Inilah Kesempurnaan yang Wajib Dilakukan Sesuai Tuntunan Rasulullah Saw

  • Bagikan
Inilah Kesempurnaan yang Wajib Dilakukan Sesuai Tuntunan Rasulullah Saw
Inilah Kesempurnaan yang Wajib Dilakukan Sesuai Tuntunan Rasulullah Saw

CakrawalaSulsel – Setiap orang pasti menginginkan yang sempurna, atau setidaknya mendekati kesempurnaan. bagaimana caranya mencapai sempurna, sesuai dengan tuntunan Rasulullah?

Sesuai dengan Sabda Rasulullah yang hadisnya diriwayatkan oleh Bukhari.

“ada tiga perkara yang barangsiapa yang dapat mengumpulkan ketiga hal itu dalam, maka ia telah dapat mengumpulkan secara sempurna. Yaitu memperlakukan orang lain sebagaimana layaknya engkau diperlakukan oleh orang lain, Memberi salam terhadap setiap orang (yang engkau kenal maupun yang tidak kenal), dan mengeluarkan infak di jalan Allah meskipun hanya sedikit.”

Baca Juga: Kewajiban Istri Terhadap Suami dalam Alquran dan Hadits Rasulullah

Perlakukan orang lain sebagaimana halnya engkau suka diperlakukan oleh orang lain

Setiap orang pasti ingin diperlakukan dengan penuh hormat, lemah lembut, akrab, dan baik. Apapun kondisinya. Jika demikian, kami juga memperlakukan orang lain dengan penuh hormat, lembut dan akrab juga.

Suatu hal yang menjadi tantangan adalah apabila kita merasa lebih tinggi, lebih baik, atau lebih mulia daripada orang lain yang pendapatnya berbeda dengan kita. Wah. Tantangan sekali nih.

Atau kita sebaiknya terus berpikir, bahwa kelebihan yang kita miliki, dapat hilang seketika saat Allah menghendaki. Dengan demikian akan lebih mudah bagi kita untuk menjadi lebih rendah hati.

Memberi salam kepada setiap orang

Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial. Maka mendapat salam yang berarti kehadirannya diterima, apalagi salam yang berisi doa untuk keselamatan, pasti akan menyenangkan bagi orang yang salam. Bayi orang tersebut sudah kita kenal atau belum.

Baca Juga: Penyesalan Sultan Hamid II saat Ditegur Oleh Rasulullah Saw

Mengeluarkan infak di jalan Allah meskipun hanya sedikit

Mungkin ini adalah hal yang paling berat di masa pandemi covid-19. Di tengah-tengah situasi ketidakpastian berapa lama pandemi akan berakhir, atau akankah pendapatan kita masih dapat terus berjalan? inilah ujian yang paling nyata bagi kita.

Di satu sisi, kita akan bisa melihat bahwa ternyata masih lebih banyak lagi orang yang kurang beruntung dibandingkan dengan kita. Maka infaq tersebut pasti akan sangat bermanfaat bagi mereka.

Di sisi lain, dengan mengeluarkan infak meskipun hanya sedikit, kita mendidik alam bawah sadar kita, bahwa kondisi kita masih baik. Kondisi kita masih berkelimpahan. Hal ini tentu saja akan baik sekali bagi Anda bagi rohani kita.

source

  • Bagikan