Bansos Tunai Rp 600.000 Akan Cair, Ikuti Cara Daftarnya Disini!

  • Bagikan
Bansos Tunai Rp 600.000 Akan Cair, Ikuti Cara Daftarnya Disini
Bansos Tunai Rp 600.000 Akan Cair, Ikuti Cara Daftarnya Disini

Jakarta, CakrawalaSulsel – Bantuan Sosial (Bansos) Tunai akan dipastikan cair pada pekan ini untuk membantu masyarakat di tengah pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat yang berlangsung hingga 20 Juli 2021.

Tak tanggung-tanggung, dana yang dicairkan langsung jatah dua bulan sekaligus, sebesar Rp 600.000.

“Untuk perpanjangan 2 bulan ini akan dibayarkan Juli dan Agustus,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, seperti dikutip CNBCIndonesia, Selasa (6/7/21).

Baca Juga: Menkeu Sebut Belanja APBN Motor Penggerak Pemulihan Ekonomi Semester I

Kementerian Keuangan pun telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 6,1 triliun untuk perpanjangan bansos tunai ini kepada 10 juta KPM selama dua bulan ke depan. Dengan demikian maka total alokasi bansos tunai menjadi Rp 18,04 triliun.

Sebelumnya, bansos tunai diberikan selama empat bulan yakni Januari-April 2021 dengan realisasi Rp 11,94 triliun kepada 9,6 juta KPM. Sisanya 400 ribu KPM akan dilanjutkan pencairannya di bulan ini bersamaan dengan perpanjangan.

Adapun kriteria penerima adalah:

  1. Keluarga miskin, tidak mampu dan rentan yang terdampak wabah Covid-19
  2. Penerima belum menerima program PKH dan kartu sembako
  3. Memiliki NIK, Kartu Keluarga dan telepon untuk dihubungi.

Sementara cara pendaftarannya adalah:

  1. Masyarakat dapat langsung melakukan konfirmasi ke aparat desa bahwa belum didata sebagai penerima bantuan oleh RT/RW.
  2. Jika calon penerima memenuhi syarat, tapi tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), tetap bisa mendapatkan bansos tanpa harus membuat KTP lebih dulu.
  3. Penerima harus berdomisili di desa tersebut dan menulis alamat lengkapnya.
  4. Apabila penerima sudah terdaftar dan datanya valid maka BST Kemensos Rp 300 ribu akan diberikan secara tunai melalui Kantor Pos.

Instagram resmi Kemensos @kemensosri memberitahukan mekanisme penyaluran bansos tunai tetap sama, yakni melalui kantor pos dan himpunan bank negara (himbara).

Baca Juga: Menpan RB Minta ASN Terlibat Aktif dalam Penanganan Covid-19

Masyarakat pun bisa mengecek penerima bansos tunai melalui laman https://cekbansos.kemensos.go.id/.

Berikut langkah untuk mengecek nama penerima BST kemensos: silakan menuju https://cekbansos.kemensos.go.id.

Masukkan data provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan Masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP masukkan dua kata yang tertera dalam kotak kode Jika tidak jelas huruf kode klik gambar refresh untuk mendapatkan kode baru Lalu klik tombol pencari data. (*)

  • Bagikan