Resmi Diluncurkan, Pimpinan Perangkat Daerah Luwu Utara Berlomba Bayar PBB Melalui QRIS

8



Resmi Diluncurkan, Pimpinan Perangkat Daerah Luwu Utara Berlomba Bayar PBB Melalui QRIS

Luwu Utara, CakrawalaSulsel – Para Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Luwu Utara berlomba membayar Pajak Bumi Bangunan (PBB) melalui QRIS (Quick Respons Code Indonesia Standart).

_

Hal itu setelah peluncuran/launching QRIS sebagai Interface Pembayaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) Lingkup Pemda Luwu Utara oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, di Aula La Galigo, Senin (26/4).

Dipimpin Indah, para pejabat eselon dua tersebut langsung melakukan transaksi melalui Mobile Banking dari ponsel pintarnya masing-masing dengan meng-scan barcode yang sudah disediakan.

“Kegiatan yang kita lakukan hari ini adalah kegiatan strategis terutama dalam memastikan bahwa Pemda sudah mulai menerapkan Smart Goverment. Bahwa transaksi keuangan yang dilakukan Pemda harus dipastikan semuanya sudah berbasis pada digitalisasi atau biasa kita kenal dengan Fintech (Financial Technologi),” kata Indah yang juga Ketua Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Luwu Utara.

Baca Juga :  Plt Gubernur Sulsel Resmikan Pengoperasian Perdana KMP Takabonerate

Baca Juga: Langkah Cepat, Wakil Bupati Lutra Tinjau Lokasi Genangan Air di Kota Masamba

Bicara digitalisasi keuangan, kata Indah sudah cukup lama dilakukan.

“Terlebih hikmahnya adalah di masa pandemi ini terjadi akselerasi atau percepatan digitalisasi keuangan khususnya di dalam setiap transaksi keuangan yang dilakukan pemerintah. Basicnya, semua harus punya mobile banking. Bicara kesehatan, transaksi ini juga tentu lebih sehat karena kita tidak lagi menyentuh/memegang uang, jadi memastikan kita dalam kondisi yang sehat,” tutur Indah yang hadir bersama Sekda Luwu Utara dan Pimpinan Cabang Bank Sulselbar Masamba.

Baca Juga :  DPP Poros Rakyat Indonesia Minta Tambang Liar di DAS Je’neberang Segera Ditindak, Jangan Biarkan Ekploitasi Alam

Indah juga menuturkan transaksi keuangan secara digital memberi kemudahan layanan kepada masyarakat.

“Karena kita tidak lagi menuju loket-loket konvensional, cukup dari ponsel masing-masing. Dimanapun dan kapanpun. Digitalisasi keuangan akan sangat membantu pemerintah
karena prinsipnya efektif dan efisien, serta membantu dalam mengoptimalkan pendapatan yang kita miliki,” jelas Indah yang juga langsung membayar PBB dan zakat melalui QRIS dari ponselnya.

Baca Juga: Luwu Utara Raih Predikat B dan CC Hasil Evaluasi SAKIP dan Reformasi Birokrasi

Sebagai informasi, meski baru diluncurkan hari ini, Luwu Utara tercatat sudah memiliki ratusan merchant QRIS termasuk untuk pembayaran zakat, inqaf, dan sedekah. (*)



Source link