Awal Juni 2021, Imigrasi Parepare Bakal Terapkan Pelayanan Paspor Pola Jemput Bola

  • Bagikan
Awal Juni 2021, Imigrasi Parepare Bakal Terapkan Pelayanan Paspor Pola Jemput Bola
Awal Juni 2021, Imigrasi Parepare Bakal Terapkan Pelayanan Paspor Pola Jemput Bola

Makassar, CakrawalaSulsel – Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulsel Dodi Karnida mengatakan Kantor Imigrasi (Kanim) Klas II TPI Parepare akan menerapkan pelayanan paspor pola jemput bola mulai awal Juni 2021 di Kabupaten Sidrap yang merupakan bagian dari wilayah hukumnya.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulsel Dodi Karnida mengatakan Kantor Imigrasi (Kanin) Kelas II TPI Parepare akan melakukan pelayanan paspor secara jemput bola di Kabupaten Sidrap, awal Juni 2021  mendatang.

“Petugas Imigrasi akan mendatangi pemohon yang dikordinir oleh Pemerintah Kabupaten dan Kantor Kementerian Agama Sidrap,” ungkap Dodi di Makassar, Senin (24/5/21).

Baca Juga: Tingkatkan Pelayanan Paspor, Imigrasi Sulsel Gencar Dalam Kegiatan Jemput Bola

Dodi mengatakan pelayanan Kanim Parepare ini sesuai arahan pimpinan, bahwa semua jajaran keimigrasian harus membangun komitmen untuk melakukan pelayanan yang mendekat kepada masyarakat, meringankan beban pelanggan, menerapkan transparansi pelayanan dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan mutu pelayanan.

Pada tahun 2021, Kanim Parepare sudah tiga kali melakukan pelayanan secara jemput bola atau pelayanan kemudahan paspor (eazy passport) yaitu Maret 2021 di Kabupaten Pinrang, awal April di Kabupaten Barru dan akhir April di Kabupaten Wajo. Semuanya hasil kolaborasi dengan pemerintah daerah maupun instansi lainnya.

Adapun jumlah paspor yang dikeluarkan Kanim Parepare pada tahun 2021 ini sebanyak 804 paspor (468 paspor untuk laki-laki dan 336).

Baca Juga: Jemput Bola, Imigrasi Makassar Buka Eazy Paspor di BPK Sulsel

“Mayoritas adalah paspor baru 393, sedangkan penggantian habis berlaku 358, penggantian karena hilang 44, penggantian karena rusak 2, penggantian karena ada data yang berubah 9 dan penggantian karena halaman penuh 1,” sebutnya.

Adapun pemohon yang ditolak karena tidak memenuhi syarat sebanyak 5 orang. Khusus untuk pelayanan paspor bagi Calon Pekerja Migran Imigrasi (CPMI), Kanim Parepare dapat juga melayaninya di Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSA) yang telah diresmikan oleh Plt. Gubernur dalam rangkaian hari jadi Kota Parepare tanggal 13 Maret lalu.

Di LTSA ini semua persyaratan CPMI dilayani  instansi terkait seperti Dukcapil, Disnaker, BPJS Ketenagakerjaan dan Imigrasi.

Baca Juga: Layanan Paspor Jemput Bola, Imigrasi Makassar Layani 121 paspor Jamaah Haji di Bone

Dodi menyampaikan, Kanim Makassar akan melaksanakan eazy passport berikutnya di Politeknik Pelayaran Barombong yaitu untuk para taruna/taruni calon pelaut dan biasanya jumlahnya lebih dari 70 orang.

“Adapun Kanim Palopo akan melaksanakannya di Soroako pada tanggal 25 Mei ini dan tahun ini merupakan ketiga kalinya di tempat yg sama,” tutup Dodi. (*/cs)

  • Bagikan