Penjelasan Mitos Air Kelapa Hilangkan Efek Vaksin

  • Bagikan
Penjelasan Mitos Air Kelapa Hilangkan Efek Vaksin
Penjelasan Mitos Air Kelapa Hilangkan Efek Vaksin

Jakarta, CakrawalaSulsel – Saat ini, Vaksinasi tengah dijalankan oleh pemerintah untuk terus menekan lajunya penyebaran virus corona atau covid-19. Sehingga untuk mengikuti vaksinasi tersebut, beberapa orang percaya bahwa minum air kelapa dapat membantu menghilangkan efek vaksin.

Namun, anggapan itu tak benar adanya. Berikut penjelasan mitos air kelapa hilangkan efek vaksin.

Vaksin jadi salah satu senjata untuk melawan ancaman Covid-19. Vaksin setidaknya membuat seseorang terhindar dari ancaman gejala berat infeksi virus SARS-CoV-2.

Baca Juga: Kemenag Segera Revisi Edaran Idul Adha Sesuai Kebijakan PPKM

Namun, seiring maraknya vaksinasi, bermunculan sejumlah informasi yang salah kaprah. Salah satunya soal air kelapa, yang dipercaya dapat menghilangkan efek vaksin.

Benarkah demikian? Jawabannya, tidak. Ahli gizi FKUI, Saptawati Bardosono mengatakan bahwa air kelapa untuk menghilangkan efek vaksin hanyalah mitos.

“Wah, itu mitos yang tidak benar sekali,” kata Saptawati, pada CNNIndonesia.com, Senin (5/7).

Dia menjelaskan, air kelapa banyak mengandung elektrolit yang berguna untuk mendukung keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh. Sementara itu, vaksin mengandung senyawa yang dapat memicu terbentuknya antibodi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca Juga: Manfaatkan Energi Hijau, PLTA Malea Perkuat Listrik Sulawesi Selatan

Keduanya, lanjut Saptawati, sama-sama mendukung kesehatan tubuh, bukan saling menghilangkan efek. Air kelapa hilangkan efek vaksin hanyalah mitos.

Saptawati justru menyarankan masyarakat untuk minum air kelapa selama masa pandemi seperti saat ini. “Untuk menjaga hidrasi tubuh,” imbuhnya.

Mengutip Healthline, air kelapa sendiri mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin C, kalsium, magnesium, dan potasium. Kesemuanya merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tetap sehat.

Selain hidrasi, minum air kelapa juga membantu menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah. Minuman ini juga bisa jadi pilihan tepat untuk diminum setelah berolahraga.

Mengutip Medical News Today, air kelapa mampu menjalankan fungsi layaknya minuman olahraga dalam kemasan. Air kelapa membantu tubuh tetap terhidrasi dan menggantikan cairan tubuh dengan cepat.

Karena rendah kalori, air kelapa termasuk pilihan sehat untuk menggantikan minuman lain yang tinggi kalori seperti soda atau jus kemasan. Kandungan antioksidannya yang tinggi akan membantu tubuh menetralisir stres oksidatif.

Air kelapa tersedia dalam berbagai resep. Namun, sebaiknya minumlah air kelapa murni yang tanpa melalui proses pengolahan untuk mendapatkan nutrisi maksimal dan lupakan mitos air kelapa hilangkan efek vaksin.

(cs)

  • Bagikan