9 Manfaat Kesehatan Selama Kehamilan Jika Rutin Makan Ragi

  • Bagikan
9 Manfaat Kesehatan Selama Kehamilan Jika Rutin Makan Ragi
9 Manfaat Kesehatan Selama Kehamilan Jika Rutin Makan Ragi

cakrawala sulsel – Ragi biasanya diambil sebagai bubur dan sering disarankan oleh dokter. Selain kesehatan bagi kehamilan, tetapi juga memberikan keuntungan kesehatan bagi wanita yang telah melahirkan.

Selama trimester pertama kehamilan, Anda harus memasukkan Ragi ke dalam rencana makanan Anda. Supaya tidak berlama-lama, yuk kita intip manfaat Kesehatan Ragi untuk Ibu Hamil.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Pil KB Mungkin Gagal dan Beberapa Tanda Awal Kehamilan

Manfaat Kesehatan Ragi untuk Ibu Hamil

1. Kalsium untuk tulang dan gigi yang kuat

Saat hamil, kalsium merupakan nutrisi penting. Tanpa itu, perkembangan tulang dan gigi prenatal dapat terganggu. Sehingga meningkatkan risiko bayi lahir dengan cacat lahir. Sarapan dengan bubur ragi adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa kalsium tersedia dalam tubuh Anda.

2. Lemak alami untuk diet sehat

Memang benar bahwa seorang wanita hamil tidak perlu khawatir tentang dietnya selama persalinannya. Namun, tetap penting untuk mengatur lemak yang masuk ke sistem tubuh. Mengapa? Terlalu banyak lemak menyebabkan penambahan berat badan, dan penambahan berat badan meningkatkan risiko hipertensi , penyakit kardiovaskular, dan diabetes . Konsumsi Ragi akan memberi ibu hamil lemak organik yang cukup untuk diet rutinnya.

3. Serat tinggi untuk masalah pencernaan

Mempersempit/menekan usus karena perkembangan janin yang cepat dapat menyebabkan masalah pencernaan. Mengkonsumsi makanan berserat tinggi dan minum cukup air dapat membantu pergerakan makanan. Ini membuat otot usus bekerja sedikit lebih mudah. Ini juga mengurangi masalah pencernaan yang biasa terjadi selama kehamilan.

Baca Juga: Berapa Lama Setelah Ovulasi Seseorang Bisa Hamil? Ini Cara Hitungnya dan Waktu Tepat Berhubungan Seks untuk Hamil

4. Mengandung vitamin C

Anemia adalah penyakit umum yang dapat menimbulkan masalah kesehatan yang signifikan jika seorang ibu hamil memilikinya. Pertumbuhan prenatal bergantung pada sel darah merah, yang tanpanya janin tidak akan tumbuh dengan baik. Mengkonsumsi makanan kaya zat besi adalah pilihan terbaik. Tetapi Anda harus menyadari bahwa zat besi mudah terkontaminasi, itulah sebabnya memastikan penyerapan zat besi yang memadai sangat penting. Kandungan vitamin c Ragi dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dan karenanya mengobati anemia.

5. Asam amino untuk melepaskan stres

Seorang wanita hamil sering dikaitkan dengan stres . Sebagian besar waktu, itu hanya masalah psikologis, tetapi bisa juga hormonal. Triptofan, asam amino yang ditemukan dalam ragi, dikenal luas karena kemampuannya untuk menghilangkan stres dan kesedihan. Ini juga dapat membantu wanita hamil mengatasi sulit tidur.

6. Bebas gula

Alergi dapat menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan wanita hamil. Seorang wanita harus memastikan bahwa dia dan janinnya hanya makan makanan yang aman bagi mereka.

7. Meningkatkan kuantitas produksi ASI

Ragi kaya akan zat besi, kalsium, dan asam amino vital. Ketiga obat tersebut sangat efektif untuk meningkatkan suplai ASI. Terutama pada ibu yang berniat untuk memberikan ASI eksklusif.

Baca Juga: Ketahui 7 Jenis Keputihan Saat Hamil, Mana yang Berbahaya

8. Kaya akan lesitin dan metionin

Mengelola kadar kolesterol adalah usaha yang sulit. Itulah sebabnya, terutama selama kehamilan, sangat penting untuk melacak semua yang Anda makan. Kadar kolesterol dapat menyebabkan hipertensi yang signifikan, dan jika seorang ibu hamil didiagnosis menderita hipertensi, ia harus melepaskan harapannya untuk melahirkan dan melahirkan secara normal.

9. Sumber protein yang sangat baik

Ragi adalah pilihan kata yang tepat untuk menggambarkannya. Ini adalah makanan tinggi protein dan padat mineral. Menemukan pasokan protein yang kaya dari makanan selain produk daging, terutama untuk seorang vegetarian, bisa jadi sulit. Seorang wanita hamil dapat memastikan bahwa dia memiliki protein dan mineral yang cukup untuk kesehatannya serta pertumbuhan janin di dalam rahim mereka hanya dengan memasukkan ragi ke dalam makanan rutin mereka.

Resep Ragi untuk Ibu Hamil

  1. Ragi kanji
  2. Apel ragi halwa
  3. Ragi rotti
  4. Ragi uppittu
  5. Ragi Lado

Bagaimana Cara Makan Ragi Selama Kehamilan?

Ragi dapat direndam, berkecambah, dan digiling menjadi tepung untuk menghasilkan berbagai makanan bergizi dan sehat. Tepung Ragi dapat ditemukan di supermarket India dan Asia Selatan. Tepung ragi harus disimpan dalam wadah kedap udara di tempat yang dingin dan kering. Setelah memecahkan paket yang disegel, gunakan dalam waktu satu bulan.

Baca Juga: 7 Alasan Membuat Wanita Tidak Bisa Hamil

Ada banyak makanan untuk dipilih selama kehamilan, tetapi menemukan makanan yang sesuai dengan diet harian Anda dan memenuhi kebutuhan nutrisi Anda untuk kesehatan dan pertumbuhan janin Anda tidaklah mudah. Akibatnya, banyak wanita memilih untuk berkonsultasi dengan ahli gizi profesional untuk mendapatkan wawasan tentang makanan paling sehat untuk dimakan saat hamil.

Namun, ada satu hal yang harus diingat oleh seorang wanita hamil: kadang-kadang sesuatu yang sudah Anda miliki adalah yang terbaik. Tentu saja, mengunjungi ahli gizi yang kompeten untuk jenis kebutuhan ini juga merupakan ide yang baik.

(cs)

  • Bagikan