6 Cara Alami yang Dapat Meredahkan Sakit Kram Menstruasi

  • Bagikan
6 Cara Alami yang Dapat Meredahkan Sakit Kram Menstruasi
6 Cara Alami yang Dapat Meredahkan Sakit Kram Menstruasi

cakrawala sulsel – Saat Anda mengalami menstruasi, tempat tidur menjadi sasaran untuk merabahkan tubuh dari sakitnya kram menstruasi. Sakit kram menstruasi pastinya sulit untuk melewati hari tanpa merasa lelah atau sakit terus-menerus.

Namun jangan khawatir, selain obat-obatan yang di jual bebas di luar sana. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar dapat meredahkan rasa sakit kram menstruasi.

Baca Juga: Cara Latihan untuk Setiap Bagian Siklus Menstruasi Anda

1. Menggunakan bantalan panas

Mengoleskan panas ke perut dan punggung bagian bawah adalah trik paling sederhana dalam buku ini, tetapi berhasil. Menggunakan bantalan yang dipanaskan di perut Anda dapat membantu mengendurkan otot-otot rahim Anda.

Kram menstruasi disebabkan oleh otot-otot ini. Panas juga dapat meningkatkan sirkulasi di perut Anda, yang dapat menghilangkan rasa sakit. Menurut sebuah penelitian tahun 2004, mengoleskan panas pada kram lebih efektif daripada mengonsumsi obat pereda nyeri.

2. Gosokkan minyak esensial pada perut Anda

Minyak atsiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa minyak esensial, seperti minyak lavender, mawar, semanggi, atau kayu manis, dapat membantu meredakan kram saat dipijatkan ke perut, terutama bila digunakan dalam campuran minyak. Minyak pembawa bekerja dengan aman “membawa” minyak esensial ke dalam kulit Anda dan menyebarkannya ke area yang luas.

Misalnya minyak kelapa atau minyak jojoba

  • Gosokkan beberapa tetes di antara tangan Anda,
  • Pijat perut Anda dengan lembut

Menurut para ahli, memijat perut dengan gerakan memutar selama lima menit setiap hari sebelum dan selama menstruasi dapat membantu mengurangi kram dan meningkatkan sirkulasi di perut.

3. Teh herbal

Teh tertentu dapat membantu meredakan kram menstruasi. Meskipun penelitian tentang teh herbal untuk meredakan nyeri haid masih terbatas, teh chamomile dan peppermint sering direkomendasikan untuk meredakan nyeri haid karena dapat menenangkan tubuh.

Anda dapat mengambil cangkir favorit Anda, membuat teh chamomile, dan mencoba bersantai dan membaca buku Anda dengan tenang.

Baca Juga: Berapa Lama Setelah Ovulasi Seseorang Bisa Hamil? Ini Cara Hitungnya dan Waktu Tepat Berhubungan Seks untuk Hamil

4. Bersantai di bak mandi air hangat

Cara lain untuk menghangatkan otot panggul Anda adalah dengan berendam di bak mandi air hangat. Untuk menghilangkan rasa sakit, tambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti lavender, sage, atau mawar ke dalam air mandi Anda.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, nyalakan beberapa lilin beraroma, mainkan musik yang menenangkan, dan berendamlah di bak mandi air hangat setidaknya selama 15 menit.

5. Yoga

Yoga adalah latihan lembut yang melepaskan endorfin dan membantu dalam pencegahan atau pengurangan gejala menstruasi. Para ahli menemukan bahwa wanita yang menghadiri kelas yoga 60 menit seminggu sekali selama 12 minggu mengalami pengurangan nyeri haid yang signifikan. Jika Anda ingin mencoba yoga, carilah kelas yang mencakup komponen fisik dan relaksasi.

6. Akupunktur

Akupresur adalah pengobatan pengobatan Cina yang aman dan efektif yang digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Metode penyembuhan Asia kuno ini dianggap menenangkan sistem saraf, meningkatkan aliran darah ke organ dalam, dan mengurangi peradangan. Perawatan ini membutuhkan tekanan kuat pada bagian tubuh tertentu dengan jari-jari Anda untuk membantu meringankan berbagai gejala. Nyeri haid dapat dihilangkan dengan menggosokkan lingkaran pada betis di atas pergelangan kaki.

Metode Akupunktur untuk Kram Menstruasi:

  1. Ukur empat ujung jari dari tulang pergelangan kaki bagian dalam Anda.
  2. Selama beberapa menit, gosok area ini dengan kuat.
  3. Ulangi sesuai kebutuhan sebelum dan selama periode Anda setiap hari.

(cs)

  • Bagikan