Mandi Air Panas atau Mandi Air Dingin, Mana yang Lebih Baik?

  • Bagikan
mandi air panas atau mandi air dingin
Mandi Air Panas atau Mandi Air Dingin, Mana yang Lebih Baik?

CakrawalaSulsel – Mandi tentunya menjadi rutinitas dalam hidup kita. Namun, bagaimana mandi air panas atau mandi air dingin?

Bagaimana Anda memutuskan untuk memilih mandi dengan air panas atau mandi air dingin yang baik untuk kesehatan Anda. Mandi air panas atau mandi air dingin tentu keduanya memiliki manfaat masing-masing.

Namun Anda perlu mempertimbangkan sebelum memutuskan untuk memperhatikan faktor-faktor seperti berdasarkan usia, berdasarkan tipe tubuh, berdasarkan penyakit, berdasarkan kebiasaan anda, berdasarkan waktu Anda Mandi.

Baca Juga: Cara yang Benar Mandi Wajib untuk Wanita Setelah Haid

Mari kita lihat manfaat mandi air dingin dan air panas di sini:

Manfaat Mandi Air Dingin

  1. Mandi air dingin cenderung merangsang ujung saraf dan memberi Anda awal yang baik di pagi hari. Hal ini juga membantu dalam menyingkirkan kemalasan.
  2. Mandi air dingin meningkatkan pelepasan bahan kimia yang mengalahkan depresi seperti beta-endorfin, dan dengan demikian membantu Anda mengobati depresi.
  3. Penelitian telah menunjukkan bahwa mandi air dingin meningkatkan kesehatan reproduksi pada pria dengan merangsang pelepasan testosteron.
  4. Ini juga membantu dalam meningkatkan fungsi paru-paru.
  5. Mandi air dingin merangsang sistem limfatik dan kekebalan tubuh, sehingga meningkatkan produksi sel yang melawan infeksi.

Manfaat Mandi Air Panas

  1. Seperti yang kita semua tahu, suhu yang lebih hangat cenderung membunuh kuman lebih banyak. Oleh karena itu, mandi dengan air panas membersihkan tubuh.
  2. Studi menunjukkan bahwa mandi air panas meningkatkan kelenturan otot dan juga membantu mengendurkan otot yang sakit.
  3. Mandi air panas mengurangi kadar gula dalam tubuh, membuat tubuh Anda kurang rentan terhadap diabetes.
  4. Ini juga bermanfaat untuk mengobati batuk dan pilek karena uapnya membantu membersihkan saluran udara dan melegakan tenggorokan dan hidung Anda.

Lantas bagaimana cara nemilih antara mandi mandi Air panas atau mandi air dingin?

Baca Juga: 3 Tanaman Herbal Obat Penyakit Sifilis yang Bisa Anda Buat di Rumah

Melansir dari, stylecraze.com, Anda disarankan untuk menggunakan air panas untuk bagian tubuh. Sedangkan bagian kepala Anda disarankan menggunakan air dingin, karena mencuci mata dan rambut dengan air panas tidak baik untuk kesehatan Anda.

1. Berdasarkan Usia

  • Untuk anak-anak, disarankan untuk mandi dengan air dingin.
  • Untuk orang tua dan anak muda, disarankan untuk mandi dengan air panas.
  • Tetapi jika Anda seorang pelajar dan berdedikasi untuk menghabiskan lebih banyak untuk studi, mandi dengan air dingin akan bermanfaat bagi Anda.

2. Berdasarkan Tipe Tubuh

  • Jika tipe tubuh Anda adalah Pitta, lebih baik menggunakan air dingin untuk mandi
  • Jika tipe tubuh Anda Kapha atau Vata, gunakan air panas.

3. Berdasarkan Penyakit

  • Jika Anda menderita penyakit terkait Pitta, seperti gangguan pencernaan atau gangguan hati, mandi air dingin akan sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda.
  • Dan jika Anda menderita gangguan terkait Kapha atau Vata, maka mandi air panas lebih disukai.
  • Jika Anda seorang pasien epilepsi, mandi air panas dan air dingin tidak dianjurkan. Sebaliknya, mandi dengan air hangat.

4. Berdasarkan Kebiasaan Anda

Jika Anda berolahraga secara teratur, disarankan untuk mandi air panas.

5. Berdasarkan Jam Berapa Anda Mandi

  • Jika Anda mandi di pagi hari, ada baiknya mandi dengan air dingin.
  • Tetapi jika Anda mandi di malam hari, mandi air panas akan membantu Anda merasa rileks. Karena waktu malam didominasi oleh Vata, mandi dengan air panas akan bermanfaat.

Perhatikan Cara Mandi untuk mendapatkan kesegaran, pengalaman mandi yang baik adalah suatu keharusan.

Baca Juga: Begini Cara Menghilangkan Nyeri Haid

Anda harus mengikuti prosesnya secara perlahan agar setiap bagian tubuh Anda terkena air dengan baik. Berikut cara mandi yang harus Anda lakukan:

  1. Mulailah dengan mencuci tangan dan kaki Anda.
  2. Jika Anda mandi dengan air dingin, pendekatan Anda harus dari ujung kepala sampai ujung kaki.
  3. Dan jika Anda mandi dengan air panas, mulailah dengan membasuh jari kaki terlebih dahulu lalu naik ke atas hingga ke kepala.
  4. Untuk sabun, hindari sabun yang mengandung bahan kimia yang tersedia di pasaran karena kulit menyerap semua bahan kimia dari sabun.
  5. Manjakan diri dengan pijatan minyak yang baik dengan minyak mustard atau minyak wijen sebelum mandi dikatakan bermanfaat bagi tubuh Anda. Ini merevitalisasi otot dan memperbaiki tekstur kulit.
  6. Meskipun Anda tidak boleh terburu-buru saat mandi, melakukannya terlalu lama juga tidak disarankan. Juga, untuk kebersihan yang lebih baik, mandi dua kali sehari sudah cukup.
  7. Anda dapat menambahkan beberapa daun nimba ke dalam air dan biarkan selama beberapa waktu. Kemudian, mandi dengan air ini. Ini akan meningkatkan kesehatan kulit Anda.

Ini semua tentang mandi dengan air panas atau mandi air dingin. Tentu Anda sekarang yakin dengan jawabannya tentang air mana yang harus dipilih untuk mandi.

  • Bagikan