Pemprov Bakal Gelontorkan Rp40 Miliar Pembangunan Infrastruktur Hingga PEN untuk Luwu Utara

Pemprov Bakal Gelontorkan Rp40 Miliar Pembangunan Infrastruktur Hingga PEN untuk Luwu Utara
Pemprov Bakal Gelontorkan Rp40 Miliar Pembangunan Infrastruktur Hingga PEN untuk Luwu Utara

Luwu Utara, CakrawalaSulsel – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel akan menggelontorkan anggaran senilai Rp40 miliar untuk tahun anggaran 2021. Anggaran itu untuk pembangunan infrastruktur, jembatan dan upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Alhamdulillah di tahun ini direncanakan ada Rp40 miliar dana yang masuk di Luwu Utara. Mudah-mudahan di bantuan keuangan, kita juga bisa masukkan (gelontorkan),” ungkap Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, saat menghadiri Rapat Paripurna dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Luwu Utara ke 22 tahun, Selasa (27/4).

Andi Sudirman Sulaiman, menyampaikan, Bupati dan Ketua DPRD Lutra senantiasa berkoordinasi dengan Pemprov Sulsel.

“Luar biasa, saya juga senang koordinasi dari Bupati dan Ketua DPRD Lutra. Kita sama-sama kolaborasi, inilah pentingnya koordinasi bersama,” ucapnya.

Baca Juga: Resmi Diluncurkan, Pimpinan Perangkat Daerah Luwu Utara Berlomba Bayar PBB Melalui QRIS

Menurutnya, pentingnya koordinasi dan sinergitas dalam upaya pemulihan untuk daerah yang dijuluki Bumi Lamaranginang pasca banjir bandang pada Juli 2020 lalu.

“Inilah kita mau sinergikan bersama. Bagaimana mendukung pembangunan di Kabupaten Luwu Utara, mendorong upaya untuk membantu pemulihan ekonomi yang secara khusus melalui refocusing anggaran,” ujarnya.

“Saya menekankan untuk fokus pada Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), kemiskinan, pertanian, perkebunan, stunting, dan bangkitkan padat karya. Mari kita terus berinovasi, dengan memastikan uang negara untuk masyarakat, dan digunakan untuk kepentingan masyarakat,” sambung Andi Sudirman.

Baca Juga: Luwu Utara Raih Predikat B dan CC Hasil Evaluasi SAKIP dan Reformasi Birokrasi

Pada kesempatan itu, Andi Sudirman juga mengapresiasi Bupati Lutra dan jajarannya, atas respon cepat dalam mengatasi dampak bencana alam yang melanda masayarakat Lutra beberapa waktu lalu.

“Ini contoh sinergi dan kolaborasi yang baik antara Pemda, Pemprov, dan Pemerintah Pusat, dalam menyediakan hunian tetap yang telah difungsikan dan dapat digunakan oleh korban bencana,” puji Plt Gubernur Sulsel.

22 tahun Kabupaten Luwu Utara, ia berharap dapat berkomitmen untuk bekerja nyata dan bekerjasama melalui sinergi dan kolaborasi dalam mewujudkan Luwu Utara yang lebih baik.

Sementara, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menyampaikan bahwa dengan kita bersatu padu diharapkan menjadi pemicu untuk saling menguatkan satu sama lain.

Baca Juga: Garuda Indonesia Tawarkan Harga Khusus Tiket Perjalanan Dinas ke Pemprov Sulsel

“Bergandengan tangan, serta bahu-membahu menuju Luwu Utara yang maju, mandiri dan harmonis,” ucapnya.

Dalam hal ini, Bupati Indah memaparkan situasi terkini pasca banjir bandang. Dimana bencana alam sembilan bulan lalu itu membuat kerugian korban jiwa maupun infrastruktur dan fasilitas umum lainnya.

“Terima kasih atas perhatian dan kepedulian maupun dukungan Pemprov Sulsel dalam pemulihan pasca bencana alam ini,” ucapnya.

Dirinya mengaku, Pemprov Sulsel memberikan perhatian untuk pembangunan di wilayah pegunungan dan terisolir. Salah satunya pembukaan akses jalan di Seko. (*)