Indah Dewi Kartika, ‘Kartini’ dari Lapas Perempuan Sungguminasa

Indah Dewi Kartika, 'Kartini' dari Lapas Perempuan Sungguminasa
Indah Dewi Kartika, 'Kartini' dari Lapas Perempuan Sungguminasa

Makassar, CakrawalaSulsel – Indah Dewi kartika adalah Kasi Pembinaan Narapidana Lapas Perempuan Sungguminasa Sulsel sejak tahun 2019.

Wanita kelahiran jakarta 39 tahun silam ini, adalah alumni akademi ilmu pemasyarakatan angkatan  36 lulus tahun 2003 tugas nya sehari hari terkait dengan pembinaan kepribadian, remisi dan pembebasan bersyarat, bagi wargabinaan perempuan.

Tapi bukan itu yang membuat istri Askari Utomo (Kalapas Klas III Parigi sulawesi tengah itu) “berjasa” bagi Lapas Perempuan.

Ketika bulan Juli-Desember 2020, ada 104 wargabinaan, 6 bayi dan 17 petugas di Lapas Perempuan Sunggumninasa yang positif Covid-19. Wargabinaan dan petugas Lapas panik semua.

Tapi sosok Indah ada di garda terdepan. Mulai dari mengurus swab kolektif, menghubungi gugus tugas untuk mendapatkan kamar di RS Dadi dan di hotel Swissbel, memotivasi  petugas pengawal, hingga membuat laporan seketika.

Baca Juga: Pegawai Rutan Makassar Antusias Tuntaskan Vaksinasi Covid-19 Tahap II

Bahkan ketika kepala kesatuan pengamanan Lapas, Nisa yang sedang hamil dan positif Covid-19, Indah juga merangkap sebagai kepala kesatuan pengaman. Indah juga dengan berani mengantar langsung pasien Covid-19 ke Rumah sakit maupun hotel untuk isolasi mandiri.

Menurut  Kalapas Perempuan Sungguminasa, Eko Suprapti, Indah merupakan seorang pejabat yang  berdedikasi tinggi dan bertanggungjawab, utamanya dalam penanganan Covid-19.

Dia terjun langsung memastikan WBP tertangani dengan baik hingga sembuh dengan membangun kerjasama yang baik dengan instansi terkait. Dia juga mampu bersinergi dengan bawahannya sehingga pekerjaan yang diberikan dapat diselesaikan dengan baik.

Baca Juga: Kakanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS 2021

Ia juga mampu mengayomi dan memberikan solusi yang baik untuk para pegawai maupun wargabinaan yang kena Covid-19, sehingga semuanya tenang.

“Semangat ibu kita Kartini, setidaknya telah mengilhami  kerja kemanusiaan Indah Dewi Kartika ,dan lapas perempuan bangga punya perempuan hebat  seperti Indah,” ujar Eko Suprapti

Kakanwil kemenkumham sulsel, Harun sulianto juga mengapresiasi kinerja Indah. Selama Juli 2020 hingga Januari 2021 ada 227 orang pegawai jajaran Kemenkumham Sulsel yang Positif Covid-19 dan kini sudah sembuh.

Baca Juga: Kebakaran di Bontoduri 7, Brimob Polda Sulsel Bantu Warga Padamkan Api

Menurut Harun, sangat besar peran indah dalam berkoordinasi dengan gugus tugas covid 19, sehingga semua pasien Covid-19 tertangani dengan baik.

Menurutnya, Indah telah bekerja melebihi panggilan tugasnya, dan bahkan waktu itu  saya sangat kawatir Indah  terpapar virus Covid-19, karena selalu berinteraksi  dengan pasien Covid-19. Harun berharap makin banyak perempuan hebat di kemenkumham sulsel, yang kinerjanya seperti Indah Dewi Kartika, Selamat Hari Kartini.