Predikat WTP, Kado Manis Jelang 100 Hari Kerja Bupati dan Wakil Bupati Mamuju

  • Bagikan
Predikat WTP, Kado Manis Jelang 100 Hari Kerja Bupati dan Wakil Bupati Mamuju

Mamuju, CakrawalaSulsel – Jelang 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mamuju, kini mendapat kado manis predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan hasil pengelolaan keuangan (LHP) tahun 2020 dari BPK RI perwakilan Sulawesi Barat.

Informasi tersebut diperoleh dalam acara penyerahan hasil LHP oleh BPK RI perwakilan Sulbar yang dilakukan secara virtual terhadap tiga kabupaten, yakni Kabupaten Mamuju, Majene dan Mamasa, Kamis (3/6/21).

Sebelum, Kepala BPK RI perwakilan Sulbar, Hery Ridwan, menyampaikan hasil penilaiannya. Ia mengatakan pemeriksaan atas LHP ditujukan untuk memberikan opini atas kewajaran penyajian pengelolaan keuangan, dengan memperhatikan beberapa kriteria.

“Yakni, Standar akutansi pemerintahan, kepatuhan terhadap perundang-undangan, kecukupan pengungkapan dan efektivitas atas pengendalian internal,” bebernya.

Baca Juga: Peletakan Batu Pertama RS Mitra, Sutinah: Kita Belum Pulih, Tapi Kita Tidak Menyerah

Pemeriksaan keuangan ini, kata Hery Ridwan, tidak untuk melakukan pengungkapan atas adanya penyimpangan dalam laporan keuangan. Namun jika ditemukan adanya penyimpangan dan atau pelanggaran terhadap ketentuan yang terindikasi dapat merugikan negara maka hal ini akan diungkapkan pada laporan hasil pemeriksaan masing-masing.

Sementara Bupati Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi mengaku, predikat WTP adalah hal yang prestisius dan mengindikasi pengelolaan keuangan daerah telah “on the track” atau telah pada jalur yang benar.

Olehnya ia tidak lupa menyampaikan terimakasih kepada BPK RI perwakilan Sulawesi Barat atas bimbingan dan arahan yang telah diberikan selama ini demi menciptakan pengelolaan keuangan yang akuntabel.

Baca Juga: Kunjungi Pengungsian Mamuju, Jokowi Pastikan Proses Evakuasi Terkelola dengan Baik

Dalam hal ini, Sutinah Suhardi juga mengapresiasi kinerja OPD teknis Pemkab Mamuju yang berkenaan dengan raihan tersebut, dan secara khusus menyampaikan pula terimakasih kepada pihak legislatif atas sinergi dalam melaksanakan pengawasan dan kemitraan bersama jajaran eksekutif.

“WTP yang kita raih berkat kerja keras dan keseriusan kita semua dalam melakukan pengelolaan keuangan yang baik, hasil ini ibarat “setitik embun di tengah gurun”, saat kita masih berupaya bangkit dari dampak bencana, kita menerima kado penilaian BPK RI dengan predikat tertinggi WTP,” tuturnya.

“Semoga ini menjadi awal yang baik, demi mewujudkan Mamuju keren, Mamuju yang maju dengan pengelolaan keuangan yang baik dan akuntabel” pungkas Sutinah Suhardi. (*)

  • Bagikan