Ini Deretan Handphone OPPO dengan Dukungan Jaringan 5G di Indonesia

  • Bagikan
Ini Deretan Handphone OPPO dengan Dukungan Jaringan 5G di Indonesia
Ini Deretan Handphone OPPO dengan Dukungan Jaringan 5G di Indonesia

CakrawalaSulsel – Layanan jaringan 5G dari Telkomsel mulai tersedia di Indonesia yang dilengkapi Band 40 dan pita frekuensi 2.300 MHz, pada tanggal 27 Mei 2021. Tentunya hal ini merupakan kabar gembira bagi pengguna handphone OPPO.

Diketahui sebelumnya perusahaan teknologi, OPPO telah merilis empat handphone OPPO dengan dukungan jaringan 5G yang sudah hadir di Indonesia terdiri dari:

  • OPPO Find X2,
  • Find X2 Pro
  • OPPO A74 5G
  • OPPO Reno5 5G

Berdasarkan pantauan tim Gadgetren, keempat handphone ini sudah tersertifikasi 5G dan terdaftar di situs Direktorat Jenderal SDPPI (Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika).

Sebagai handphone flagship, OPPO Find X2 dan Find X2 Pro sudah diotaki Snapdragon 865 Octa-Core. Chipset besutan Qualcomm tersebut dilengkapi modem-RF Qualcomm Snapdragon X55 5G yang mendukung jaringan 5G dengan kecepatan download hingga 7,5 Gbps dan upload hingga 3 Gbps.

Baca Juga: Acer Hadirkan 3 Laptop Baru dengan Kombinasi Radeon Graphics

Sementara OPPO Reno5 5G hadir dengan Snapdragon 765G Octa-Core yang dibekali modem-RF Qualcomm Snapdragon X52 yang mampu mendukung jaringan 5G dengan kecepatan download maksimal 3,7 Gbps dan upload hingga 1,6 Gbps.

Terakhir, OPPO A74 5G telah dibenamkan Snapdragon 480 Octa-Core yang dilengkapi dengan modem-RF Qualcomm Snapdragon X51 yang mampu menjangkau jaringan 5G dengan kecepatan download hingga 2,5 Gbps dan upload maksimal 660 Mbps.

Keempat handphone ini sudah mendukung jaringan 5G dengan Band 40 yang bekerja di frekuensi 2.300 MHz. Dengan kata lain, semua perangkat OPPO tersebut  mendukung layanan 5G dari Telkomsel yang sebentar lagi diluncurkan di Indonesia.

Baca Juga: Free Fire Resmi Umumkan Kolaborasi Baru dengan McLaren

Meskipun begitu, namun semua handphone dari OPPO ini harus menunggu update OTA (Over-The-Air) terlebih dahulu sebelum bisa digunakan secara umum untuk layanan 5G di Indonesia.

Melansir dari gadgetren.com, dengan hadirnya operator dan perangkat yang mendukung jaringan 5G, tentunya akan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia yang lebih baik untuk ke depannya. Karakteristik jaringan 5G salah satunya mampu memberikan kemampuan uplink dan downlink berkecepatan Gbps (Gigabit per seconds) sehingga dapat membuat video streaming dengan resolusi 4K atau 8K berjalan secara mulus dengan minim lag.

Latensi yang diberikan oleh jaringan 5G relatif sangat rendah sehingga memungkinkan penggunanya bisa memainkan game berbasis online maupun cloud dengan lancar dan tidak terasa jeda sama sekali hampir seperti dalam jaringan lokal.

Tidak hanya sampai di situ saja, layanan 5G memiliki kecepatan transfer data yang sangat tinggi sehingga pengguna dapat menikmati proses download maupun upload file, gambar, dokumen, dan lainnya yang berkapasitas besar dengan sangat cepat.

Baca Juga: Kord Tambah Variasi Senjata Baru, Lebih Overpower dari Woodpecker di Free Fire

Jaringan 5G pun memudahkan handphone untuk terhubung dengan banyak perangkat Internet of Things (IoT), bahkan dalam radius dekat maupun jauh sekalipun. Misalnya layanan ini memudahkan pengguna untuk mengakses dan mengendalikan perangkat Smart Home dari jarak jauh dengan menggunakan handphone.

Berkat jaringan 5G, pengguna akan dapat mengendalikan drone dari jarak jauh melalui handphone untuk berbagai kebutuhan mulai dari perekaman video, pemotretan, irigasi pertanian, simulasi pemadam kebakaran, simulasi perbaikan pabrik, dan masih banyak lagi.

Bisa dibilang kehadiran jaringan 5G ke depannya akan memberikan banyak menfaat. Maka dari itu mari kita tunggu saja perkembangan selanjutnya. OPPO pun kemungkinan besar kan menghadirkan lebih banyak variasi handphone 5G di segala rentang harga agar bisa menjangkau lebih banyak pengguna untuk mempercepat penyerapan jaringan baru ini.

Nantinya layanan jaringan 5G dapat dinikmati secara terbatas pada enam lokasi residensial yang terdiri dari Jakarta Utara (Kelapa Gading & Pantai Indah Kapuk), Jakarta Selatan (Pondok Indah & Widya Chandra), dan Tangerang (Bumi Serpong Damai & Alam Sutera).

CS

  • Bagikan