Segera Copot! Data Bisa Hilang di Harddisk WD My Book Live

  • Bagikan
Data Bisa Hilang di Harddisk WD My Book Live
Data Bisa Hilang di Harddisk WD My Book Live

CakrawalaSulsel – Beredar kabar mengejutkan dari pengguna harddisk WD My Book Live lantaran hilangnya semua data yang mereka simpan.

Hilangnya data pengguna tersebut, itu disebabkan oleh virus malware yang merupakan dalang dari hilangnya data di tiap harddisk WD My Book Live. Olehnya, bagi pengguna WD My Book Live dianjurkan untuk segera mencopot harddisk ini.

WD My Book Live merupakan produk milik Western Digital.

Perusahaan ini memang terkenal menghadirkan banyak jenis harddisk atau hard drive populer, dan My Book Live salah satunya.

Baca Juga: Cek Harga Samsung Galaxy A22 5G yang Resmi Dijual di Indonesia

Kejadian ini berawal dari ARS Technica yang melaporkan di halaman dukungan WD.

Dari halaman tersebut pengguna mulai menemukan data yang mereka simpan di harddisk terhapus secara misterius.

Serta pengguna mengalami hal lain, kalian bisa cek ke halaman selanjutnya.

Selain data yang hilang sendiri, pengguna menemukan harddisk melakukan proses setel ulang pabrik tanpa tindakan yang diambil oleh pengguna itu sendiri.

Dari kejadian tersebut Western Digital telah menanggapi bahwa kejadian ini dikarenakan perangkat lunak berbahaya atau malware.

“Dalam beberapa kasus, kompromi ini menyebabkan reset pabrik yang tampaknya menghapus semua data pada perangkat,” ungkap perusahaan dalam laman komunitasnya (25/6).

Western Digital menjelaskan perangkat My Book Live menerima pembaruan firmware terakhir pada tahun 2015.

Terkait kejadian yang menimpa penggunanya, Western Digital menyarankan pengguna memutuskan koneksi harddisk WD My Book Live dengan internet untuk melindungi data dari perangkat.

“Kami sedang menyelidiki secara aktif dan kami akan memberikan pembaruan ke utas ini ketika tersedia,” terang perusahaan.

Baca Juga: Telegram Tambahkan Panggilan Video Grup ke Aplikasi Seluler dan Desktop

Kejadian ini cukup berbahaya, apalagi perangkat harddisk WD My Book Live termasuk populer karena harganya yang terjangkau.

Western Digital yang menyarankan pengguna untuk segera mencopot perangkat karena WD My Book Live berbeda dari harddisk lainnya.

Biasanya perangkat penyimpanan harddisk terhubung ke komputer melalui kabel USB.

Tetapi dalam kasus seri My Book Live, perangkat ini menggunakan kabel ethernet untuk terhubung ke jaringan lokal di mana pengguna kemudian dapat mengakses file mereka dari jarak jauh dan membuat perubahan konfigurasi menggunakan infrastruktur cloud Western Digital.

Mari kita tunggu hingga perusahaan bisa memberikan kabar baik kepada pengguna harddisk WD My Book Live.

(sc)

  • Bagikan