Kenali Tanda Lidah Berwarna Putih pada Bayi

  • Bagikan
Kenali Tanda Lidah Berwarna Putih pada Bayi
Kenali Tanda Lidah Berwarna Putih pada Bayi

CakrawalaSulsel – Lidah berwarna putih pada bayi tentu perlu dibersihkan secara teratur untuk menghindari risiko infeksi dan penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Perlu Anda pahami bahwa lidah dan mulut bayi berwarna putih bukanlah hal aneh. Ini biasanya disebabkan oleh pertumbuhan ragi yang berlebihan dan sangat bisa diobati. Atau, mungkin hanya sekadar residu ASI atau susu formula.

Bayi baru lahir cenderung memiliki residu susu di lidahnya, karena belum memproduksi air liur sebanyak anak yang lebih besar. Maka air liur di mulut si kecil tidak cukup untuk membilas susu hingga bersih.

Baca Juga: Cara Gunakan Lipstik Agar Bertahan Sepanjang Hari dan Terlihat Sempurna

Lidah dan mulut putih milik bayi juga bisa karena sariawan, yang merupakan infeksi jamur mulut paling umum pada bayi dan anak-anak. Untuk membedakan mana sariawan dan residu susu, coba saja bersihkan mulut bayi Anda dengan kasa basah.

Namun perhatikan baik-baik jika lapisan putih di lidah atau mulutnya tidak kunjung hilang, maka bisa jadi si kecil terserang sariawan. Medical News Today melansir, lapisan putih akibat sariawan juga biasanya ada di dalam pipi, gusi, dan langit-langit mulut.

Tidak hanya itu, jika ada bintik putih, kemerahan, dan retakan di sudut mulut, maka si kecil mungkin menderita sariawan. Ditambah biasanya bayi menjadi rewel saat menyusu dan jadi memiliki ruam popok.

Baca Juga: 5 Masker Wajah Alami yang Bisa Anda Lakukan di Rumah Agar Terlihat Bersinar

Penyebab Sariawan yang Membuat Lidah dan Mulut Bayi Putih

Anda mungkin bingung mengapa bayi sering menderita sariawan. Jawabannya sederhana, karena sistem kekebalan bayi masih belum cukup kuat untuk melawan kuman dan infeksi, Moms. Oleh sebab itu, lebih mudah bagi jamur untuk tumbuh di beberapa bagian tubuhnya, termasuk mulut dan lidah.

Tetapi seperti mengutip Healthline, sistem kekebalan yang lemah bukanlah satu-satunya penyebab sariawan pada bayi. Ini bisa juga karena bayi mengkonsumsi antibiotik untuk mengobati infeksi, seperti infeksi telinga. Biasanya obat yang dikonsumsi bayi dapat membunuh bakteri baik dan mendorong pertumbuhan jamur.

Baca Juga: Infeksi Menular Seksual yang Penting Anda Ketahui

Mengobati Sariawan pada Bayi

Untuk mengobati sariawan, lebih baik bicarakan dulu ke dokter anak Anda. Biasanya dokter akan meresepkan obat antijamur seperti gel oral untuk mengobati sariawan. Jadi nanti Anda tinggal mengoleskan obat tersebut ke semua area mulut bayi, termasuk gusi, pipi, lidah, dan langit-langit mulut.

Lalu ingat bahwa bayi dapat menularkan infeksi ini saat menyusu, jadi Anda juga harus mengoleskan obat yang diresepkan oleh dokter ke puting. Sekalipun Anda tidak menunjukkan gejala tanda-tanda sariawan di puting, areola, atau payudara. Namun lebih baik mencegah kan daripada si kecil terkena infeksi berulang kali.

CS

  • Bagikan