Pangdam XIV Hasanuddin Dianugerahi Gelar Adat La Mappawatang Daeng Malinta dari Dewan Adat Bone

  • Bagikan
Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno Dianugerahi Gelar Adat La Mappawatang Daeng Malinta dari Dewan Adat Bone saat kunjungan kerja di Bumi Arung Palakka, Kabupaten Bone
Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno Dianugerahi Gelar Adat La Mappawatang Daeng Malinta dari Dewan Adat Bone saat kunjungan kerja di Bumi Arung Palakka, Kabupaten Bone, Rabu (5/5/21)

Bone, CakrawalaSulsel – Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, melakukan kunjungan kerja (kunker) di Bumi Arung Palakka, Kabupaten Bone, Sulsel, Rabu sore (5/5/21).

Kedatangan Pangdam XIV Hasanuddin yang didampingi Ketua Persit Chandra Kirana Daerah XIV Hasanuddin Indah Syafei serta rombongan disambut secara adat Bupati Bone Bone Dr H. A Fahsar M. Padjalangi, di Rujab Bupati Bone, Jalan Petta Ponggawae, No.1 Watampone.

Selain itu juga dihadiri Danrem 141 Toddoppuli Brigjen TNI Djashar Djamil, Forkopimda Bone dan lainnya.

Dalam kunjungan Pangdam XIV Hasanuddin itu disambut secara adat dengan payung Teddung Pulaweng dengan Tarian Paduppa, osong, sertap pengalungan bunga kepada Pangdam XIV Hasanuddin dan Ketua Persit Chandra Kirana Daerah XIV Hasanuddin.

Pada kesempatan itu, Dewan Adat Kabupaten Bone menganugrahi gelar adat “La Mappawatang Daeng Malinta” kepada Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno.

Baca Juga: Hadiri Peringatan Hari Jadi Kab Bone ke-691, Kapolda Sulsel Harap Polri dan Pemda Semakin Bersinergi

Gelar adat “La Mappawatang Daeng Malinta” yang diberikan kepada Pangdam XIV Hasanuddin yang jika diartikan itu sebagai sosok pemimpin pemberani yang tangguh lincah dan cekatan dalam memberikan perlindungan dan memulihkan keamanan ketenteraman serta ketenangan masyarakat di suatu wilayah.

Bupati Bone Bone Dr H. A Fahsar M. Padjalangi mengungkapkan, kehadiran Pangdam XIV Hasanuddin merupakan suatu keberkahan bagi Kabupaten Bone.

“Suatu keberkahan karena hadirnya Bapak Panglima, keberkahan luar biasa karena bulan suci Ramadan, saya mengucapkan selamat datang, di kabupaten Bone di kota para menteri,” katanya.

Bupati Bone juga memperkenalkan Kabupaten Bone dahulu bekas Kerajaan Besar di Pulau Sulawesi.

Baca Juga: Andi Sudirman Turut Prihatin Terbakarnya Rumah Adat Bola Soba di Bone

“Kabupaten Bone dahulu bekas Kerajaan, ada tiga kerajan besar di Sulawesi, Luwu, Gowa, dan Bone dan tertua Kerajaan Luwu dan termuda Kerajaan Bone,” jelasnya Di depan Pangdam XIV Hasanuddin.

“Bone juga kampung para menteri, hampir semua pelantikan presiden ada orang Bone menjadi menteri, mulai Jenderal Yusuf sampai saat ini,” tambahnya.

Sementara itu Pangdam XIV Hasanuddin merasa bangga dapat hadir di Bone dan dianugerahi gelar kehormatan dari Dewan Adat Bone.

Baca Juga: Plt Gubernur Sulsel Resmikan Pengoperasian Perdana KMP Takabonerate

“Suatu kehormatan begitu besar dengan diberikan gelar La Mappawatang Daeng Malinta, Ini kehormatan tidak terhingga bagi saya, mirip dengan semboyan hidup saya dunia mirip orang yang berani,” tuturnya.

Dia menyampaikan, kunjungannya di Kabupaten Bone untuk memperkenalkan diri sebagai Pangdam XIV Hasanuddin yang baru diembannya selama satu bulan 4 hari. (*)

  • Bagikan