Ini Doa Rasulullah Setelah Sholat Dhuha yang Perlu Diketahui

  • Bagikan
Ini Doa Rasulullah Setelah Sholat Dhuha yang Perlu Diketahui
Ini Doa Rasulullah Setelah Sholat Dhuha yang Perlu Diketahui

CakrawalaSulsel – Sholat dhuha merupakan sholat sunah yang dilakukan ketika matahari mulai naik dari ufuk timur hingga menjelang zuhur di tengah hari. sholat dhuha juga identik dengan urrusan rezeki.

Umat Islam biasanya berdoa setelah sholat dhuha untuk memohon kelapangan rezeki. Namun tahukah anda jika ternyata Rasulullah SAW tidak pernah berdoa untuk meminta kaya dalam sholat dhuhanya. Doa yang diucapkan Nabi Muhammad Saw justru tidak berkaitan dengan meminta rezeki.

Lantas apa yang doa Rasulullah saat usai melakukan sholat dhuha? berikut ulasannya:

Doa Setelah Sholat Dhuha

Kelapangan rezeki menjadi salah satu penyebab ketentraman hidup. Selain bekerja keras, sholat dhuha menjadi salah satu tempat memohon doa kepada Allah untuk meminta kelapangan rezeki.

Namun, doa seperti itu, malah tidak diucapkan oleh Rasulullah Saw.
Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam selesai sholat dhuha, beliau mengucapkan:

“ALLOHUMMAGHFIR-LII WA TUB ‘ALAYYA, INNAKA ANTAT TAWWABUR ROHIIM”

Artinya:
Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang) sampai beliau membacanya seratus kali,” (HR. Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad, no. 619. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini sanadnya shahih).

Nabi Muhammad SAW justru berdoa agar Allah Swt mengampuninya serta menerima taubat yang telah dilakukan.

Terkait datangnya rezeki, setiap hamba pada dasarnya sudah ditetapkan rezekinya masing-masing, hanya saja ada yang masing tertahan oleh perbuatan dosa. Dalam hadist dikatakan:

“sesungguhnya seorang manusia kerap terhalang dari rezeki disebabkan dosa yang dilakukan” (HR. Ibnu Majah)

Memohon ampun kepada Allah salah satu cara untuk membuka kelapangan rezeki. Doa ini juga tidak terbatas dibaca selesai sholat dhuha. Dengan momohon ampunan kepada Allah Swt semoga kita selalu dalam kelapangan rezeki.

  • Bagikan