Google Uji Fitur Baru, Peringatkan Pengguna saat Hasil Pencarian Tidak Memiliki Jawaban

  • Bagikan
Google Uji Fitur Baru, Peringatkan Pengguna saat Hasil Pencarian Tidak Memiliki Jawaban
Google Uji Fitur Baru, Peringatkan Pengguna saat Hasil Pencarian Tidak Memiliki Jawaban

CakrawalaSulsel – Raksasa mesin pencari Google mengambil langkah-langkah untuk lebih melindungi pengguna mesin pencari dari memanfaatkan hasil pencarian yang mungkin tidak dapat diandalkan atau secara inheren salah.

Di era berita palsu, perusahaan baru-baru ini memulai mekanisme pengecekan fakta untuk memastikan keaslian hasil pencarian. Pengecekan fakta akan semakin meningkatkan kualitas informasi yang diakses melalui mesin pencari.

Namun, mekanisme pengecekan fakta tidak efektif ketika dibanjiri berita terkini, sehingga sulit untuk memeriksa fakta dan menentukan mana yang asli. Dalam skenario seperti itu ketika Google tidak dapat menjamin keaslian item pencarian, telah dilaporkan bahwa Google selanjutnya akan memperingatkan pengguna.

Penjelasan kemudian akan mengikuti peringatan, yang menyatakan bahwa topik yang Anda cari adalah baru. Sebuah indikasi disediakan bahwa algoritma pengecekan fakta membutuhkan waktu untuk membangun keandalan sumber.

Baca Juga: Segera Copot! Data Bisa Hilang di Harddisk WD My Book Live

Seperti platform media sosial Facebook dan  Twitter , Google menempatkan mekanisme dalam bentuk algoritma pembelajaran mendalam untuk mengekang penyebaran berita palsu di bawah platformnya. Selain itu, banyak platform media sosial semakin berusaha mencegah platform mereka digunakan sebagai jalan untuk menyebarkan berita palsu dan terkadang menghasut.

Untuk contoh di mana tidak dapat dengan cepat memeriksa fakta hasil pencarian, pengguna akan diminta bahwa hasil pencarian yang mereka lihat berkembang pesat. Google telah mengkonfirmasi itu memulai pengujian hanya seminggu yang lalu.

Pesan saat ini muncul di sangat sedikit pencarian, terutama tentang mengembangkan cerita dan topik yang sedang tren.

Baca Juga: Cek Harga Samsung Galaxy A22 5G yang Resmi Dijual di Indonesia

Google adalah perusahaan mesin pencari terbesar di dunia dan berharap peluncuran fitur baru ini akan semakin memperkuat prospek perusahaan. Perusahaan terus meningkatkan kualitas pencariannya dengan advokasi literasi pencariannya.

Itu juga baru-baru ini menambahkan tombol Tentang yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pencarian.

(cs)

  • Bagikan