Penjelasan Tentang Mimisan yang Butuh Perhatian

  • Bagikan
Penjelasan Tentang Mimisan yang Butuh Perhatian
Penjelasan Tentang Mimisan yang Butuh Perhatian

cakrawala sulsel – Mimisan relatif umum dan terjadi ketika ada kerusakan pada pembuluh darah di hidung. Mereka biasanya tidak perlu dikhawatirkan, kecuali jika pendarahannya persisten atau parah.

Karena hidung penuh dengan pembuluh darah, cedera ringan pada area tersebut dapat menyebabkan mimisan. Ini sering ringan dan mudah diobati.

Dalam artikel ini, kami mengeksplorasi kapan mimisan bisa menjadi mengkhawatirkan, serta penyebab, perawatan, dan strategi pencegahannya.

Apa itu mimisan?

Mimisan, juga dikenal sebagai epistaksis, mengacu pada pendarahan dari hidung yang biasanya terjadi setelah kerusakan pada pembuluh darah di saluran hidung.

Tergantung pada area di mana kerusakan jaringan terjadi, dokter dapat mengkategorikan mimisan baik anterior (depan), yang lebih umum, dan posterior (belakang), yang lebih mungkin memerlukan perawatan medis.

Mimisan lebih sering terjadi pada anak-anak dan orang dewasa yang lebih tua, tetapi biasanya bukan merupakan tanda adanya masalah. Mereka juga umum pada orang dengan riwayat gangguan pendarahan, kondisi pendarahan genetik, mereka yang minum obat pengencer darah, dan mereka yang minum obat melalui hidung.

Baca Juga: Bisakah Memakai Lensa Kontak Merusak Penglihatan Anda?

Penyebab umum

Mimisan biasanya berasal dari pecahnya pembuluh darah di hidung, dan mungkin tidak ada penyebab yang jelas. Mereka terjadi paling sering karena trauma, obat-obatan tertentu, atau sebagai akibat dari kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Beberapa penyebab umum mimisan meliputi:

  • Memetik hidung
  • Meniup hidung terlalu keras
  • Kekeringan, yang mungkin diakibatkan oleh perubahan iklim atau ketinggian
  • Bengkak dan iritasi
  • Benda asing di hidung
  • Alergi hidung

Perawatan

Jika seseorang mengalami mimisan parah atau berulang, dokter bertujuan untuk menghentikan pendarahan dan mungkin menggunakan rinoskop untuk menyelidiki penyebabnya. Apa yang mereka temukan dapat membantu memandu rencana perawatan mereka.

Pilihan pengobatan mungkin termasuk:

Pengepakan hidung:

Ini melibatkan memasukkan bahan seperti kain kasa ke dalam hidung untuk membantu menghentikan pendarahan. Bahan tersebut memberikan tekanan konstan, menyerap kelebihan darah, dan mendorong pembentukan gumpalan.

Tetes, semprotan, salep, atau gel:

Agen pelumas dapat membantu menjaga saluran hidung tetap lembab, sementara semprotan hidung dapat menyempitkan pembuluh darah di hidung.

Baca Juga: Makanan yang Meningkatkan Metabolisme: Apa yang Dikatakan Sains?

Mengganti obat:

Seorang dokter dapat merekomendasikan ini, tetapi seseorang tidak boleh membuat perubahan apa pun sebelum berkonsultasi dengan dokter mereka.

Cautery:

Ini melibatkan penggunaan kapas kimia atau perangkat listrik untuk menutup area pendarahan.

Pembedahan:

Jika pendekatan lain tidak efektif, prosedur seperti mengikat atau memblokir pembuluh darah dapat membantu mencegah pendarahan.

Pencegahan

Meskipun tidak mungkin untuk mencegah semua penyebab mimisan, mengambil tindakan pencegahan berikut dapat membantu:

  • Tidak mengupil
  • Bertiup dengan lembut
  • Menjaga area hidung tetap bersih dan lembab menggunakan semprotan atau gel air asin
  • Menggunakan pelembab udara untuk membantu menjaga lingkungan tetap lembab, jika memungkinkan
  • Menghindari iritasi seperti asap
  • Menghindari alergen dan mengelola alergi
  • Mengambil langkah-langkah untuk mengelola kondisi yang memerlukan obat pengencer darah

Mimisan bisa mengkhawatirkan, tetapi umumnya tidak perlu dikhawatirkan. Mereka mungkin berasal dari penggunaan obat-obatan, mengupil, trauma, atau berbagai faktor lainnya.

Baca Juga: Kenali Penyebab Kulit Kepala Gatal dengan Rambut Rontok dan Bagaimana Cara Mengobatinya?

Mimisan mungkin lebih parah pada orang dengan gangguan pendarahan, orang yang minum obat pengencer darah, dan orang yang minum obat melalui hidung.

(cs)

  • Bagikan