Lakukan Cara Ini untuk Mengurangi Kadar Kolesterol, dan Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan

  • Bagikan
Lakukan Cara Ini untuk Mengurangi Kadar Kolesterol, dan Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan
Lakukan Cara Ini untuk Mengurangi Kadar Kolesterol, dan Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan

CakrawalaSulsel – Menjaga kadar kolesterol yang sehat membantu mencegah penyakit jantung. Tubuh membutuhkan beberapa kolesterol untuk berfungsi secara normal. Namun, terlalu banyak kolesterol terutama kolesterol low density lipoprotein (LDL) meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke.

Menurangi kolesterol membutuhkan waktu, dan sebagian besar penelitian melihat perubahan kolesterol selama berbulan-bulan. Orang yang berharap untuk secara alami mengurangi kolesterol mereka dapat terus menurunkan kolesterol mereka dengan sejumlah perubahan gaya hidup sehat.

Berikut, kami akan membahas apa itu kolesterol, bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatan, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menurunkan kolesterol, kadar kolesterol normal dan tinggi, serta cara terbaik untuk menurunkan kolesterol.

Apa itu kolesterol dan bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatan?

Hati menghasilkan secara alami kolesterol, yaitu zat berlemak yang membantu tubuh membuat hormon dan mencerna makanan berlemak.

Ada juga kolesterol dalam makanan hewani, seperti telur dan daging. Tubuh tidak membutuhkan kolesterol dari makanan, dan secara alami dapat memproduksi kolesterol yang dibutuhkannya.

Baca Juga: Apa Hubungan Antara Kolesterol Tinggi dan Berat Badan? Berikut Penjelasannya!

Tes kolesterol mengukur dua jenis kolesterol:

1. Low-density lipoprotein (LDL)

Jenis kolesterol ini adalah apa yang banyak orang anggap sebagai jenis yang “buruk”. Tingkat LDL yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, penyumbatan arteri, dan masalah kesehatan jantung lainnya.

2. High-density lipoprotein (HDL)

Kolesterol “baik” ini dapat membantu menghilangkan kolesterol dan membawanya kembali ke hati. Tingkat HDL yang lebih tinggi dapat menurunkan risiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular.

Kolesterol total adalah ukuran HDL ditambah LDL dan juga trigliserida. Jika seseorang memiliki kolesterol HDL rendah dan kolesterol LDL tinggi, risiko penyakit jantungnya lebih tinggi.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menurunkan kolesterol?

Kolesterol turun dari waktu ke waktu, tidak tiba-tiba, setelah beberapa hari hidup lebih sehat. Tidak ada jangka waktu tertentu di mana kolesterol dijamin turun.

Obat penurun kolesterol biasanya menghasilkan perubahan LDL dalam waktu 6 sampai 8 minggu. Perubahan gaya hidup dapat mengubah kadar kolesterol dalam beberapa minggu. Namun, mungkin butuh waktu lebih lama,biasanya sekitar 3 bulanSumber Tepercaya terkadang lebih.

Beberapa dokter menyarankan menambahkan obat penurun kolesterol jika seseorang belum menurunkan kolesterol LDL mereka setelah sekitar 12 minggu perubahan gaya hidup.

Baca Juga: 9 Penyebab yang Bisa Membuat Anda Asam Lambung

Berapa kadar kolesterol normal?

Bagi kebanyakan orang, kadar kolesterol yang sehat adalah sebagai berikut:

  • Kolesterol total: kurang dari 200 miligram per desiliter
  • Kolesterol “jahat” LDL: kurang dari 100 mg/dL
  • Kolesterol “baik” HDL: lebih tinggi dari 60 mg/dL
  • Trigliserida: kurang dari 150 mg/dL

Menurut sebuah artikel di jurnal Circulation , American College of Cardiology dan American Heart Association (AHA) merekomendasikan penggunaan statin untuk menurunkan kolesterol pada orang dengan kolesterol lebih tinggi di luar level tersebut.

Namun, mereka juga merekomendasikan dokter untuk mempertimbangkan kadar kolesterol seseorang dan risiko penyakit kardiovaskular secara keseluruhan sebelum meresepkan obat penurun kolesterol.

AHA merekomendasikan bahwa orang dengan penyakit kardiovaskular aterosklerotik mendapatkan terapi statin intensitas tinggi yang ditoleransi secara maksimal terapi statin untuk menurunkan LDL setidaknya 50%.

AHA juga merekomendasikan terapi statin intensitas tinggi untuk individu dengan hiperkolesterolemia primer berat (LDL lebih besar dari OR sama dengan 190 mg/dL).

Cara terbaik untuk menurunkan kolesterol

Ada sejumlah perubahan kebiasaan yang dapat dimasukkan seseorang ke dalam rutinitas harian mereka untuk secara bertahap dan konsisten menurunkan kadar LDL mereka dari waktu ke waktu. Termasuk:

1. Makan makanan seimbang

Banyak makanan yang berbeda mengandung kolesterol, dan beberapa makanan seperti telur tinggi kolesterol.

Namun, sejumlah penelitian telah menemukan bahwa kolesterol yang didapat seseorang dari makanan tidak secara substansial meningkatkan kolesterol darah.

Sebaliknya, yang penting adalah makan diet seimbang dengan berbagai nutrisi.

Seseorang dapat mencoba yang berikut ini:

  • Makanlah berbagai makanan padat nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak.
  • Hindari lemak trans, dan batasi makanan tinggi lemak jenuh.
  • Batasi makanan dengan tambahan gula.
  • Makan diet rendah natrium. Banyak makanan olahan mengandung kadar natrium yang tinggi, meskipun rasanya tidak asin.
  • Makan makanan berserat tinggi seperti oatmeal, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

Karena asupan kolesterol tidak berkorelasi langsung dengan kadar kolesterol pada kebanyakan orang, orang tidak perlu menghindari makanan yang mengandung kolesterol. Sebaliknya, kebanyakan orang harus fokus pada makan makanan seimbang yang rendah lemak trans dan lemak jenuh.

Baca Juga: Kenali Gejala dan Penyebab Sakit Maag, Begini Cara Mengobatinya

2. Pertahankan berat badan sedang

Mempertahankan atau mencapai berat badan sedang yang berada dalam kisaran BMI yang direkomendasikan oleh dokter dapat membantu menurunkan kolesterol, sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung lainnya.

Seseorang harus fokus untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang moderat dengan kombinasi makan sehat dan banyak aktivitas fisik, karena keduanya juga dapat menurunkan kolesterol.

3. Menjadi lebih aktif

Aktivitas fisik melatih jantung, mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini juga dapat membantu tubuh lebih efektif menghilangkan kolesterol dari darah, terus menurunkan kolesterol jahat.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan setidaknya: 150 menitSumber Tepercaya latihan intensitas sedang, seperti berjalan, per minggu.

Orang yang tidak aktif dapat memulai dengan perlahan. Bahkan sedikit peningkatan aktivitas fisik dapat meningkatkan kesehatan, dan dapat mempermudah untuk bekerja hingga lebih banyak berolahraga.

4. Lakukan perubahan gaya hidup

Berhenti atau mengurangi kebiasaan seperti merokok danminum berlebihanSumber Tepercaya dapat membantu menurunkan kolesterol, sekaligus meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

5. Tanya tentang obat kolesterol

Obat kolesterol seperti statin mungkin merupakan cara tercepat untuk menurunkan kolesterol bagi sebagian orang biasanya dalam waktu 6 sampai 8 minggu. Hal ini memungkinkan seseorang untuk dengan cepat mengurangi risiko penyakit jantung sambil membudayakan gaya hidup sehat.

Selama periode ini, seseorang dapat fokus menurunkan kolesterol dari waktu ke waktu dengan perubahan gaya hidup dan pola makan. Karena kolesterol tinggi merupakan faktor risiko untuk masalah kesehatan jantung yang serius, American Heart Association dan American College of Cardiology merekomendasikan statin untuk banyak kelompok orang dengan kolesterol LDL tinggi.

Jika kolesterol LDL tidak cukup turun dengan diet dan perubahan gaya hidup dan statin, seseorang mungkin memerlukan obat tambahan.

(cs)

  • Bagikan