Begini Cara Menghilangkan Nyeri Haid

  • Bagikan
Begini Cara Menghilangkan Nyeri Haid

CakrawalaSulsel – Jika Anda mengalami menstruasi, kemungkinan Anda mengalami nyeri haid di beberapa titik. Anda mungkin dapat melihat tanda-tanda nyeri haid di perut, punggung, dan kaki Anda. Tentu Anda terus beranjak untuk mencari tahu cara menghilangkan nyeri haid itu.

Dr. Vanessa Mackay, konsultan ginekolog dan juru bicara Royal College of Obstetricians and Gynecologists, mengatakan Nyeri haid, atau kram menstruasi, disebabkan oleh kontraksi di dalam rahim saat mengeluarkan lapisan rahim dan menekan pembuluh darah, yang untuk sementara waktu memutus suplai darah dan membatasi oksigen.

Nyeri haid ini dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan selama menstruasi dan membuat Anda sulit berkonsentrasi saat melakukan aktivitas.

Baca Juga: Cara Merawat Bibir Agar Tetap Terlihat Memesona

Nyeri haid cenderung mengikuti pola yang membedakannya dari sakit perut atau punggung biasa. Nyeri haid biasanya paling hebat selama beberapa hari pertama pendarahan dan dapat bervariasi untuk setiap wanita.

Bagaimana cara menghilangkan nyeri haid? Simak di bawah ini seperti dilansir dari patient.

Banyak wanita menemukan bahwa panas membantu untuk mengatasi nyeri haid. Dengan mandi air hangat dapat memberikan kenyamanan.

Menggunakan panas adalah cara yang efektif dan bebas efek samping untuk meredakan nyeri Anda. Kehangatan yang dioleskan langsung ke area panggul dapat membantu mengendurkan otot-otot di rahim, sementara mandi air hangat dapat membantu mengendurkan seluruh tubuh Anda.

Baca Juga: Cara Gunakan Lipstik Agar Bertahan Sepanjang Hari dan Terlihat Sempurna

Olahraga

Olahraga teratur benar-benar membantu nyeri haid. Latihan, pijat, dan teknik relaksasi seperti yoga dan Pilates juga bisa bermanfaat.

Anda juga bisa mencoba berjalan-jalan ringan, berenang, atau mengikuti tutorial yoga di rumah. Secara umum, menjaga kebugaran dan berat badan yang sehat dapat membantu meredakan nyeri haid.

Pijat untuk kram menstruasi melibatkan titik-titik penargetan di punggung, perut dan samping dan telah terbukti efektif dalam mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh endometriosis.

Coba pijat perut bagian bawah Anda dengan lembut, di bawah pusar, dengan gerakan memutar.

Baca Juga: 5 Masker Wajah Alami yang Bisa Anda Lakukan di Rumah Agar Terlihat Bersinar

Obat penghilang rasa sakit

Tentu saja, ada obat yang dapat Anda minum untuk mengurangi nyeri haid. seperti ibuprofen, aspirin dan parasetamol.

Obat penghilang rasa sakit anti-inflamasi yang disebut naproxen juga menawarkan pereda yang efektif melawan nyeri haid.

  • Bagikan