7 Tanda Gejala Awal Gagal Jantung yang Perlu Anda Ketahui

  • Bagikan
7 Tanda Gejala Awal Gagal Jantung yang Perlu Anda Ketahui
7 Tanda Gejala Awal Gagal Jantung yang Perlu Anda Ketahui

CakrawalaSulsel – Sebagian besar gejala awal gagal jantung juga terkait dengan kondisi lain. Namun, bagaimana jika Anda memiliki gejala yang berulang atau terus-menerus. Gejala awal gagal jantung bisa menjadi peristiwa serius seperti serangan jantung atau stroke.

Tanda pertama gagal jantung seringkali bisa menjadi peristiwa darurat, seperti serangan jantung. Namun ada beberapa tanda dan gejala yang bisa muncul lebih awal yang bisa Anda waspadai.

Mari kita simak penjelasan tentang mengapa gejala tersebut dapat disebabkan oleh gagal jantung. Apa saja gejala awal yang umum dari gagal jantung.

Gejala awal umum gagal jantung meliputi:

1. Sesak napas

Banyak faktor umum yang menjadikan kita sesak napas, terutama saat melakukan aktivitas. Namun lebih menjadi perhatian ketika tidak ada penyebab yang jelas, terjadi dengan sedikit tenaga, atau terjadi saat Anda sedang istirahat.

Gagal jantung menyebabkan sesak napas karena jantung Anda tidak dapat mengikuti suplai darah yang masuk dari paru-paru. Ini menyebabkannya kembali ke pembuluh darah ke paru-paru, yang dapat menyebabkan masalah pernapasan. Ini lebih sering terjadi ketika jantung berdetak kencang dan memiliki lebih sedikit waktu untuk bersantai.

2. Kelelahan

Kelelahan dalam waktu yang lama, terkadang itu disebabkan oleh hal-hal seperti alergi atau pilek, yang bisa sembuh dengan cepat. Tapi kelelahan juga bisa disebabkan oleh kondisi kronis seperti gagal jantung.

Kelelahan terjadi pada gagal jantung karena ada lebih sedikit darah kaya oksigen yang sampai ke organ Anda untuk memenuhi permintaan. Ini berarti jantung bekerja lebih keras untuk mengedarkan darah Anda.

3. Pembengkakan dan naiknya berat badan

Pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, dan perut Anda adalah semua area tubuh yang bisa membengkak. Pembengkakan mungkin terjadi setelah berolahraga atau pada hari yang sangat panas. Ketika pembengkakan terjadi, itu disebut edema .

Edema terjadi pada gagal jantung karena ginjal Anda tidak dapat menyaring natrium dengan baik. Jantung Anda kemudian melepaskan bahan kimia yang menyebabkan tubuh menahan cairan dan berat badan Anda bertambah secara dengan cepat.

4. Batuk kering

Batuk yang Anda alami dengan gagal jantung akan sangat berbeda dengan batuk yang disebabkan oleh alergi, pilek, atau flu. Ketika batuk disebabkan oleh gagal jantung, Anda mungkin mengalami batuk kering yang berkepanjangan.

Anda bahkan mungkin mulai batuk dengan lendir berwarna merah muda dan berbusa. Gagal jantung dapat menyebabkan batuk kronis karena cairan telah menumpuk di paru-paru Anda.

5. Sulit tidur

Insomnia akut dapat disebabkan oleh banyak faktor umum. Jika Anda mengalami kesulitan tidur selama minimal 3 hari per minggu selama minimal 1 bulan, mungkin ada alasan yang lebih besar.

Saat Anda mengalami kesulitan tidur karena gagal jantung, Anda mungkin juga merasa tidak nyaman berbaring telentang.

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa berbaring telentang, menghadap ke atas dikaitkan dengan oksigenasi darah yang lebih buruk, mekanisme pernapasan, dan pergerakan darah jika dibandingkan dengan duduk.

6. Kehilangan nafsu makan

Anda mungkin tidak merasa sangat lapar saat mengalami gagal jantung. Anda mungkin juga merasa mual lebih sering dari biasanya.

Gagal jantung dapat menyebabkan gejala-gejala ini karena alasan yang sama dapat menyebabkan kelelahan. Ini bisa disebabkan oleh “aliran maju yang buruk” atau kemacetan organ dengan cairan ekstra.

7. Palpitasi jantung

Dengan jantung berdebar-debar , Anda mungkin merasa jantung Anda berdegup kencang, berdebar, berdebar-debar, atau melompat-lompat. Saat Anda merasakan denyut nadi Anda sendiri di leher atau pergelangan tangan, itu akan terasa jauh lebih cepat dari biasanya.

Ini terjadi dengan gagal jantung karena jantung Anda tidak mendapatkan darah sebanyak yang dibutuhkan. Jantung Anda melemah tanpa cukup darah, menyebabkannya berdetak lebih cepat.

(sc)

  • Bagikan