Peringati Harkitnas ke-113, Bupati Sinjai: Kebangkitan Nasional Mengajarkan Kita Optimis Menghadapi Tantangan

  • Bagikan
Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) Peringati Harkitnas ke-113
Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) Peringati Harkitnas ke-113

Sinjai, CakrawalaSulsel – Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) diperingati setiap tanggal 20 Mei. Tahun ini, Harkitnas yang ke-113 jatuh pada, Kamis (20/5/21).

Harkitnas ke-113 kali ini mengangkat tema “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh”. Di momen ini, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) mengucapkan selamat Hari Kebangkitan Nasional.

Dia mengatakan, sesuai dengan tema Harkitnas sebagai pengingat bahwa Kebangkitan Nasional dapat mengajarkan kita untuk selalu optimis dalam menghadapi masa depan.

Baca Juga: Pegawai Pengadilan Negeri Sinjai Ikuti Tes Urine Hingga Hakim

Karena menurut ASA, bangsa yang tangguh tentu saja bisa menghadapi semua persoalan dan tantangan yang ada.

“Dengan tema tersebut, diharapkan dapat menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong royong untuk mempercepat pulihnya bangsa dari pandemi Covid-19,” ujar ASA.

Hari Kebangkitan Nasional, kata dia, juga mengingatkan kita kepada semangat untuk bergerak sebagai bangsa, dengan tanpa memandang suku, agama, ras, dan golongan mana pun.

Baca Juga: Bupati Sinjai Andi Seto Lantik Sejumlah Pejabat Lingkup Pemkab Sinjai

Sekedar diketahui, sejarah peringatan Hari Kebangkitan Nasional, dimulai pada 20 Mei 1948, dimana Presiden Soekarno menetapkan tanggal 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Tanggal 20 Mei diperingati sebagai Harkitnas berdasarkan tanggal berdirinya Organisasi Budi Utomo pada 20 Mei 1908.

Adapun tujuan penetapan Harkitnas adalah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam memperkuat kepribadian bangsa, mempertebal rasa harga diri dan kebanggaan nasional, dan mempertahankan semangat persatuan dan kesatuan nasional. (*)

  • Bagikan