Apa Itu Affiliate marketing? Ini Cara Kerja dan Keuntungannya

  • Bagikan
Apa Itu Affiliate marketing? Ini Cara Kerja dan Keuntungannya
Apa Itu Affiliate marketing? Ini Cara Kerja dan Keuntungannya (Dok: Niagahoster)

Affiliate marketing merupakan sistem bisnis dengan membayar jasa seseorang ketika orang tersebut berhasil menjual produk atau jasa seorang merchant atau perusahaan yang mempunyai produk atau jasa dengan cara pemasaran secara online melalui Internet.

Anda hanya diwajibkan mendaftar tanpa perlu membeli atau memiliki produk atau jasa yang kan kita tawarkan.

Bagaimana Cara Kerja Affiliate Marketing?

Cara kerjanya cukup mudah Anda cukup daftar Program Afiliasi. Anda mendaftar program afiliasi dari perusahaan tertentu.Secara umumnya Anda memasarkan produk dari vendor ke customer.

Pekerjaan ini hanya dilakukan melalui via internet dengan memasarkan produk-produk yang langsung berasal dari perusahaan.

Anda memiliki tugas untuk mempromosikan produk dari perusahaan tersebut di blog dan media sosial Anda. Dan jika ada penjualan terjadi maka Anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan kesepakatan awal.

Cara Kerja Bisnis Affiliate Marketing

Bagi anda yang berminat ingin menjadi seorang afiliater maka anda diwajibkan untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu ke suatu perusahan web afiliasi kemudian nantinya anda akan mendapatkan sebuat link afiliasi untuk anda gunakan.

Link yang sudah diberikan tersebut harus anda promosikan kesemua sosial media yang anda puny untuk nantinya apabila ada yang mengklik link yang anda promosikan tersebut. Kemudian ketika anda berminat untuk melakukan pembelian maka anda akan mendapatkan komisi sesuai dari produk yang dibeli tersebut. Dengan begitu sangat mempengaruhi jumlah komisi anda juga sesuai dari pembelian tersebut.

Untuk bisa memaksimalkan keuntungan yang anda dapatkan disarankan untuk menjual produk yang sesuai dengan minat anda sehingga akan lebih memudahkan anda untuk melakukan promosi produk tersebut karena sesuai dengan apa yang lebih anda pahami.

Apa Keuntungan dari Affiliate Marketing?

Tidak Memiliki Biaya Produksi, dengan tingginya biaya untuk memproduksi suatu produk memungkinkan bagi Anda para pemula usaha merasa berat jika harus mengeluarkan kocek yang dapat dikatakan tidak sedikit untuk membuat suatu produk.

Selain itu, Affiliate Marketing memiliki kelebihan lainnya diantaranya:

1. Tanpa Mengeluarkan Biaya

Bergabung di program affiliate marketing ini, Anda tidak perlu mengeluarkan modal sepersenpun. Jadi ini pastinya akan sangat berguna untuk Anda yang ingin memulai usaha tapi tidak memiliki cukup modal.

2. Mendapatkan Uang dengan Mudah

Menghasilkan uang dengan metode Affiliate Marketing ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyebar link atau iklan yang mengarah ke website pemilik produk.

Semakin banyak pengunjung yang tertarik dengan mengklik link tersebut. Maka semakin banyak kemungkinan Anda akan mendapatkan uang.

3. Penghasilan Pasif

Dengan program affiliate ini, jika Anda sudah sekali melakukan promosi. Biasanya akan ada kemungkinan orang akan tertarik seminggu atau beberapa bulan ke depan. Jadi, bisa dikatakan walaupun Anda tidak promosi lagi, ada kemungkinan uang Anda akan tetap masuk.

4. Keuntungan Jangka Panjang

Jangka panjang dalam hal ini terjadi berulang-ulang. Kenapa demikian? Karena ketika anda memasang iklan pada suatu website tertentu atau media sosial anda maka para calon konsumen akan bisa mengklik iklan tersebut kapan dan dimana saja. Dengan begitu, jika hal tersebut terjadi berulang kali dalam jangka yang panjang maka keuntungan juga akan terus masuk kerekening anda berulang kali.

Itulah penjelasan mengenai bisnis afiliasi, Affiliate Marketing sangat cocok bagi anda yan tidak memiliki modal namun ingin menjalankan bisnis. Apalagi bisnis ini bisa nada pasarkan di media social yang jangkauan pasarnya lebih luas.

  • Bagikan