Platform Buletin di Facebook Sekarang Aktif, Penulis Bisa Dapat Uang

  • Bagikan
Platform Buletin di Facebook Sekarang Aktif, Penulis Bisa Dapat Uang
Platform Buletin di Facebook Sekarang Aktif, Penulis Bisa Dapat Uang

CakrawalaSulsel – Hal baru yang keren di Facebook adalah Mark Zuckerberg menjatuhkan berita produk di ruang audio langsung. Hari ini, Zuckerberg turun ke pesaing Clubhouse mereknya untuk mengumumkan hal baru berikutnya, Buletin, platform buletin.

Buletin dibangun di atas platform terpisah dari Facebook di situs webnya, FAQ menyatakan bahwa ini adalah untuk memungkinkan pembuat konten untuk menumbuhkan audiens mereka dengan cara yang tidak secara eksklusif bergantung pada platform Facebook.

“Anda tidak memerlukan akun Facebook untuk berlangganan buletin, tetapi Buletin bergantung pada infrastruktur Facebook, termasuk penggunaan Facebook Pay untuk membeli langganan premium dan bergabung dengan grup khusus pelanggan dan ruang audio langsung,” jelasnya seperti dikutip, techcrunch, Rabu (30/6/21).

Pesaing seperti Substack mengambil pendekatan “lepas tangan” untuk moderasi konten, memungkinkan siapa pun untuk memulai buletin. Tetapi setiap penulis yang saat ini ada di Buletin Facebook dipilih untuk berkontribusi.

Baca juga: Promo HP OPPO di Shopee Super Brand Day, Ada Diskon dan Cashback

Namun, Substack telah mendapat sorotan karena mensubsidi retorika anti-trans melalui program Substack Pro yang kontroversial, yang menugaskan penulis tertentu untuk menulis di Substack. Jadi, Buletin tidak akan kebal terhadap masalah yang mengganggu Substack meskipun modelnya sangat dikuratori.

Daftar awal penulis di Buletin termasuk Malcom Gladwell, Mitch Albom, Erin Andrews dan Tan France, FAQ juga mencatat bahwa program beta-nya berpusat di AS, dengan hanya dua penulis internasional saat ini

“Kami akan berupaya memasukkan lebih banyak penulis internasional pembuat konten setelah peluncuran program beta kami,” kata Bulletin.

Facebook membayar penulisnya di muka atas kontribusi mereka, dan sejauh ini, tidak berencana untuk memotong keuntungan mereka. Jika penulis memilih untuk keluar dari platform, mereka akan memiliki kemampuan untuk membawa serta daftar pelanggan mereka.

  • Bagikan