4 Perilaku yang Dapat Membuka Pintu Surga bagi Perempuan

  • Bagikan

CakrawalaSulsel – Setiap manusia selalu menginginkan dirinya dapat masuk ke dalam surga. Terdapat 8 pintu surga yang disediakan bagi mereka yang terpilih baik pria maupun wanita. Apa saja perilaku yang dapat membuka pintu surga bagi perempuan?

Bagi siapa saja yang selalu beramal baik, menaati segala perintah dan menjauhi segala larangan Allah SWT, niscaya pintu surga terbuka lebar untuknya.

Bagi wanita, Allah SWT telah memberkan banyak keistimewaan, salah satunya seperti memberikan jaminan untuk masuk ke pintu surga mana pun. Dibalik keistimewaan dari Allah SWT, banyak ujian yang berat yang harus dilalui.

Dalam sebuah hadist riwayat Ahmad, Rasulullah SAW keistimewaan wanita untuk masuk ke dalam surga. Rasulullah SAW bersabda, “Jika seorang wanita menunaikan shalat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kehormatannya dan menaati suaminya; niscaya akan dikatakan padanya: “Masuklah ke dalam surga dari pintu manapun yang kau mau”. (HR. Ahmad)

Baca Juga:
Ini Ayat Alquran yang Menyebutkan Perintah Umat Muslim Wajib Menutup Aurat

Untuk lebih lengkapnya, simak amalan dan perilaku yang dapat membuka pintu surga bagi perempuan berikut ini.

1.     Shalat 5 waktu

Amalan untuk membuka pintu surga Allah SWT adalah melaksanakan dan menjaga shalat 5 waktu. Amalan shalat juga merupakan amalan yang wajib untuk dilaksanakan oleh umat muslim dan menjadi amalan pertama yang akan dihisab.

2.     Berpuasa di bulan Ramadhan

Puasa Ramadhan merupakan amalan yang wajib untuk dilaksanakan terutama bagi orang yang sudah baligh. Namun bagi wanita jika sedang dalam masa haid dan nifas, maka tidak diperbolehkan dan bahkan diharamkan untuk berpuasa.

Baca Juga:
Perintah Menutup Aurat yang Bersumber dari Al-Quran

Meskipun begitu puasa Ramadhan termasuk perilaku yang dapat membuka pintu surga bagi perempuan.

3.     Menjaga kehormatan

Wanita merupakan makhluk Allah SWT yang mulia. Sebagai seorang wanita, harus selalu menjaga kehormatannya sesuai dengan aturan yang ditelah ditetapkan oleh Allah SWT seperti menutup aurat, menjaga kehormatan dihadapan laki-laki yang bukan suami, dan menjaga pandangan.

4.     Taat kepada suami

Bagi wanita yang telah menikah, wanita harus selalu taat kepada suaminya. Taat kepada suami dapat mengantarkan wanita untuk mendapatkan pintu surga yang dijanjikan oleh Allah SWT. Namun wanita harus mentaati suami dengan catatan tidak bertentangan dengan syariat Islam.

Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda, “Wanita mana saja yang meninggal dunia lantas suaminya ridha padanya, maka ia akan masuk surga.” (HR. Tirmidzi)

Demikian informasi singkat tentang perilaku yang dapat membuka pintu surga bagi perempuan. Semoga informasi tersebut dapat menambah tingkat keimanan kita kepada Allah SWT dan selalu mentaati seluruh perintah dan menjauhi segala larangannya.

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat





Source link

  • Bagikan