3 Penyebab Nyeri Payudara Anda dan Cara Meredakannya

  • Bagikan
3 Penyebab Nyeri Payudara Anda dan Cara Meredakannya
3 Penyebab Nyeri Payudara Anda dan Cara Meredakannya

CakrawalaSulsel – Nyeri payudara sering terjadi pada wanita dari segala usia yang dapat menjadi sumber kecemasan. Ini juga dapat bervariasi dalam intensitas dan biasanya dirasakan sebagai nyeri tekan, terbakar, nyeri menusuk tajam, atau nyeri berat.

Nyeri payudara Ini dapat terjadi di kedua payudara. Satu di payudara dan di area ketiak.

Apa penyebab nyeri payudara yang terjadi pada Anda terdapat tiga kategori utama mastalgia. Ketahui penyebab dan cara meredakannya seperti dilansir dari patient.info.

Baca Juga: Kenali Penyebab Nyeri Payudara yang Terjadi Pada Wanita

1. Nyeri payudara siklis (terkait dengan siklus menstruasi)

Nyeri payudara siklis disebabkan oleh fluktuasi hormon selama siklus menstruasi yang membuat jaringan payudara lebih sensitif.

Ketidaknyamanan cenderung bilateral mempengaruhi kedua payudara dan biasanya terjadi selama seminggu atau lebih sebelum menstruasi. Seringkali rasa sakit disertai dengan perubahan termasuk benjolan dan area jaringan payudara yang menebal, dan perasaan bengkak, nyeri dan berat biasanya hilang setelah menstruasi.

Apa yang bisa membantu meredakan nyeri payudara siklis?

Pertama-tama, pastikan Anda memiliki bra yang benar-benar bagus dan pas, karena itu dapat membuat perbedaan besar. pereda nyeri seperti parasetamol dan ibuprofen dapat membantu.

2. Nyeri payudara non-siklik (penyebab ganda)

Nyeri payudara non-siklik dapat memengaruhi wanita kapan saja dalam hidup mereka dan nyeri dapat terus menerus atau terputus-putus. Ketidaknyamanan mungkin dirasakan di salah satu atau kedua payudara dan dapat digeneralisasikan atau khusus untuk satu area.

Penyebabnya dapat berupa operasi sebelumnya atau trauma pada payudara, kontrasepsi hormonal. Selain itu bisa juga saat pubertas, anak perempuan mengembangkan kuncup payudara yang mungkin terasa sakit. Beberapa ketidaknyamanan normal dan akan berlalu seiring waktu.

Apa yang bisa membantu meredakan nyeri payudara Non-siklis?

Stres dan kecemasan telah dikaitkan dengan nyeri payudara non-siklus, jadi mencari cara untuk melawan tingkat stres, seperti latihan mindfulness, yoga, dan olahraga, dapat membantu.

Baca Juga: 5 Cara Bermain dengan Payudara untuk Mendapatkan Orgasme saat Berhubungan Seks

3. Nyeri dinding dada

Nyeri dinding dada ini kadang terasa seolah-olah terletak di payudara, tetapi sebenarnya berasal dari tempat lain. Nyeri ini sering kali dipicu oleh infeksi pernapasan atau trauma di tempat lain yang dapat menyebabkan nyeri pada payudara, atau nyeri pada dinding dada.

Peradangan tulang rawan tulang rusuk dan tulang dada (sternum) juga dapat menyebabkan nyeri payudara yang dirujuk, terutama kondisi seperti chondritis dan sindrom Tietze.

Apa yang bisa membantu meredakan Nyeri dinding dada?

Perawatan untuk nyeri dinding dada akan tergantung pada apa yang menyebabkannya. Otot yang tertarik di dada kemungkinan besar akan membaik seiring berjalannya waktu dan dapat diobati dengan pereda nyeri yang dijual bebas, namun kondisi yang lebih serius memerlukan nasihat medis.

Baca Juga: Infeksi Menular Seksual yang Penting Anda Ketahui

Pentingnya memeriksa payudara Anda
Penting untuk memeriksa payudara Anda secara teratur dan mengembangkan kesadaran tentang seperti apa bentuk dan rasanya, sehingga Anda lebih dapat mendeteksi perubahan apa pun yang muncul.

  • Bagikan