Spotify Bakal Hadirkan Konser Live Berbasis Online di Platformnya

  • Bagikan
Spotify Bakal Hadirkan Konser Live Berbasis Online di Platformnya
Spotify Bakal Hadirkan Konser Live Berbasis Online di Platformnya

Jakarta, CakrawalaSulsel – Spotify tengah merencanakan ekspansi pasar di industri musik demi memperoleh keuntungan yang signifikan.

Melansir dari The Information, Spotify tengah melakukan eksplorasi untuk menghadirkan konser live berbasis online di platformnya.

Rencananya, penyelenggaraan konser live di Spotify bertujuan untuk menghindari persaingan harga dengan rival terberatnya Apple Music dan membuka peluang bisnis jangka panjang yang baru.

Selama 2 bulan terakhir, Spotify telah beberapa kali mencoba konser virtual berbayar dalam aplikasi.

Baca Juga: Shopify Turunkan Komisi App Store-nya 0% pada Pendapatan Jutaan Pertama Pengembang

Tercatat, Spotify pernah menyelenggarakan konser virtual mini di bulan Juni dengan harga tiket 15 US Dollar atau sekitar Rp 218 ribu.

Laporan dari The Information juga mengatakan bahwa Spotify sedang mencoba untuk terus menjual tiket pada acara potensial demi mendapatkan sumber penghasilan baru untuk platformnya.

Hal tersebut semata-mata dilakukan untuk mendapatkan margin keuntungan yang lebih besar bagi perusahaan.

Baca Juga: Tiktok Perpanjang Durasi Video Maksimal Menjadi 3 Menit, Naik dari 60 Detik

Spotify dilaporkan akan menggunakan database besar platformnya untuk membantu artis dalam merencanakan dan menyelenggarakan konser live di platformnya.

Spotify menganggap bahwa perintisan konser live merupakan bisnis jangka panjang bagi perusahaan.

Selain menjanjikan bisnis jangka panjang, kehadiran konser live dan konser virtual di Spotify akan mendekatkan hubungan artis dan perusahaan.

Kedekatan hubungan dengan artis akan memberikan nilai positif bagi Spotify dan membedakannya dengan platform Apple Music.

Baca Juga: Platform Buletin di Facebook Sekarang Aktif, Penulis Bisa Dapat Uang

Spotify nampaknya mencoba menyusupi ruang-ruang industri musik yang masih belum disentuh oleh rival terberatnya, Apple Music.

Apple Music sendiri belum memiliki konser virtual dan live di platformnya.

Apple Music hanya mempuyai acara konser gratis di Apple Stores dan konsepnya masih berbeda dengan konser live dan konser virtual Spotify.

Sayangnya, belum ada keterangan pasti tentang peluncuran program konser live di Spotify.

Meski begitu, nampaknya konser live di platform Spotify ini akan memanfaatkan momentum pandemi yang membatasi mobilitas masyarakat dan artis.

(cs)

  • Bagikan