, dan amalan lainnya, orangtua pun akan memperoleh hasilnya.

4. Penjelasan tentang api neraka

Keutamaan surat Al Lahab yang lain berhubungan dengan penjelasan tentang api neraka. Dari surat tersebut kita juga bisa mendengar kabar berita terkait dengan neraka dan siksaan yang sudah seharusnya membuat seseorang takut pada Allah Subhanahu Wa ta’ala dan takut berbuat durhaka kepada-Nya. 

5. Bahaya saling tolong menolong dalam keburukan

Surat Al Lahab bahkan memberikan peringatan tentang bahaya saling tolong menolong dalam keburukan. Salah satunya adalah mendapatkan hukuman di neraka.

Hal itu dapat dipelajari dari kisah Ummu Jamil yang membantu suaminya untuk menyakiti Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.  Ummu Jamil dan Abu Lahab mati dalam keadaan kafir secara lahir dan batin, mereka akan kekal dalam neraka.

Seperti itulah lima keutamaan surat Al Lahab secara tersirat maupun tersurat. Silahkan Anda mempelajarinya.

Bacaan surat Al Lahab

Dikutip dari berbagai sumber, berikut bacaan latin surat Al Lahab ayat 1-5 beserta artinya.

  1. Tabbat yadaa abii Lahabin-wa tab
  2. Maa aghna ‘anhu maluhu wama kasab
  3. Sa yas laa naran zata lahab
  4. Wamra-atuhu hamma latal-hatab
  5. Fii jii diha hablum mim-masad

Arti surat Al Lahab

  1. Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan benar-benar binasa dia!
  2. Tidaklah berguna baginya hartanya dan apa yang dia usahakan.
  3. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak (neraka).
  4. Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar (penyebar fitnah).
  5. Di lehernya ada tali dari sabut yang dipintal.

Demikian keutamaan surat Al Lahab yang dapat kalian renungkan. Segera hafalkan bacaan surat Al Lahab dan pahami artinya.

Kontributor : Mutaya Saroh





Source link

  • Bagikan