Hari Lahir Pancasila, Imigrasi Parepare Lakukan Pelayanan Paspor dengan Pakaian Adat

  • Bagikan
Hari Lahir Pancasila, Imigrasi Parepare Lakukan Pelayanan Paspor dengan Pakaian Adat
Hari Lahir Pancasila, Imigrasi Parepare Lakukan Pelayanan Paspor dengan Pakaian Adat

Makassar, CakrawalaSulsel – Dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021, Kantor Imigrasi (Kanim) TPI Parepare melakukan kegiatan pelayanan paspor simpatik. Upacara ini dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo secara virtual, Selasa (01/6/21).

Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulsel Dodi Karnida mengatakan pada kegiatan upacara tersebut, hal unik juga dilakukan oleh Petugas keimigrasian Parepare dalam memberikan layanan paspor yang juga mengenakan pakaian adat.

“Ciri pelayanan paspor simpatik itu berupa pelayanan pada hari libur dan para pegawainya memakai pakaian adat nasional. Kemudian pada kesempatan tadi, Kanim Parepare menyediakan hadiah menarik bagi beberapa pemohon dari kuota sebanyak 30 pemohon paspor baru atau paspor penggantian,” kata Dodi.

Baca Juga: Awal Juni 2021, Imigrasi Parepare Bakal Terapkan Pelayanan Paspor Pola Jemput Bola

Dodi menyebutkan, menurut data dari Kanim Parepare, Pengeluaran paspor dari Januari sampai 31 Mei 2021 sebanyak 932 paspor dengan rincian 571 laki-laki dan 361 perempuan.

“Pemohon hari ini sebanyak 13 orang, yaitu 9 laki-laki dan 4 perempuan. Hadiah disediakan sebanyak 3 untuk 3 orang pemohon yang menjawab dengan benar pertanyaan seputar Pancasila dan Imigrasi,” ungkapnya.

Pada saat yang sama, Petugas Keimigrasian Parepare juga melakukan pemeriksaan 20 orang WN Filipina yang merupakan awak kapal pengangkut barang. Pemeriksaan ini dilakukan oleh 3 orang pegawai dengan melakukan pemeriksaan keimigrasian (immigration clearance) bagi 20 orang Warga Negara Filipina awak kapal MV. MEDI NORFOLK yang berlabuh di Pelabuhan Garongkong, Kab. Barru.

Baca Juga: Eazy Paspor Kanim Parepare Direspon Positif Masyarakat Pinrang

Pemeriksaan atas kapal asing ini melibatkan CIQ (Custom, Immigration and Quarantine) dan tentu saja melaksanakan prosedur protokol kesehatan. “Kapal itu datangnya kosong dan akan mengangkut/ekspor bahan baku semen (Clinker) ke Peru seberat 55.000 ton,” tutup Dodi usai melaksanakan upacara Hari Lahir Pancasila di Kanwil Kemenkumham Sulsel. (*)

  • Bagikan