Wajib Tahu, Ini Bacaan Zikir Menjelang Buka Puasa

Wajib Tahu, Ini Bacaan Zikir Menjelang Buka Puasa
Wajib Tahu, Ini Bacaan Zikir Menjelang Buka Puasa

CakrawalaSulsel – Zikir merupakan sebuah aktivitas ibadah bagi umat Muslim untuk mengingat dan memuji Allah. Bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini tentunya kita pun wajib membaca zikir menjelang buka puasa.

Melansir dari BincangSyariah.Com, Dalam kitab Kanzun Najah was Surur, Syaikh Abdul Hamid bin Muhammad Ali Abdul Qadir menyebutkan bahwa kita dianjurkan membaca zikir menjelang buka puasa.

Baca Juga: Doa memohon Perlindungan saat Dalam Kondisi Terpuruk

Nah, Inilah zikir menjelang buka puasa dimaksud adalah sebagai berikut:

“Asyhadu allaa ilaaha illallaah, astaghfurullah, as-aluka ridhooka wal jannata wa a’uudzu bika min sakhothika wan narr. 3x. Allohumma innaka ‘afuwwun kariim tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii.
Yaa ‘azhiimu, yaa ‘azhiimu, anta ilaahii laa ilaaha ghoiruka, ighfiridz dzanbal ‘azhiima, fa innahuu laa yaghfirudz dzanbal ‘azhiima illal ‘azhiim.”

Baca Juga: 3 Tingkatan Orang Menjalankan Puasa Menurut Imam Ghazali

Artinya:
Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah. Aku memohon ampunan Allah. Tuhanku, aku memohon ridha dan surga-Mu. Aku juga berlindung kepada-Mu dari murka dan neraka-Mu.
Wahai Dzat Yang Maha Agung, wahai Dzat Yang Maha Agung, Engkau adalah Tuhanku, tiada Tuhan selain Engkau, ampunilah dosa yang besar, sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa yang besar kecuali Dzat Yang Maha Agung.

Syaikh Abdul Hamid bin Muhammad Ali Abdul Qadir menyebutkan sebuah riwayat yang bersumber dari Anas bin Malik, bahwa Nabi Saw bersabda:

Tidaklah ada seorang muslim yang sedang berpuasa kemudian ketika dia berbuka puasa dia membaca:

“Yaa ‘azhiimu, yaa ‘azhiimu, anta ilaahii laa ilaaha ghoiruka, ighfiridz dzanbal ‘azhiima, fa innahuu laa yaghfirudz dzanbal ‘azhiima illal ‘azhiim, kecuali telah keluar dari semua dosanya seperti hari baru dilahirkan ibunya.”

Baca Juga: Penyesalan Sultan Hamid II saat Ditegur Oleh Rasulullah Saw

Rasulullah Saw bersabda:
“Ajarilah doa ini kepada orang setelah kalian, sesungguhnya kalimat ini sangat dicintai Allah dan Rasul-Nya, kalimat yang akan memperbaiki keadaan dunia dan akhirat kalian.”