Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh, Salah satunya Redakan Gejala Menstruasi

  • Bagikan
Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh, Salah satunya Redakan Gejala Menstruasi
Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh, Salah satunya Redakan Gejala Menstruasi

CakrawalaSulsel – Kacang hijau merupakan salah satu kacang-kacangan yang sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Kacang hijau memiliki kandungan energi serta karbohidrat yang cukup tinggi.

Kacang hijau sendiri memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Beberapa kandungan yang termuat di dalam kacang hijau antara lain protein, vitamin, mineral, vitamin C, kalium, kalsium, dan berbagai kandungan nutrisi lainnya yang baik bagi tubuh.

Hal ini mengakibatkan kacang hijau memiliki banyak sekali khasiat yang baik dan sangat berguna bagi tubuh.

Baca Juga: 6 Cara Alami yang Dapat Meredahkan Sakit Kram Menstruasi

Berikut beberapa manfaat kacang hijau bagi tubuh yang perlu kalian ketahui:

1. Turunkan risiko penyakit jantung

Kacang hijau dinilai memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksdian vitexin dan isovitexin dalam kacang hijau yang mampu menghambat terjadinya penyerapan kolesterol serta pembentukan jaringan lemak.

Dengan ini darah akan terhindar dari plak serta kolesterol jahat yang menjadi penyebab utama penyakit jantung. Selain itu, kandungan antioksidan tersebut juga berguna untuk melindungi pembuluh darah dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Baca Juga: Perbedaan Serangan Jantung dan Gagal Jantung yang Perlu Diketahui

2. Turunkan risiko kerusakan hati

Menurut sebuah penelitian yang termuat di dalam jurnal Nutrients, menyebutkan bahwa kacang hijau memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko pada hati. Kerusakan pada hati biasanya disebabkan oleh virus, konsumsi alkohol, dan lain sebagainya.

Kacang memiliki untuk melindungi hati dari kerusakan yang diakibatkan oleh rasa lemak serta peradangan.

3. Menurunkan tekanan darah

Para peniliti mengungkapkan bahwa kandungan protein di dalam kacang hijau memiliki kemampuan untuk menghambat kerja angiotensin converting enzym atau ACE. ACE sendiri merupakan suatu enzim yang menyebabkan munculnya tekanan darah tinggi.

Protein tertentu dalam kacang hijau yang bekerja seperti obat hipertensi untuk mengaktifkan fungsi enzim penyebab darah tinggi satu ini.

Baca Juga: Lakukan Cara Ini untuk Mengurangi Kadar Kolesterol, dan Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan

4. Memperkuat imun

Kacang hijau dinilai memiliki kemampuan untuk memperkuat imun atau sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan polisakarida atau jenis karbohidrat kompleks yang mengandung serat.

Kandungan polisakarida dalam kacang hijau tersebut mampu mengaktifkan sel darah putih yang disebut dengan makrofag. Selain itu, terdapat kandungan fitonutrien yang mampu menetralkan bakteri, virus, maupun mikroba lain penyebab infeksi.

5. Redakan gejala menstruasi

Pada saat akan memasuki awal menstruasi, hormon seorang wanita akan naik turun sehingga menyebabkan gejala PMS yang sangat menganggu. Untuk dapat meredakan gejala PMS tersebut, kamu dapat mengkonsumsi kacang hijau.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin B1, vitamin B2, serta folat yang dipercaya mampu meredakan gejala PMS. Hal ini dikarenakan kandungan-kandungan tersebut merupakan bahan untuk membentuk zat kimia pada otak yang berperan dalam meredakan gejala PMS.

Kacang hijau memiliki banyak sekali manfaat yang baik bagi tubuh. Konsumsilah kacang hijau dengan takaran yang tepat untuk mendapatkan manfaat dari manfaat kacang hijau bagi tubuh.

(cs)

  • Bagikan