Penerimaan Peserta Didik Baru Dibuka Hari Ini, Plt Gubernur Minta Sistem Berjalan Baik

  • Bagikan
Penerimaan Peserta Didik Baru Dibuka Hari Ini, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman Minta Sistem Berjalan Baik
Penerimaan Peserta Didik Baru Dibuka Hari Ini, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman Minta Sistem Berjalan Baik

Makassar, CakrawalaSulsel – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman meminta Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Periode 2021/2022 tetap memberikan kuota bagi siswa berprestasi dalam hal menghafal Al-Qur’an.

“Alhamdulillah, tahun ini kembali ada kuota untuk jalur prestasi, kalau perlu ditambahkan kuotanya. Seperti untuk prestasi olahraga, penghafal Al-Qur’an bisa memilih sekolah yang diinginkan. Ini mendorong siswa kita untuk terus berprestasi,” katanya dalam Coffee Morning, di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Senin (7/6/21).

Andi Sudirman mendorong adanya kuota pendaftaran PPDB SMA/SMK di Sulsel bagi penghafal Al-Qur’an. Olehnya itu, dirinya berharap peran perguruan tinggi juga ikut mendorong pembukaan jalur prestasi bagi penghafal Al-Qur’an.

Baca Juga: Pemprov Sulsel dan Bantaeng Raih Penghargaan Ketahanan Pangan Terbaik

Ia meminta Dinas Pendidikan agar pelaksanaan PPDB berjalan lancar dan tidak ada keluhan dari para orang tua murid.

“Kita ingin sistem PPDB ini berjalan baik, jangan sampai terjadi masalah, dipastikan tepat waktu dan tidak terjadi kegaduhan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Muhammad Jufri, mengungkapkan bahwa untuk kuota jalur prestasi sebanyak lima persen, ditambah sisa kuota jika ada yang tidak terpenuhi dari tiga jalur sebelumnya.

Baca Juga: Soal Temuan OPD Tekor di Lingkup Pemprov, Plt Gubernur Sulsel Akan Beri Sanksi

“Dalam rangka mengurangi kendala PPDB, Dinas Pendidikan Sulsel juga menggandeng beberapa OPD terkait seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Dinas Sosial,” tandasnya.

Untuk diketahui, Dinas Pendidikan Sulsel menjadwalkan PPDB akan mulai dibuka hari ini, 7 Juni 2021, pada jenjang SMA/SMK sederajat. Pendaftaran dibuka pertama kali untuk boarding school atau sekolah berasrama pada 7-13 Juni.

Dilanjutkan pada sekolah reguler SMA/SMK 14 Juni hingga 8 Juli dengan empat tahapan. Masing-masing yakni jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan orangtua/wali serta jalur prestasi. (*)

  • Bagikan