Tiktok Perpanjang Durasi Video Maksimal Menjadi 3 Menit, Naik dari 60 Detik

  • Bagikan
Tiktok Perpanjang Durasi Video Maksimal Menjadi 3 Menit, Naik dari 60 Detik
Tiktok Perpanjang Durasi Video Maksimal Menjadi 3 Menit, Naik dari 60 Detik

CakrawalaSulsel – Tiktok memperpanjang durasi videonya yang lebih panjang. Perusahaan mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan opsi untuk membuat video berdurasi hingga 3 menit setelah pertama kali menguji perubahan dengan lebih banyak pembuat selama beberapa bulan terakhir.

Sebelumnya, video TikTok bisa berdurasi hingga 60 detik, setelah awalnya berkembang dari klip 15 detik. Format video 60 detik ini telah disalin oleh pesaing TikTok yang lebih baru, seperti Snapchat Spotlight dan YouTube Shorts.

Menurut TikTok, perusahaan memutuskan untuk memperluas durasi video maksimumnya berdasarkan umpan balik yang didengar dari komunitas pembuatnya. Untuk beberapa jenis konten, pembuat konten menginginkan lebih banyak waktu dan fleksibilitas saat merekam, seperti saat mereka merekam demo memasak, tutorial kecantikan, konten pendidikan, dan sketsa komedi, misalnya.

Baca Juga: Platform Buletin di Facebook Sekarang Aktif, Penulis Bisa Dapat Uang

“Dengan video yang lebih panjang, pembuat konten akan memiliki kanvas untuk membuat jenis konten baru atau yang diperluas di TikTok, dengan fleksibilitas lebih banyak ruang,” jelas Manajer Produk TikTok Drew Kirchhoff, dalam pengumumannya, Kamis (1/7/21).

Sebelum ekspansi menjadi 3 menit, banyak pembuat konten telah mengatasi keterbatasan TikTok dengan mendorong pemirsa untuk “menyukai dan mengikuti” mereka untuk bagian 2 atau 3, atau 4 dari seri video mereka. Itu mungkin berhasil untuk mendapatkan beberapa pengikut tambahan, tetapi menjadi frustasi bagi pemirsa yang tidak ingin menelusuri video lain pembuat hanya untuk menemukan sisa konten video yang awalnya mereka minati.

Itu juga memperjelas berapa banyak pembuat TikTok yang harus menemukan solusi untuk batasan buatan yang tidak perlu ada.

Perubahan durasi video ini dapat membuat TikTok menjadi lebih menjadi pesaing YouTube, yang telah cukup mengkhawatirkan pertumbuhan TikTok untuk meluncurkan saingan TikToknya sendiri secara langsung di aplikasinya sendiri, YouTube Shorts.

Tetapi TikTok memahami keunggulan platformnya bukanlah seberapa pendek videonya, ini adalah kombinasi fitur yang ditawarkannya, termasuk perpustakaan efek khusus yang luas, alat AR, katalog musik, dan dialog yang dibuat di antara pembuat konten melalui alat khusus seperti jahitan. dan duet.

Baca Juga: Shopify Turunkan Komisi App Store-nya 0% pada Pendapatan Jutaan Pertama Pengembang

Saingan lain juga memperhatikan ancaman TikTok.

Baru kemarin, Kepala Instagram Adam Mosseri mengatakan aplikasi milik Facebook yang secara historis terkait dengan berbagi foto akan segera mulai bereksperimen dengan membuat video pendek yang menghibur menjadi bagian yang lebih sentral dari pengalaman Instagram. Dia berjanji Instagram akan menguji dengan cara-cara baru untuk merangkul video dengan lebih baik, termasuk “video layar penuh, imersif, menghibur, mobile-first.”

“Jujur saja, ada persaingan yang sangat serius saat ini. TikTok sangat besar. YouTube bahkan lebih besar,” katanya.

TikTok pertama kali memulai pengujian video berdurasi 3 menit akhir tahun lalu. Perusahaan mengatakan opsi untuk merekam video yang lebih panjang akan diluncurkan ke pengguna global selama beberapa minggu ke depan. Pengguna akan diberi tahu saat mereka menerima pembaruan.

(cs)

  • Bagikan