10 Penyebab Jerawat Tumbuh Lebih Banyak di Permukaan Wajah Anda

  • Bagikan
10 Penyebab Jerawat Tumbuh Lebih Banyak di Permukaan Wajah Anda
10 Penyebab Jerawat Tumbuh Lebih Banyak di Permukaan Wajah Anda

CakrawalaSulsel – Jerawat dapat terjadi karena penyumbatan dari kelenjar sebasea (lemak) dan folikel rambut yang berada di kulit. Kondisi ini dipengaruhi oleh beberapa hal.

Seperti produksi lemak berlebih, adanya kumpulan bakteri, maupun lapisan keratin (bagian paling luar kulit) yang menumpuk dan menyumbat saluran keluarnya sehingga menumpuk di dalam. Dalam beberapa kasus, jerawat bisa menyebabkan timbul infeksi.

Olehnya itu, kali ini, kita akan membahas beberapa penyebab utama mengapa jerawat bisa tumbuh banyak di wajah anda:

1. Produksi hormon berlebihan

Jerawat bisa terjadi karena adanya produksi hormon berlebihan saat pubertas sehingga wajar jika terjadi pada remaja. Namun jerawat juga bisa menjadi penanda adanya gangguan sistem reproduksi bila berlanjut semakin parah hingga dewasa atau terkadang terjadi pada masa kehamilan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat yang Benar dan Hindari 7 Kesalahan Ini saat Memencet Jerawat Anda

2. Salah memilih sabun saat mencuci wajah

Beberapa orang begitu khawatir dengan kondisi wajah mereka hingga sering mencuci wajah dan memakai sabun yang cukup kuat dan pH tidk sesuai dengan kulit wajah. Padahal jika anda terlalu sering mencuci muka, justru dapat menyebabkan terjadinya iritasi dan memperparah jerawat. Jadi intinya, lakukan dengan rutin, tetapi tidak berlebihan.

3. Stress yang berlebihan

Ketika kita dalam keadaan stress, di dalam tubuh kita akan terjadi peningkatan hormon kortisol, dimana hormon ini dapat meninngkatkan produksi minyak diwajah. Peningkatan produksi minyak diwajah ini akan menyebabkam pori-pori tersumbat, sehingga timbullah jerawat.

Solusinya adalah coba  meminimalisir pikiran anda, dengan banyak bersyukur dan mencari kegiatan positif.

4. Begadang dan jam tidur yang berantakan

Tubuh kita membutuhkan waktu untuk istirahat. Sewaktu kita tidur pada malam hari, kulit kita akan meregenerasi sel-sel lama dan membentuk sel-sel kulit yang baru.

5. Konsumsi makanan yang manis dan mengandung lemak tinggi

Jenis makanan manis juga dapat menjadi faktor penyebab munculnya jerawat. Kandungan glukosa yang tinggi tersebut menjadi pemicu peningkatan produksi minyak di wajah. Akibatnya, pori-pori mudah tersumbat dan timbullah jerawat.

Faktor makanan terhadap jerawat masih belum jelas diketahui mekanismenya dalam riset. Makanan berlemak juga diketahui dapat meningkatkan keparahan jerawat, namun bukan satu-satunya penyebab jerawat.

Baca Juga: Cara Merawat Wajah Agar Jerawat Menjauh, dan Hindari Ini

6. Minyak berlebih

Orang yang memiliki tipe kulit wajah berminyak biasanya lebih rentan dengan jerawat. Tipe kulit wajah ini terkadang juga bisa disebabkan oleh genetik.

Jerawat dapat sering muncul meskipun tidak sedang datang bulan karena minyak pada wajah dapat menyumbat pori-pori wajah anda dan menimbulkan jerawat.

7. Tidak menggunakan sunscreen

Sunscreen merupakan salah satu produk skincare yang wajib anda gunakan setiap hari. Sunscreen berfungsi untuk menangkal bahaya sinar UV A dan UV B yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit anda.

8. Salah Obat

Biasanya demi bisa segera menghilangkan jerawat parah, anda akan browsing obat apa saja yang bisa menyembuhkan jerawat. Namun apabila obat jerawat tersebut tidak cocok dengan wajah anda, maka jerawat bukannya hilang, namun jerawat tersebut justru semakin tumbuh banyak.

9. Kurang memperhatikan kebersihan barang yang sering bersentuhan dengan wajah

Contohnya adalah handphone, handuk, alat make up ataupun sarung bantal yang jarang dicuci. Cobalah untuk teratur mengganti sarung bantal seminggu sekali, serta membeli handuk khusus untuk wajah. Jika andamemakai jilbab, pastikan jilbab yang anda pakai sudah bersih. Selain itu, anda juga harus sering membersihkan alat make up dan handphone anda yang sering bersentuhan dengan wajah.

10. Memencet jerawat

Kebiasaan yang satu ini memang susah dihilangkan. Hasilnya jelas, jerawatjustru semakin banyak karena cairan yang keluar saat memencet jerawat akan mengenai bagian wajah lainnya dan menyebabkan tumbuhnya jerawat-jerawat baru.

Baca Juga: Lakukan Perawatan Jerawat yang Tepat Agar Anda Tidak Salah Memilih

Selain itu, pemakaian kosmetik tertentu, konsumsi obat-obatan, beberapa jenis pil KB dan terlalu terpapar sinar matahari juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Agar terhindar dari jerawat, sebisa mungkin anda harus menjaga makanan yang dikonsumsi, kebersihan, dan pola tidur anda. Pengobatan masalah jerawat itu cukup beragam, tergantung tingkat keparahannya.

(cs)

  • Bagikan