Mau Tidur Lebih Baik Selama Kehamilan? Lakukan Cara Ini

  • Bagikan
Mau Tidur Lebih Baik Selama Kehamilan? Lakukan Cara Ini
Mau Tidur Lebih Baik Selama Kehamilan? Lakukan Cara Ini

cakrawala sulsel – Mendapatkan tidur yang cukup selama kehamilan bisa menjadi tugas yang sulit. Anda tahu bahwa Anda akan kesulitan mendapatkan tidur yang cukup setelah bayi lahir, jadi Anda berusaha untuk beristirahat sebanyak mungkin sebelumnya.

Masalahnya adalah dengan semua perubahan yang dialami tubuh Anda, menjadi sulit untuk tidur karena berbagai alasan.

Selama trimester pertama, wanita cenderung lebih mengantuk saat plasenta tumbuh. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan di awal kehamilan adalah mengikuti petunjuk tubuh Anda dan tidur sebanyak mungkin.

Pada trimester kedua, jumlah tidur yang Anda butuhkan menjadi normal, tetapi hal-hal lain mulai memengaruhi tidur Anda. Misalnya, perut Anda yang membesar akan membuat Anda harus lebih sering buang air kecil.

Baca Juga: 9 Manfaat Kesehatan Selama Kehamilan Jika Rutin Makan Ragi

The trimester ketiga membawa komplikasi tambahan yang menyebabkan lebih banyaktidur terganggu. Tidur yang terganggu ini membuat Anda merasa lelah, dan Anda mungkin kesulitan mendapatkan istirahat yang cukup berkualitas.

Selain ingin buang air kecil lebih sering, Anda mungkin juga terbangun atau mengalami masalah tidur karena sakit maag, sindrom kaki gelisah, sakit punggung, kram kaki, tendangan bayi, kemacetan, terlalu hangat, dan penambahan berat badan. Anda juga bisa mengalami perubahan hormon dan kecemasan tentang kedatangan bayi.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Pil KB Mungkin Gagal dan Beberapa Tanda Awal Kehamilan

10 Tips untuk Tidur Lebih Baik Selama Kehamilan

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu diri Anda lebih mudah:

1. Minum banyak air di siang hari, tetapi perlambat saat mendekati waktu tidur

Penting untuk minum banyak air , tetapi cobalah untuk melakukannya di pagi hari. Seiring dengan perut muncul perasaan ingin buang air kecil lebih sering. Jika Anda memperlambat konsumsi air saat menjelang tidur, Anda tidak perlu terlalu banyak bangun di malam hari.

2. Perhatikan apa yang Anda makan

Mencoba untuk tidur ketika Anda mengalami mulas tidak nyaman. Untuk menghindari mulas, pastikan untuk memperhatikan apa yang Anda makan. Hindari makanan yang digoreng, pedas, dan asam dalam jumlah besar.

Jika Anda mengalami mual semalaman, cobalah makan makanan ringan yang hambar sepanjang hari agar perut Anda tetap kenyang.

3. Cukup berolahraga dan minum air putih yang cukup

Jika kram kaki menjadi masalah, pastikan untuk meningkatkan sirkulasi melalui olahraga teratur. Memastikan untuk tetap terhidrasi dengan baik juga dapat membantu di area ini.

4. Tidur miring ke kiri

Penting untuk tidur miring ke kiri saat hamil. Posisi ini memungkinkan aliran darah terbaik ke bayi, rahim, dan ginjal Anda. Namun, bukanlah ide yang baik untuk berbaring telentang terlalu lama, terutama setelah 20 minggu kehamilan.

Alasannya adalah, ketika Anda berbaring telentang, rahim Anda menekan pembuluh darah utama yang disebut vena cava. Ketika pembuluh darah itu terkompresi, itu mengganggu aliran darah ke bayi Anda dan dapat membuat Anda merasa pusing, mual, dan sesak napas.

Baca Juga: Berapa Lama Setelah Ovulasi Seseorang Bisa Hamil? Ini Cara Hitungnya dan Waktu Tepat Berhubungan Seks untuk Hamil

5. Dapatkan beberapa bantal

Bantal dapat membantu untuk beberapa masalah yang berbeda. Jika Anda mengalami mulas atau hidung tersumbat, mengangkat kepala dapat membantu.

Bantal kehamilan khusus dapat membantu Anda merasa nyaman juga. Anda juga bisa menggunakan bantal sebagai bantalan lutut untuk membantu Anda tidur.

6. Berlatih teknik relaksasi

Mematikan elektronik setidaknya satu jam sebelum tidur dapat membantu Anda tenang. Jika Anda mengalami kecemasan, pertimbangkan teknik relaksasi lain seperti yoga, mandi air hangat, mesin suara, musik yang menenangkan, atau pijat.

7. Tidur siang kapan pun Anda bisa

Sangat penting untuk mendapatkan istirahat yang cukup saat hamil, jadi, jika Anda bisa tidur siang di siang hari , Anda harus melakukannya. Tidur siang akan membantu Anda mendapatkan istirahat tambahan yang Anda butuhkan.

8. Kurangi kafein

Jika Anda mengalami kesulitan tidur, kafein juga dapat menyebabkan masalah. Anda mungkin ingin mengurangi atau menghilangkan kafein sepenuhnya dan melihat apakah itu membantu.

Hindari kafein di kemudian hari, dan perhatikan bahwa kafein juga ada dalam teh, minuman ringan, cokelat, minuman energi, dan obat-obatan tertentu, seperti obat flu dan pilek.

9. Mintalah bantuan untuk anak yang lebih besar

Jika Anda memiliki anak yang lebih besar, mintalah bantuan pasangan Anda jika mereka bangun di malam hari atau jika Anda perlu tidur siang. Cukup sulit untuk mendapatkan tidur yang cukup saat hamil, tetapi jika Anda terus-menerus bangun untuk merawat anak-anak lain, Anda akan kehilangan lebih banyak waktu tidur.

Jadi, mintalah bantuan pasangan Anda untuk membangunkan itu, minta dia membawanya ke suatu tempat di siang hari sehingga Anda bisa tidur siang, atau minta dia bangun bersama mereka di pagi hari sehingga Anda bisa tidur nanti.

Baca Juga: Ketahui 7 Jenis Keputihan Saat Hamil, Mana yang Berbahaya

10. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda memiliki kekhawatiran

Jika Anda memiliki masalah medis atau insomnia terus-menerus, pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda. Dia mungkin memiliki beberapa rekomendasi tambahan yang dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang cukup selama kehamilan.

Kehamilan bisa melelahkan, jadi sangat penting untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Pastikan untuk menjaga diri sendiri dan meminta bantuan saat Anda membutuhkannya.

(cs)

  • Bagikan