Berantas Buta Aksara, Rutan Makassar Rutin Berikan Kelas Belajar

  • Bagikan
Berantas Buta Aksara, Rutan Makassar Rutin Berikan Kelas Belajar
Berantas Buta Aksara, Rutan Makassar Rutin Berikan Kelas Belajar

Makassar, CakrawalaSulsel – Sejak diresmikan beberapa hari lalu, tim pengajar yang merupakan Staf Sub Seksi Bantuan Hukum Penyuluhan (BHP) terus memberikan materi kepada peserta buta aksara sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Kepala Sub Seksi BHP Angga Satrya menyebutkan, salah satu alasan membuka kelas buta aksara di Rutan berangkat dari hasil investigasi lapangan yang menunjukkan masih banyak warga binaan yang tidak bisa baca tulis.

“Untuk itu, kami berharap bisa memberi dasar pendidikan bagi warga binaan, apalgi usia-usia mereka masih cukup produktif berkisar di rentang 20 sampai 40 tahun. Sehingga nanti selepas menjalani masa pidana setidaknya ilmu yang kami berikan bisa sedikit memberi manfaat dalam interaksi di masyarakat,” harap Angga, Jumat (4/6/21).

Baca Juga: Cegah DBD, Rutan Makassar Gandeng Dinkes Makassar Lakukan Fogging

Sementara salah satu Staf BHP, Fetty Fatimah mengungkapkan bahwa warga binaan sejak awal, sudah mulai termotivasi untuk mengikuti pembelajaran tersebut.

“Warga binaan disini sejak awal kita edukasi, alhamdulillah mulai termotivasi dan tidak malu mengakui bahwa mereka masih buta huruf. Dan itu menjadikan semangat juga bagi tim kami ketika mengajar mereka baca tulis” ungkapnya yang memberi materi di blok Emmy Saelan.

Baca Juga: Warga Binaan Rutan Makassar Ikuti Pelatihan Pembuatan Sabun Cair

Untuk tahap dasar, Lanjut Fetty, pemberian materi disesuaikan dengan kemampuan dan tingkat pendidikan peserta.

“Dari hasil pembelajaran hari ini, sebenarnya tidak terlalu sulit mentransfer ilmu karena kebanyakan warga binaan sudah punya dasar, hanya tinggal diperlancar lagi mengenai pengenalan huruf. Namun untuk penulisan kebanyakan memang masih agak kaku,” jelasnya. (*)

  • Bagikan