Ngeluh Lembur Kubur Jenazah Covid, Petugas TPU Tegal Alur: Semoga Pandemi Cepat Selesai!

  • Bagikan


cakrawala sulsel – Karena lahan sudah penuh, Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur yang berlokasi di kawasan Jakarta Barat hanya melayani jenazah khusus Covid-19 secara tumpang tindih. Penuhnya lahan pemakaman khusus Covid-19 dilaporkan sejak bulan Februari 2021 lalu.

Pantauan cakrawala sulsel siang tadi, terlihat ada dua jenazah Covid-19 yang dimakamkan di blok kristen TPU Tegal Alur. Saat ambulans tiba di kompleks pemakaman, petugas dengan pakaian alat pelindung diri (APD) lengkap langsung membawa peti berisi jenazah menuju liang lahad.

Pihak keluarga yang mengantar jenazah untuk dikuburkan pun terlihat tidak mendekat ke liang pemakaman. Beberapa orang dari pihak keluarga pun enggan diwawancara karena masih dalam suasana berduka.

Salah satu penggali kubur yang enggan disebutkan namanya mengatakan, pada awal bulan Juli 2021 lalu, dirinya kerap mendapati pemakaman bisa berlangsung hingga 50 kali. Tentunya, hal itu membikin dirinya kewalahan.

Baca Juga:
Viral! Cerita 3 Lansia Ditolak Petugas Vaksin Covid-19 karena Tak Bawa Fotokopi KTP

Tak jarang dia harus lembur saat bekerja. Saat itu, dia pernah bekerja sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Sebelum lonjakan kasus meroket, biasanya di TPU Tegal Alur hanya memakamkan 10 jenazah saja.

Penampakan petugas penggali kubur jenazah Covid-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat. (Suara.com/Arga)
Penampakan petugas penggali kubur jenazah Covid-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat. (cakrawala sulsel/Arga)

“Awal Juli kemarin, saya pernah lembur. Kerja dari jam 8 pagi sampai jam 10 malam. Awal-awal pandemi, paling cuma 10 jenazah. Tapi pas kasus melonjak, sehari bisa 50 jenazah lah,” papar dia, Jumat (23/7/2021).

Saat ini, ketika lahan pemakaman khusus Covid-19 mulai penuh, jumlah jenazah yang dikuburkan di TPU Tegal Alur relatif menurun. Sebab, banyak jenazah Covid-19 yang dialihkan ke TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara.

“Kalau sekarang paling banyak dialihkan ke TPU Rorotan,” sambungnya.

Pria berusia 40 tahun itu pun berharap agar pandemi Covid-19 agar segera berakhir. Sebagai manusia, dia merasa lelah dengan wabah tak berkesudahan ini yang telah merenggut nyawa banyak orang.

Baca Juga:
Ratusan Pekerja di Lahat Isoman di Hotel, Satgas COVID 19: Mereka Tak Melapor

“Ya semoga cepat selesai lah pandemi ini. Mudah-mudahan Indonesia kembali sehat dan bisa beraktivitas normal,”  imbuh pria itu. 





Source link

  • Bagikan