Konsumsi Makanan Ini Bantu Cegah Sakit Maag

  • Bagikan
Konsumsi Makanan Ini Bantu Cegah Sakit Maag
Konsumsi Makanan Ini Bantu Cegah Sakit Maag

cakrawala sulsel – Seorang penderita sakit maag tidak bisa makan makanan seperti orang normal, tetapi dengan perawatan dan pengelolaan yang tepat, dapat menjalani hidup seperti orang sehat normal. Dengan inovasi medis, pengobatan dan perawatan yang bermanfaat telah membuat hidup lebih mudah bagi pasien maag.

Apa itu borok?

Bisul adalah luka menyakitkan yang ditemukan di lapisan lambung atau usus kecil. Sakit maag  juga disebut tukak lambung, karena biasanya terjadi di saluran pencernaan.

Bisul disebabkan oleh adanya bakteri H. Pylori. Dalam kasus tertentu, bisul juga disebabkan oleh asupan teratur beberapa obat seperti aspirin dan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) lainnya. Tubuh Anda mencoba memberikan  tanda-tanda peringatan jika Anda memiliki sistem pencernaan yang tidak sehat.

Baca Juga: Komsumsi Ini Mengatasi Sakit Maag Anda

Anda harus memperhatikan tanda-tanda tersebut dan segera memulai pengobatan. Mari kita lihat beberapa gejala yang menunjukkan adanya sakit maag.

Gejala

  • Muntah
  • Kotoran seperti tar gelap
  • Kembung
  • Penurunan berat badan secara tiba-tiba

Pengobatan:

Pengobatan maag didasarkan pada faktor-faktor yang menyebabkannya. Jika borok disebabkan oleh bakteri H. pylori, maka antibiotik dan obat penurun asam membantu mengurangi efeknya.

Obat-obatan tersebut mengubah bahan kimia di perut yang menyebabkan efek samping seperti diare, peradangan, dll.

Jika maag disebabkan oleh obat-obatan tertentu yang Anda konsumsi secara teratur untuk beberapa kondisi lain, segera konsultasikan dengan dokter Anda dan mintalah obat pengganti.

Makanan yang Mungkin Membantu

Dalam kasus sakit maag, lebih baik mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan karena membantu memperkuat sistem kekebalan dan membantu melawan infeksi di saluran pencernaan Anda. Makanan tersebut juga dapat membantu mencegah kanker perut.

1. Buah-buahan

Buah-buahan bermanfaat dalam menyumbangkan serat dan antioksidan. Sumber yang kaya seperti beri, anggur, apel, delima paling bermanfaat dalam memerangi bakteri penyebab maag.

Cobalah untuk menghindari buah-buahan yang dapat memicu refluks asam.

2. Susu fermentasi

Produk dengan komponen probiotik seperti yogurt dan kefir adalah pilihan yang baik untuk pasien dengan sakit maag.

3. Sayuran

Cobalah untuk membatasi sayuran mentah karena mungkin sulit dicerna. Sayuran berdaun hijau seperti brokoli, kubis Brussel, kembang kol, kangkung, selada gunung es paling cocok untuk diet pencegah maag.

4. Protein tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak, ikan, tahu, kacang kering, telur, dan kacang polong adalah sumber protein yang sangat baik. Jenis ikan seperti sarden, salmon, dan mackerel menyediakan lemak omega-3, mengurangi peradangan dan mencegah bisul.

5. Roti dan biji-bijian

Roti gandum harus lebih disukai untuk pasien maag. Oat, quinoa, sorgum juga merupakan pilihan yang baik untuk dikonsumsi.

6. Herbal dan rempah-rempah

Herbal dan rempah-rempah dikemas dengan antioksidan. Herbal seperti kunyit, jahe, kayu manis, bawang putih paling bermanfaat bila dikonsumsi dalam dosis ringan. Asupan harian dalam dosis ringan bermanfaat karena mengandung sifat antimikroba dan anti-inflamasi.

(cs)

  • Bagikan