Ada Apa? Tim Satopspatnal Pemasyarakatan Geledah Lapas Parepare dan Rutan Sidrap

  • Bagikan
Tim Satopspatnal Pemasyarakatan Geledah Lapas Parepare dan Rutan Sidrap
Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satopspatnal) Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulsel menggeledah Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Parepare (Lapas Parepare) dan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Sidrap (Rutan Sidrap)

Makassar, CakrawalaSulsel – Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal  (Satopspatnal) Divisi pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulsel melakukan penggeledahan blok hunian pads Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Parepare (Lapas Parepare) dan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Sidrap (Rutan Sidrap). Penggeladahan tersebut berlangsung dua hari yaitu, Jumat malam 21-22 Mei 2021.

Kabid Keamanan Divisi Pemasyarakatan, selaku ketua tim Abdul Wahid mengatakan, penggeledahan ini dilakukan sebagai bentuk komitmen untuk melakukan deteksi dini terhadap potensi adanya ganguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas dan Rutan.

“Seperti penyalahgunaan narkoba, senjata tajam, barang elektronik, Handphone, dan barang larangan lainnya yang dapat menimbulkan gangguan Kamtib,” tegasnya.

Baca Juga: Kakanwil Harun Minta KaLapas/Rutan se-Sulsel Jaga Stabilitas Keamanan Cegah Adanya Pelarian

Ia menyebutkan dalam operasi itu tidak ditemukan narkoba. Hanya didapat tali, gunting, korek api, sendok, dan barang lainnya yang tidak menimbulkan ganguan keamanan.

Tim satgas beranggotakan 15 personel itu, juga melakukan tes urin kepada petugas dan WBP.

Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulsel, Edi Kurniadi mengatakan, penggeledahan rutin juga di lakukan oleh Lapas dan Rutan setempat.

Baca Juga: Lantik 16 Pejabat Pemasyarakatan, Kakanwil Harun: Saudara-saudara Adalah Ujung Tombak Organisasi

Selama tahun 2021, Edi mengatakan, pihaknya telah melakukan sebanyak 9 kali penggeledahan di 11 (Sebelas) Lapas/Rutan di Sulsel. Bahkan bekerjasama dengan pihak kepolisian dan BNNP.

“Waktu idul fitri lalu, kita dibantu anjing pelacak dari BNNP Sulsel,” kata Edi.

Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto mengatakan kegiatan tersebut sesuai instruksi Dirjen Pemasyarakatan bahwa Tiga kunci Pemasyarakatan maju adalah adanya deteksi dini, sinergi, dan perang terhadap narkoba.

Baca Juga: Warga Binaan Rutan Makassar Ikuti Pelatihan Pembuatan Sabun Cair

Deteksi dini menurut Kakanwil Harun adalah kemampuan memprediksi kendala dan strategi mengatasinya.

“Sinergi adalah kolaborasi dengan berbagai pihak, terutama aparat keamanan, penegak hukum beserta media dan juga komitmen serta konsistensi perang terhadap narkoba,” tandasnya. (*)

  • Bagikan