Manfaat Shalat Tahajud untuk Kesehatan Tubuh dan Kemuliaan di Akhirat

Manfaat Shalat Tahajud untuk Kesehatan Tubuh dan Kemuliaan di Akhirat
Manfaat Shalat Tahajud untuk Kesehatan Tubuh dan Kemuliaan di Akhirat

CakrawalaSulsel – Shalat Tahajud merupakan salat sunah yang wajib dilakukan oleh seorang muslim yang didirikan pada malam hari atau sepertiga malam setelah terjaga dari tidur.

Seorang muslim sangat wajib baginya mengetahui tentang salat tahajud. Selain dari kewajiban itu, juga menghadirkan banyak manfaat yang terkandung dalam salat Tahajud tersebut.

Maka dari itu, kami akan merinci tentang dasar hukum salat Tahajud dan manfaatnya. Setiap sholat terdiri berbagai gerakan dan gerakan itu semua bermanfaat. Simak di bawah ini:

Takbiratul ihram

Takbiratul ihram ketika seorang sudah mengucap takbir untuk memulai sholat dengan badan berdiri tegak lurus, mengangkat kedua tangan sejajar telinga, lalu menempatkan dua tangan di depan perut atau dada bagian bawah.

Baca Juga: Ketahui 3 Penyebab Pahala Sedekahmu Ditolak Oleh Allah

Manfaat dari gerakan ini adalah melancarkan aliran darah, karena posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh.

Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar. Kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

Ruku

Ruku adalah membungkukkan badan hingga membentuk sudut dengan bagian punggung dan kepala lurus ke depan, tangan di lutut serta siku sedikit direnggangkan.

Pada posisi rukuk yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus seperti membentuk sudut 90 derajat atau siku. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang.

Manfaat dari posisi ini untuk menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf.

Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi relaksasi bagi otot-otot bahu hingga ke bawah.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Bacaan Zikir Menjelang Buka Puasa

Selain itu, rukuk adalah latihan kemih untuk mencegah gangguan prostat.

I’tidal (Bangun dari rukuk)

I’tidal adalah gerakan shalat yang dilakukan di antara rukuk dan sujud yaitu gerakan badan bangun dari posisi rukuk untuk berdiri sempurna.

Manfaat dari gerakan ini dengan cara berdiri bungkuk berdiri sujud merupakan latihan pencernaan yang baik. Organ-organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian.

Efek dari gerakan ini yaitu pencernaan menjadi lebih lancar. Kita tahu pencernaan merupakan bagian yang erat dengan penyakit karena selau dilewati makanan-makanan.

Sujud

Sujud merupakan posisi dengan cara menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi pada lantai.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Bacaan Zikir Menjelang Buka Puasa

Manfaat dari gerakan ini akan membuat aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung di atas otak menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak.

Aliran ini juga sangat berpengaruh pada daya pikir seseorang. Olehnya itu, melakukan sujud dengan tuma’ninah, jangan tergesa-gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak.

Postur ini juga menghindarkan gangguan wasir. Khusus bagi wanita, baik rukuk maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

Duduk Tahiyat

Posisi duduk Tahiyat ini ada dua macam, yaitu iftirasy (tahiyyat awal) dan tawarruk (tahiyyat akhir).

Baca Juga: Kewajiban Istri Terhadap Suami dalam Alquran dan Hadits Rasulullah

Duduk iftirasy (tahiyyat awal)

Duduk iftirasy (tahiyyat awal) adalah duduk diatas kaki kiri sedangkan kaki kanan ditegakan (duduk santai).

Manfaat dari Duduk iftirasy (tahiyyat awal) ini adalah kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadius. Posisi ini menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. Jika dilakukan dengan benar, postur iffirasy juga mencegah impotensi.

Tawarruk (tahiyyat akhir)

Duduk tawarruk, adalah duduk dengan cara menduduki tempat duduknya, bukan duduk diatas kaki kiri, namun telapak kaki kiri dimasukan sebagaian kebagian kaki kanan, dan kaki kanan agar tetap ditegakkan.

Duduk tawarruk ini sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (urethra), kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens.

Posisi telapak kaki pada iffirasy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga. kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita.

Salam

Salam adalah gerakan memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal.

Manfaat dari gerakan ini, relaksasi otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan ini juga dapat mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.

Perintah Shalat tahajud ini sangat jelas bahwa bukti iman kita kepada Allah dan ditegaskan dalam firmannya di surat Al-Muzammil ayat 1-3.

“Wahai orang yang berselimut (Muhammad) Bangunlah (untuk salat) pada malam hari, kecuali sebagian kecil,(yaitu) separuhnya atau kurang sedikit dari itu,”

Allah Swt berfirman yang artinya:

“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajud lah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Isra (17): 79).

“Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang dimalam hari.” (QS Al-Insan Ayat 26)

Shalat tahajud pun diperkuat dengan hadist Rasulullah yang sabdanya:

“Shalat sunnah yang utama setelah shalat fardhu adalah shalat tahajud” (HR Abu Dawud)

“Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah (berpuasa pada) bulan Allah yang mulia (Muharram) dan shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim)

Allah menjanjikan 9 macam kemuliaan bagi ahli Tahajud yakni 5 kemuliaan di dunia 4 kemuliaan di akhirat:

Allah menjanjikan 5 kemuliaan bagi ahli shalat Tahajud saat berada di dunia:

  1. Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana.
  2. Tanda ketaatannya akan tampak kelihatan dimukanya.
  3. Akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh semua manusia.
  4. Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah.
  5. Akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.

Allah menjanjikan 4 kemuliaan bagi ahli shalat Tahajud saat berada di akhirat:

  1. Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di Hari Pembalasan nanti.
  2. Akan mendapat keringanan ketika di hisab.
  3. Ketika menyeberangi jembatan Shirathal Mustaqim, bisa melakukannya dengan sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar.
  4. Catatan amalnya diberikan ditangan kanan.

Wallahu A’lam

(Diambil dari berbagai sumber)