Menlu Retno Berangkatkan Bantuan 200 Unit Oxygen Concentrator untuk India

  • Bagikan
Menlu Retno Berangkatkan Bantuan 200 Unit Oxygen Concentrator untuk India
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi

Jakarta, CakrawalaSulsel – Pemerintah RI melalui Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi memberangkatkan bantuan hibah kemanusiaan berupa 200 unit oxygen concentrator, kepada India dengan menggunakan pesawat Garuda, Rabu (12/5/21).

Serah terima bantuan secara simbolis dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kepada Duta Besar India untuk Indonesia H.E. Pradeep Kumar Rawat dengan disaksikan oleh Wakil Menteri Kesehatan RI dr. Dante Saksono Harbuwono.

Menlu Retno mengatakan, Bantuan kemanusiaan ini, Indonesia menunjukkan kepada dunia bahwa, negara manapun tidak dapat berjuang sendiri melawan pandemi.

“Bantuan ini wujud solidaritas bangsa dan rakyat Indonesia kepada India. Bantuan kemanusiaan ini diharapkan dapat membantu India dalam menangani pandemi COVID-19,” katanya.

Baca Juga: Kemenkes Catat WN India Positif Covid-19 di RI Jadi 49 Kasus

Sejak awal, lanjut dia, pandemi Covid-19 Indonesia dan India sudah bekerjasama melawan Covid-19.

“Saya masih ingat betul karena saya langsung melakukan komunikasi dengan Menteri Luar Negeri India bagaimana Pemerintah India memfasilitasi sehingga Indonesia dapat memperoleh akses bahan baku obat yang pada saat itu sangat diperlukan oleh Indonesia,” tuturnya.

Dikatakan Retno, Indonesia dan India adalah sahabat lama, dekat, sekaligus mitra strategis. Persahabatan dua negara telah terjalin sejak masa Presiden RI Soekarno dan Perdana Menteri Jawaharlal Nehru sampai sekarang di masa Pemerintahan Jokowi dan Perdana Menteri Modi.

Baca Juga: APPI Tegaskan Debt Collector Tidak Boleh Rampas Kendaraan di Jalan

“India dan Indonesia sama-sama berperan penting dalam mendukung akses setara vaksin bagi semua negara,” bebernya.

Indonesia juga memberikan bantuan penanganan Covid-19 kepada negara sahabat lainnya, seperti bantuan alat kesehatan seperti masker, sarung tangan dan hand sanitizer untuk Wuhan. Indonesia juga memberikan bantuan kepada warga di Palestina dan negara-negara Pasifik.

“Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak antara lain Sekretariat Negara, Bappenas, Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan dan pihak lain yang tidak dapat saya sebut satu persatu,”

Baca Juga: Pasokan BBM dan LPG Periode Libur Lebaran Dipastikan Aman

“Atas kerja sama yang diberikan sehingga bantuan kemanusiaan ini dapat dikirim pada hari ini. Semoga upaya dan ikhtiar ini dapat meringankan saudara-saudara kita di India,” lanjut Menlu Retno. (*)

  • Bagikan