Google Perkenalkan Perubahan pada Antarmuka Web Mesin Pencari

  • Bagikan
Google Perkenalkan Perubahan pada Antarmuka Web Mesin Pencari
Google Perkenalkan Perubahan pada Antarmuka Web Mesin Pencari

CakrawalaSulsel – Dari waktu ke waktu, dan selalu diam-diam, Google memperkenalkan beberapa perubahan pada antarmuka web mesin telusurnya , yaitu yang kita lihat saat mengakses halaman webnya untuk melakukan penelusuran dan, tentu saja, di mana hasil yang ditampilkan sama.

Itu bukan sesuatu yang umum, dan umumnya perubahan-perubahan itu tidak menarik perhatian, sampai-sampai tidak diperhatikan oleh kebanyakan orang. Kadang-kadang mereka bersifat estetis, tetapi sebagian besar waktu mereka berkaitan dengan kegunaan mesin pencari dan layanan lainnya yang terkait dengan akun Google.

Tujuan Google, dengan perubahan ini, adalah agar perubahan tersebut tidak membuat perbedaan besar pada tingkat visual, karena hal ini dapat menyebabkan penolakan yang signifikan pada banyak pengguna, yang bahkan akan curiga apakah mereka telah menggunakan mesin telusur yang berbeda. Kebijakan yang sepenuhnya dapat dipahami, meskipun memiliki konsekuensi negatif persis seperti yang saya tunjukkan sebelumnya, bahwa pengenalan perubahan dapat luput dari perhatian pengguna.

Baca Juga: Google Drive untuk PC Tambahkan Dukungan Foto dan Banyak Akun

Hal ini dapat terjadi, tanpa melangkah lebih jauh, dari kebaruan Google terbaru dalam hal mesin pencari, yang telah mulai digunakan dalam beberapa jam terakhir. Hal baru yang, meskipun tidak menyediakan fungsi baru, memfasilitasi akses ke mereka. Dan, seperti yang Anda lihat sendiri, jika Anda melakukan pencarian seperti ini, ikon baru, berbentuk seperti roda gigi, ditampilkan di kanan atas yang memberikan akses ke menu baru.

Pengaturan pencarian:

Anda akan mengakses bagian pengaturan Google di mana Anda dapat menentukan berbagai aspek yang terkait dengan hasil pencarian, seperti jumlah hasil per halaman, operasi pelengkapan otomatis, hasil yang dipersonalisasi (berdasarkan riwayat Anda), dan sebagainya.

Bahasa:

Dari sini Anda dapat dengan cepat mengubah bahasa antarmuka dan hasil pencarian yang ingin Anda peroleh.

Sembunyikan hasil eksplisit:

Secara default Google akan menampilkan semua hasil yang terkait dengan penelusuran, tetapi dengan memilih setelan ini, Anda akan menghindari hasil yang berisi konten eksklusif untuk orang dewasa.

Pencarian lanjutan:

Meskipun tidak diketahui banyak pengguna, Google memiliki fungsi pencarian yang sangat canggih, yang dapat digunakan baik secara langsung dengan operator dan elemen lain di kotak pencarian, serta dalam antarmuka yang dirancang khusus untuk tujuan ini, yang dapat Anda akses dari entri menu baru ini.

Riwayat penelusuran:

Anda sudah tahu, karena kami telah memberi tahu Anda berkali-kali, bahwa kecuali Anda mengonfigurasi sebaliknya, Google menyimpan riwayat penelusuran yang Anda buat. Entri menu ini akan memungkinkan Anda untuk mengaksesnya, baik untuk meninjaunya, menonaktifkannya, dan sebagainya.

Data Anda:

Apakah Anda ingin melihat dan mengelola data yang dimiliki Google tentang Anda? Anda dapat melakukannya dari sini.

Search in help:

Google memiliki banyak dokumentasi bantuan dan informasi tentang mesin pencari, dari entri ini di menu baru Anda akan mengakses data tersebut.

Baca Juga: Produsen Motherboard Cantumkan Model yang Akan Mendukung Windows 11

Seperti yang saya tunjukkan sebelumnya, kita tidak berbicara tentang fungsi baru, semua elemen ini sudah tersedia di Google sebelumnya. Namun, menu ini menyediakan akses yang jauh lebih cepat ke beberapa fungsi dan pengaturan yang kemungkinan besar ingin kita akses saat menggunakan mesin pencari. Satu-satunya hal yang mengejutkan saya adalah bahwa mereka telah memilih untuk menampilkannya di halaman hasil dan bukan di mesin pencari utama.

(cs)

 

  • Bagikan