Lakukan Perawatan Jerawat yang Tepat Agar Anda Tidak Salah Memilih

  • Bagikan
Lakukan Perawatan Jerawat yang Tepat Agar Anda Tidak Salah Memilih
Lakukan Perawatan Jerawat yang Tepat Agar Anda Tidak Salah Memilih

CakrawalaSulsel – Begitu banyak cara untuk mencari perawatan jerawat. Entah itu dari krim, gel, hingga produk yang dijual bebas. Namun memilih untuk mengobati jerawat yang menyerang kulit wajah Anda, itu tergantung pada jenis jerawat yang Anda miliki dan seberapa parahnya.

Arielle Nagler, MD, asisten profesor dermatologi di Langone Health di New York University, mengatakan, Bagi kebanyakan orang ada banyak pilihan. Ada cara untuk mengendalikannya.

Berikut cara tepat memilih perawatan jerawat yang harus Anda lakukan:

Perawatan Tanpa Resep

Untuk jerawat ringan, mulailah dengan produk yang dijual bebas, yang tidak memerlukan resep dokter. Pertama, cuci muka setiap hari.

“Penelitian telah menunjukkan bahwa mencuci wajah secara teratur membuat perbedaan besar,” kata Nagler. Bersikaplah lembut, berlebihan dapat memperburuk keadaan.

Baca Juga: Cara Mengobati Jerawat dan Kenali Penyebabnya

Allison Arthur, MD, dokter kulit di Sand Lake Dermatology Center di Orlando, FL, mengatakan pembersih wajah berjerawat sering mengandung asam salisilat, yang menghilangkan minyak dan membersihkan pori-pori Anda. Jika Anda memiliki kulit sensitif, temukan pembersih wajah berbusa atau pembersih lembut lainnya yang berlabel sensitif.

Cari bahan-bahan lain ini saat Anda berbelanja:

Adapalen (Differin)

Obat ini adalah retinoid, sekelompok obat-obatan topikal yang berasal dari vitamin A. Ini mempengaruhi cara sel-sel kulit tumbuh dan membantu mencegah pori-pori tersumbat. Dulu hanya tersedia dengan resep dokter.

Benzoil peroksida

Perawatan ini biasanya dijual dalam bentuk gel atau lotion. Ini membuka pori-pori, mengeringkan jerawat, dan membunuh bakteri. Ini mencegah jerawat baru.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Kulit Wajah dengan Bahan Alami

Arthur mengatakan menggunakan benzoil peroksida dan adapalen bersama-sama adalah titik awal yang umum untuk perawatan jerawat, kemudian beri kesempatan untuk bekerja.

“Terkadang saya melihat orang mencoba produk yang dijual bebas hanya selama beberapa minggu, mereka merasa frustrasi, mereka mengatakan itu tidak berhasil, dan mereka menghentikannya,” kata Arthur.

Tapi, lanjut Arthur, itu benar-benar butuh waktu untuk melihat keefektifannya. “Jadi, kecuali jika Anda memiliki masalah dengan obatnya, seperti menyebabkan iritasi parah atau kekeringan, disarankan untuk memberikannya setidaknya 2-3 bulan sebelum beralih ke obat lain,” lanjutnya.

Obat topikal

Tretinoin (Retin-A): Retinoid ini lebih kuat dari adapalen

“Ini sangat berguna untuk jerawat komedonal (pori-pori tersumbat dan komedo),” kata Arthur.

Ini mengelupas sel-sel kulit mati sehingga mereka tidak saling menempel dan menyumbat lubang pori-pori Anda.

Tazarotene (Avage, Fabior, Tazorac ) adalah retinoid kekuatan resep lain yang dapat diresepkan oleh dokter Anda.
Clascoterone (Winlevi) adalah pengobatan topikal yang baru disetujui untuk jerawat sedang hingga parah yang dianggap sebagai alternatif spironolakton.

Ini menargetkan hormon yang menyebabkan jerawat dan bekerja untuk memblokir androgen lokal dari mengikat sel-sel kulit, sehingga mengurangi peradangan produksi minyak berlebih. Ini mengurangi jerawat pada pria dan wanita di atas usia 12. .

Obat Oral (Antibiotik)

Jenis seperti doksisiklin dan eritromisin membunuh bakteri pada kulit Anda dan mengurangi peradangan. Itu sangat baik untuk jerawat yang meradang, yaitu ketika Anda memiliki benjolan merah lembut dan komedo putih berisi nanah.

Baca Juga: Ini Penyebab Munculnya Mata Panda atau Lingkaran Hitam di Area Mata

Kontrasepsi oral

Bagi wanita, pil KB dapat membersihkan kulit Anda. Pil yang mengandung estrogen dan progestin bekerja, seperti Ortho Tri-Cyclen dan Yaz.

Spironolakton

Obat ini adalah pilihan hormonal lain untuk wanita. Dibuat sebagaipil tekanan darah, itu menghentikan hormon Anda dari membuat terlalu banyak minyak.

Isotretinoin

Anda mungkin pernah mendengar nama merek pertamanya Accutane . Obat mujarab digunakan untuk jerawat batu atau jerawat yang meninggalkan bekas.

“Ini adalah obat yang serius, dan ada beberapa efek samping potensial sehingga memerlukan pemantauan ketat, tetapi berpotensi membuat jerawat menjadi remisi ,” kata Arthur.

Obatnya bisa mengeringkan bibir, hidung, dan kulit. Jika seorang wanita yang memakainya hamil , itu bisa menyebabkan cacat lahir yang parah.

(cs)

  • Bagikan