Tingkatkan Pelayanan Paspor, Imigrasi Sulsel Gencar Dalam Kegiatan Jemput Bola

Tingkatkan Pelayanan Paspor, Imigrasi Sulsel Gencar Dalam Kegiatan Jemput Bola
Tingkatkan Pelayanan Paspor, Imigrasi Sulsel Gencar Dalam Kegiatan Jemput Bola

Makassar, CakrawalaSulsel – Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Makassar dan Kanim Kelas II Parepare tengah gencar melakukan kegiatan pelayanan permohonan paspor masyarakat secara jemput bola atau Eazy Passport.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan, Dodi Karnida menjelaskan petugas kedua kantor tersebut yakni Kanin 1 Makassar dan Kanin II Parepare pada Kamis, 29 April 2021, melakukan kegiatan pelayanan permohonan paspor secara jemput bola, mendatangi kelompok pemohon yang menentukan sendiri tempat pelayanannya.

“Kegiatan ini biasa disebut sebagai Eazy Passport (kemudahan pelayanan paspor) yang merupakan target kinerja keimigrasian tahun 2021, selain target kinerja lainnya yaitu pengembangan penegakan hukum keimigrasian,” ungkapnya, Jumat (30/04/21).

Lanjut ia menjelaskan, di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Makassar. Kanim Makassar melayani 21 orang pemohon, 9 laki-laki dan 12 perempuan yaitu para pegawai dan keluarganya.

Baca Juga: Jemput Bola, Imigrasi Makassar Buka Eazy Paspor di BPK Sulsel

“Sedangkan di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Wajo di Sengkang Kanim Parepare melayani sebanyak 24 orang,” terangnya.

Dodi menambahkan, saat ini Kanim Palopo memang belum melakukan kegiatan ini karena belum ada permohonan.

“Terakhir Kanim Palopo melakukannya di Kantor Kecamatan Nuha-Sorowako Selasa (30/03/2021) lalu. Sementara itu, sebelum ini Kanim Makassar melakukannya di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Makassar dengan jumlah pemohon sebanyak 72 orang yaitu para pejabat dan keluarganya,” jelasnya.

Baca Juga: Kanin Makassar Laksanakan Pelayanan Paspor di Jeneponto

Kegiatan eazy passport di Sulawesi Selatan pada tahun 2021, itu sudah beberapa kali dilakukan oleh Kanim Makassar, Parepare dan Palopo dan akan terus dilakukan selama ada permintaan dari kelompok masyarakat misalnya dari komplek suatu perumahan, perkantoran, perbankan, kampus atau sekolah.

“Setelah hari raya nanti, Kanim Makassar akan melakukannya di Politeknik Kelautan di daerah Barombong,” pungkas Dodi.

Kepala OJK Kantor Regional 6 Provinsi Sulawesi, Maluku dan Papua Moh. Nurdin Subandi sangat mengapresiasi kegiatan dimaksud karena pelayanan dilakukan dalam suasana yang lain.

“Pegawai membawa keluarganya ke kantor untuk dilayani permohonan paspornya dan pegawai sendiri memohon paspor tanpa harus meninggalkan tempat kerjanya,” ujarnya.

Baca Juga: Eazy Paspor Kanim Parepare Direspon Positif Masyarakat Pinrang

Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan dan Verifikasi Dokumen Perjalanan (Yanverdoklan) Kanim Parepare, Nyoman Arsila menyatakan bahwa sebanyak 17 pemohon paspor baru dan 7 pemohon penggantian paspor di Sengkang, yakni pelaut, calon jamaah haji, jamaah umroh serta masyarakat lainnya.

“Kegiatan ini atas kerjasama kami dengan Kepala PTSP Wajo dan tentu saja kami menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” paparnya. (*)